Oknum petugas penyekatan PPKM tersangka tindak pidana pungutan liar.

Lakukan Pungli, Petugas Penyekatan PPKM diamankan Polisi

maraden | Daerah | 23-07-2021

PARBOABOA, Palembang Personil Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumsel menangkap pelaku pungutan liar di pos penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Sumatera Selatan.

Aksi para tersangka sebelumnya viral di media sosial. Setidaknya ada lima oknum petugas PPKM di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terlibat pungli sopir truk.

Direktur Reskrimum Polda Sumsel Kombes Pol Hisar Siallagan, aksi para oknum itu dilakukan di pintu keluar Tol Kramasan Palembang-Lampung, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Kata Hisar modus para pelaku adalah meminta sejumlah uang kepada sopir truk yang tidak memiliki sertifikat vaksin ataupun hasil swab antigen sebagai syarat untuk melewati wilayah perbatasan Sumsel - Lampung.

"Para sopir yang jadi korban sekarang ini sudah melewati Palembang. Maka kita gali keterangan dari yang bisa kita dapat. Mulai dari anggota polisi yang berjaga di pos penyekatan, kemudian dari pelaku itu sendiri," ujarnya.

Hisar melanjutkan, seharusnya sopir-sopir itu diarahkan untuk putar balik jika tidak dapat memenuhi syarat melintas disaat PPKM ini.

Ada lima orang oknum yang ditangkap, meraka adalah BD (22) anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir, AR (27) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), NP (19) dan HR (39) dari Dinas Perhubungan (Dishub), dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) berinisial NK (21).

Dari pengakuan para pelaku, merraka melakukan aksi pungli itu baru beberapa minggu terakhir ini.

Saat diinterogasi polisi, pelaku mengaku meminta uang dari sopir truk dengna jumlah berragam, dari Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per truk. Salah satu pelaku bahkan mengaku pernah mendapat Rp 200.000 dalam satu hari dari hasil pungli.

"Dari pengakuannya, mereka mulai melakukan pungli baru minggu-minggu ini saja," ujar Hisar.

Kelima oknum petugas itu kemudian diamankan dan menjalani pemeriksaan intensif Mapolda Sumsel.

Sebelumnya, video para oknum petugas PPKM itu viral di media sosial setelah diunggah di akun Instagram @video_jurnalis dan menjadi pusat perhatian masyarakat. Viralnya video itu kemudian dengan cepat direspon oleh pihak kepolisian.

Tag : #viral    #daerah    #kriminal    #hukum   

Baca Juga