baru-baru ini, Ronaldo resmi kembali ke Manchester United

Siap-siap Kecewa, Laga MU vs Newcastle Tak Disiarkan Langsung Akibat Football Blackout

Sondang | Olahraga | 09-09-2021

PARBOABOA, Siantar - Seperti diketahui, Laga Manchester United melawan Newcastle akan berlangsung di Old Trafford pada Sabtu 11 September pukul 15.00 waktu setempat atau pada Sabtu malam waktu Indonesia.

Hanya saja debut kedua CR7 tersebut tidak akan bisa disaksikan langsung suporter Man United di Inggris melalui siaran televisi. Hal itu tentu membuat kecewa lantaran pertandingan tersebut merupakan debut kedua Cristiano Ronaldo setelah bergabung dengan Manchester United.

Eits, jangan marah dulu. Semua ada alasannya kok.

Hal itu disebabkan ketentuan yang berlaku di Inggris selama lebih dari 40 tahun, yaitu pemadaman sepakbola atau football blackout pada pukul 15.00. Aturan itu menyatakan tidak ada pertandingan apa pun baik di Premier League, Championship, termasuk Liga Jerman atau Liga Spanyol yang bisa disiarkan langsung di televisi pada Sabtu antara pukul 14.45 dan 17.15.

Aturan tersebut awalnya hanya mengecualikan laga final Piala FA yang digelar sore hari. Akan tetapi, sejak 2012, final Piala FA yang biasa dilangsungkan di Stadion Wembley dimulai pukul 17.15, dikutip dari ESPN.

Namun ternyata, aturan Football Blackout ini ada hubungannya dengan pendapatan klub. Tepatnya sekitar tahun 1960, pimpinan Burnley Bob Lord telah berhasil meyakinkan para ketua Football league untuk tidak menayangkan siaran langsung sepakbola pada Sabtu sore. Dia berargumen, siaran langsung sepakbola akan berdampak negatif terhadap jumlah penonton yang hadir di stadion untuk menonton secara langsung.

Oleh karena itu, sejumlah media Inggris mengatur siasat guna memanjakan suporter Setan Merah yang ingin melihat aksi dan selebrasi Ronaldo. Manchester Evening News menawarkan prgoram live report, sedangkan media lain berencana menayangkan cuplikan pertandingan Man Utd vs Newcastle.

Pada pertandingan nanti tuan rumah Man United akan tampil dengan kekuatan terbaik, terutama di lini serang. Para penyerang Man Utd seperti Edinson Cavani, Jadon Sancho, dan Mason Greenwood siap tampil.

Salah satu yang mengkhawatirkan adalah di sektor gelandang bertahan MU. Federasi Sepak Bola Brasil melarang Fred tampil pada akhir pekan ini sebagai konsekuensi dari klub-klub Inggris yang tidak melepas pemain Tim Samba ke Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara itu, kondisi Scott McTominay masih meragukan setelah absen dalam kemenangan 1-0 melawan Wolverhampton Wanderers pada laga sebelumnya.

Tag : Cristiano Ronaldo, MU, Newcastle, Football Blackout, Inggris, Olahraga

Berita Terkait