Potret BTS dalam MV lagu Butter

Penjualan Tembus 2 juta Salinan, Lagu Butter BTS Dapat Sertifikat 2M

Sondang | Hiburan | 10-09-2021

PARBOABOA, Korsel – Lagu Butter milik kembali ke puncak Billboard Hot 100 pada 7 September lalu setelah beberapa minggu bertahan di 10 besar hingga sukses membuat banyak orang tercengang. 

Pekan lalu, Butter masih berada di posisi ke-7 dalam tangga lagu Billboard Hot 100, namun berhasil menyalip lagu lainnya milik BTS, Dynamite, setelah merilis remix barunya yang berkolaborasi dengan penyanyi Megan Thee Stallion

Hal tersebut membuat Butter menjadi lagu ke-40 dalam 63 tahun sejarah Billboard Hot 100 yang bertahan di posisi puncak selama 10 minggu lebih.

Selain itu, penjualan lagu butter juga sudah tembus hingga 2 juta salinan hingga mendapatkan sertifikat double million (2M). Hal ini diumumkan oleh Gaon Chart, tangga lagu nasional Korea Selatan pada Kamis (9/9).

Butter dirilis pada tanggal 21 Mei 2021, ditulis RM bersama sejumlah musisi lainnya seperti Alex Bilowitz, Jenna Andrews, Rob Grimaldi, Ron Perry, Sebastian Garcia, dan Stephen Kirk.

Tidak hanya BTS, Gaon Chart juga mengumumkan beberapa grup atau solois yang berhasil mendapatkan sertifikat.

Lagu Kill This Love milik Blackpink dan Border: Day One milik ENHYPEN telah disertifikasi double platinum karena melampaui 500 ribu penjualan.

Sementara itu, lagu Emphaty milik salah satu member EXO, D.O, Hello Future milik NCT Dream (Versi Kit), Are You There? dari Monsta X dan Director's Cut milik Seventeen mendapatkan platinum untuk masing-masing 250 ribu penjualan.

Sejak tahun 2018, Asosiasi Industri Konten Musik Korea menerapkan sistem sertifikasi untuk penjualan album, unduhan lagu, dan streaming online.

Gaon Chart mengesahkan album atau lagu platinum setelah mencapai 250 ribu penjualan, sementara album yang telah terjual satu juta kopi atau lebih menerima sertifikasi Million. Sertifikasi diberikan ketika setidaknya enam minggu telah berlalu sejak album dirilis.

Sebuah lagu mencapai status platinum untuk kategori unduhan setelah melebihi angka 2,5 juta unduhan. Bad Guy milik penyanyi Amerika Billie Eilish kini telah disertifikasi platinum untuk mencapai prestasi tersebut.

Sementara itu, sertifikasi platinum diberikan untuk streaming sebuah lagu yang melampaui 100 juta streaming. Bulan ini, Changmo menerima sertifikasi double platinum untuk lagu Meteor yang dirilis tahun 2019.

Tag : #hiburan    #bts    #butter    #kpop    #korsel    #billboard   

Baca Juga