Lafal Lahaula Walakuata Illabillah (Dok: islam.nu.or.id)

Lafal Lahaula Walakuata Illabillah Artinya dan Keutamaan Yang Dikandungnya

Rahma | Pendidikan | 22-04-2022

PARBOABOA - Arti lahaula walakuata illabillah, terkadang masih ada seorang muslim yang belum mengetahuinya. Padahal dzikir ini sangat sering dibaca dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari mendengar azan, usai sholat, maupun ketika hendak bepergian.

Menurut buku yang berjudul  “Dzikir-dzikir pembersih dan penetram hati oleh M. Rojaya (2009: 74)”,  lafal lahaula walakuata illabillah berasal dari kalimat “la haula” yang artinya “tidak ada daya menjalankan ibadah”, walakuata artinya “dan tidak ada kekuatan meninggalkan maksiat”, dan illa billah artinya “kecuali dengan pertolongan Allah”.

Jadi dapat disimpulkan, kalimat lahaula walakuata illabillah artinya, “tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah.”

Namun, kamu juga harus tahu bagaimana penulisan kalimat lahaula walakuata illabillah arab yang benar ya, biar makin faham lagi. Untuk itu, mari simak pembahasan berikut ini ya teman.

Tulisan Arab Lahaula Walakuata Illabillah Arab Latin Yang Benar

Tahukah kamu, bacaan dzikir yang satu ini tidak hanya menjadi media untuk mendapatkan pahala saja loh.

Namun, juga bisa menjadi salah satu penyebab orang masuk surga, fakta ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw berikut ini:

يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ قَيْسٍ، أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى كَنْزٍ مِنْ كُنُوْزِ الجَنَّةِ؟ قُلْتُ: بَلى يَا رَسُوْلَ الله، قَالَ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ   

Artinya, “Wahai Abdullah bin Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu suatu simpanan dari berbagai simpanan surga?” Aku menjawab: “Tentu, wahai Rasulullah.” Kemudian beliau bersabda: “La haula wala quwwata illa billah.” (HR al-Bukhari). (Majduddin al-Jaziri, Jâmi’ul Ushûl fî Ahâdîstir Rasûl, [Beirut, Dârul Kutubil ‘Ilmiyyah: 1972], juz IV, halaman 176).

Adapun tulisan arab lahaula walakuata illabillah arab latin, sebagai berikut ini:

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Lahaula walakuata illabillah hill’aliyyil azhimi

Lahaula walakuata illabillah artinya: "Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung."

Keutamaan Membaca Lahaula Walakuata Illabillah Secara Rutin

1. Mendapat Jaminan Masuk Surga

Keutamaan pertama dari bacaan arti lahaula walakuata illabillah adalah jaminan masuk ke surga.

Begitu luar biasanya bacaan lahaula walakuata illabillaah dengan keistimewaan dan pahalanya, sehingga mampu menjaminan seseorang masuk surga. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang berbunyi,

"Wahai Abdullah bin Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu suatu simpanan dari berbagai simpanan surga?" Aku menjawab: "Tentu, wahai Rasulullah." Kemudian beliau bersabda: La haula wala quwwata illa billah." (HR al-Bukhari)

2. Terhindar dari Kesulitan, Keburukan, Kejelekan

Sesuai dari arti lahaula walakuata illabillah yaitu hanya bertumpu hanya kepada Allah, maka setiap masalah juga akan dibantu oleh Allah pula.

Melansir dari NU Online dalam sebuah hadis Nabi SAW dalam Al Munawi, Faidhul Qadir juz 1 dijelaskan tentang keutamaan membaca lahaula walakuata illabillaah.

"Perbanyaklah dari (membaca) la haula wala quwata illa billah, karena sesungguhnya ia bisa menolak sembilan puluh Sembilan pintu dari beberapa pintu kejelekan, dan yang paling ringan darinya adalah kesusahan."

3. Terhindar dari Kefakiran

Keistemewaan dari arti lahaula walakuata illabillah berikutnya adalah dapat terhindari dari kefakiran. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abid Dunya tentang keutamaan membaca lahaula walakuata illabillaah sebagai berikut.

"Salah satu keistimewaan lafal hauqalah ini adalah apa yang disebutkan di dalam Fawaidus Syarji, yaitu hadits riwayat Ibnu Abid Dunya dengan sanad tersambung hingga Rasulullah SAW bahwa ia bersabda, 'Siapa saja yang membaca la haula wa la quwwata illa billahi 'aliyyil azhimi setiap hari sebanyak 100 kali, maka ia selamanya takkan ditimpa oleh kefakiran,"

4. Dikabulkannya Doa

Keistimewaan bacaan arti lahaula walakuata illabillah berikutnya dapat dilihat dari cepat terkabulnya doa seseorang yang sering mengamalkan bacaan ini.

Hal ini dijelaskan dapat sebuah hadis menurut pendapar Imam al-Barmawi sebagai berikut:

"Orang membaca la haula wala quwwata illa billah atau hauqalah setiap hari sebanyak 500 kali dan diniati untuk sebuah hajat, maka (oleh Allah) akan dipenuhi. Jika pembaca dalam keadaan dipenjara/ditahan maka akan lepas, dan sesungguhnya bacaan tersebut bisa membuka kejadian yang masih samar dan takdir mubram (takdir yang tidak bisa diubah)."

Itulah beberapa keistimewaan dan keutamaan bacaan lahaula walakuata illabillaah yang perlu kalian ketahui. Sehingga dengan memahami keutamaan bacaan lahaula walakuata illabillaah bisa kalian amalkan untuk bacaan dzikir harian.

5. Tidak akan ditimpa kekafiran selama hidupnya

Karena kalimat lahaula walakuata illabillah artinya, tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah.

Maka orang yang sering mambaca kalimat ini dipercaya tidak akan ditimpa kekafiran selama hidupnya, karena ia termasuk orang yang bergantung dan berserah diri hanya kepada Allah semata.

Diriwayatkan dari Ibn Abi Dunya, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan Lahaula Walakuata Illabillah sebanyak seratus kali dalam sehari, maka ia tidak akan ditimpa kekafiran selamanya.” (HR. An-Nasai)

Nah itu dia penjelasan mengenai arti lahaula walakuata illabillah dan keutamaan membacanya. Sekarang kamu jadi sudah tahu bukan, mengenai bagaimana tulisan arab lahaula walakuata illabillah yang benar.

Jika kamu belum mampu membaca tulisan arab dengan baik dan benar, teman-teman bisa mengikuti tulisan arab lahaula walakuata illabillah yang menggunkan arab latin nya saja.
 

Tag : #pendidikan islam    #dzikir    #pendidikan    #doa    #Keutamaan    #arti    #lafal hauqalah   

Baca Juga