Langkah langkah Membersihkan Radiator Mobil (Foto: ulasmobil.com)

Langkah-langkah Membersihkan Radiator Mobil yang Wajib Diketahui

Juni | Otomotif | 20-09-2022

PARBOABOA – Seiring dengan waktu pemakaian, radiator mobil bisa menjadi kotor dan rusak. Karenanya, membersihkan komponen mobil yang satu ini menjadi hal yang wajib dilakukan.

Seperti yang diketahui, salah satu fungsi radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Tanpa adanya radiator, mesin mobil akan rentan overhead bahkan memicu terjadinya kerusakan.

Berikut ini dijelaskan beberapa cara membersihkan radiator mobil yang perlu diketahui. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Siapkan Pembersih Radiator

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membersihkan radiator mobil adalah dengan mempersiapkan alat pembersih radiator. Kamu bisa menggunakan cairan khusus berupa coolant radiator dan cairan lain untuk membersihkan radiator mobil.

2. Kuras Air Radiator

Selanjutnya, kamu mulai menguras air radiator hingga habis agar semua air yang lama keluar dan dapat diganti dengan yang baru. Caranya, buka bagian keran yang ada di bawah tangki radiator dan tunggu hingga semua cairannya benar-benar habis.

3. Bersihkan Bagian Selang Radiator

Untuk membersihkan bagian selang radiator, cari selang yang terhubung ke mesin. Kamu dapat menyemprotkan air ke selang sampai seluruh bagian selang tampak bersih dan tidak ada lagi kotoran-kotoran yang menempel.

4. Bersihkan Inti Radiator

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian tangki inti radiator. Semprotkan air bertekanan tinggi untuk dapat menjangkau semua kotoran yang ada di dalamnya.

Lakukan hal tersebut secara berulang untuk memastikan tangki sudah dalam keadaan bersih dan dapat diisi dengan air radiator yang baru.

5. Tutup Tangki dan Pasang Selangnya Kembali

Setelah selesai membersihkan tangki radiator dan mengisi dengan cairan radiator yang baru, pasang kembali seluruh komponen radiator seperti semula. Tutup tangkinya dan pasangkan kembali selangnya.

Setelahnya, kamu bisa mencoba menghidupkan mesin mobilmu. Jika semua dirasa berfungsi dengan baik dan suara mesin dalam kondisi bagus, artinya proses pembersihan radiator mobil sudah selesai.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan radiator mobil mobil yang perlu diketahui. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Tag : #radiator    #mobil    #otomotif    #komponen mobil    #mesin overheat    #air coolant   

Baca Juga