Lampu display lalu lintas atau layar yang menampilkan tulisan bergerak (running text) di Aceh diretas sebanyak dua kali.

Lampu Display Lalu Lintas Aceh Diretas 2 Kali

rini | Daerah | 27-08-2021

PARBOABOA, Aceh - Lampu display lalu lintas atau layar yang menampilkan tulisan bergerak (running text) di Simpang Tugu Bank Aceh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, diretas orang tak dikenal.

Tuisan yang seharusnya berisi pesan tentang keselamatan berkendara diganti menjadi tulisan "I Love You".

Peretasan ini terjadi pada Senin (23/8). Tulisan itu tidak berlangsung lama pihak Dinas Perhubungan Lhokseumawe langsung mengubahnya.

Tak berhenti sampai di situ, peretasan kembali terjadi pada Rabu (25/8). Kali ini pelaku penulisan menuliskan kalimat ‘Pak Suaidi Siap-siap Tidak Lama Lagi Kami Jemput. By KPK’. Suadi Yahya merupakan Wali Kota Lhokseumawe.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe Mulyanto menyebutkan akan melaporkan pelaku peretasan itu.

“Saya tidak menduga-duga ya, yang jelas ini ada muatan politisnya. karena tindakan yang serius maka akan kita laporkan ke polisi, ini sudah mengganggu keindahan dan ketertiban kota,” kata Mulyanto, Kamis (26/8/2021).

Peretasan pertama dibiarkan karena karena menyangka hanya orang iseng semata. Namun saat diretas Dishub Lhokseumawe itu merasa ada pesan fitnah dalam tulisan yang dubuat pelaku.

“Kemarin kami anggap tulisan ‘I Love You Ajid’ hanya iseng –iseng anak muda. Tapi hari ini sudah mengganggu, dan sesuatu yang menjelekan nama baik orang, ditakutkan hal ini dicontoh oleh orang lain,” ujarnya.

Pesan itu muncul di teks berjalan selama 15 menit. Setelah itu, pihaknya langsung mematikan running text tersebut.

"Akan kami laporkan kepada kepolisian bahwa telah terjadi peretasan terhadap fasilitas umum yang bisa mengganggu ketertiban," kata Mulyanto, Kamis (26/8).

Mulyanto menyebut tulisan di lokasi tersebut sudah diubah kembali. Pengaturan pesan peringatan elektronik yang muncul di lampu lalu lintas tersebut masih diatur secara manual yang menyebabkan peretasan mudah dilakukan.  

Tag : #viral   

Baca Juga