Gambar madu murni

Lakukan Ini Untuk Mengawetkan Madu!

sondang | | 02-07-2021

Siapa sih yang gak kenal madu? Mimin rasa semua kenal hal manis ini. Madu adalah hal manis kedua setelah kamu, iya kamu hihi.

Buat yang sering nyetok madu, mimin punya rahasia agar madu kamu awet kaya cinta kita.

CARA MENYIMPAN MADU AGAR AWET SELAMANYA

1. Jangan Gunakan Kulkas Sebagai Tempat Penyimpanan

Kamu biasanya menyimpan madu di mana? Kalau di kulkas, mulai sekarang sebaiknya hindari ya! Barang yang lengket dan manis ini seharusnya tidak masuk ke kulkas.

Madu memiliki keunggulan yaitu mengawetkan diri sendiri secara alami. Dengan begitu, madu yang asli tanpa campuran apapun akan tidak akan basi atau kadaluarsa walau disimpan dalam suhu ruang.

Jika di dalam kulkas, madu akan mengkristal dan hal ini berlangsung cukup lama walaupun sudah tidak di kulkas lagi. Madu yang telah membeku tidak bisa dikonsumsi, namun bukan berarti madu sudah basi ya gengs.

2. Simpan Dalam Wadah Plastik Maupun Kaca

Gengs, jangan simpan madu kamu di wadah yang gak bertutup ya. Hal itu dapat mengundang semut. Apalagi madu bersifat higroskopis yang artinya madu akan mengeluarkan air jika disimpan di wadah yang terbuka.Akibatnya, madu jadi lebih encer dan citarasanya pun berubah.

Jika Anda berencana menyimpan madu dalam jangka waktu yang lama sebaiknya gunakan wadah kaca. Pasalnya, kaca bersifat netral dan tidak mudah terurai saat terkena panas sehingga citarasa dan khasiat madu tetap terjaga.

Namun yang pasti, jangan gunakan wadah dari logam untuk menyimpan madu karena bisa terjadi oksidasi.


3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Bila Anda sudah menyimpan madu di dalam botol plasti atau kaca bening, maka sebaiknya hindari meletakkan wadah berisi madu di bawah sinar matahari secara langsung.

Paparan sinar matahari bisa merusak zat anti-bakteri dalam madu dan mengoksidasi zat besi pada madu sehingga manfaat dan kualitas madu jadi menurun. Simpan di tempat kering yang tidak terpapar sinar matahari agar madu Anda jadi lebih tahan lama.Selain itu, juga disarankan untuk menyimpan madu di area dapur yang terhindar dari sumber panas lainnya, seperti kompor.

4. Hindari Kontaminasi Dengan Cairan

Terakhir gengs, jauhkan madu dari cairan lain termasuk air. Karena hal itu dapat mengubah rasa madu sekaligus kekentalan nya. Saat mengambil madu pun, gunakan sendok kering. Air sedikit saja akan bisa menyebabkan reaksi fermentasi pada madu. Fermentasi pada madu nantinya akan menghasilkan mead. Proses tersebut akan mengurangi kualitas madu.

Jadi gimana? Udah pada paham kan? Lakukan hal yang di atas ya, dijamin madu awet selamanya.

Tag : #kesehatan   

Baca Juga