Lokasi ledakan di rumah kos di Kota Makassar (dok TribunMakassar)

Ledakan Tabung LPG 3 Kg di Makassar Hancurkan Sebuah Rumah Kos

Rini | Nasional | 11-02-2022

PARBOABOA, Makassar - Kasus tabung gas meledak sudah banyak terjadi di Indonesia, beberapa diantaranya menyebabkan kebakaran, hingga korban jiwa. Biasanya tabung gas meledak terjadi karena kebocoran gas atau penggunaan selang yang tidak sesuai Standar SNI.

Seperti yang terjadi di sebuah rumah kos yang terletak di di Jalan Daeng Tawalah, Kampung Nipa-nipa, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, tabung gas meledak hingga menyebabkan robohnya dinding dan melukai seorang penghuni rumah pada Kamis (10/2) malam.

Ledakan ini diduga terjadi karena kebocoran gas LPG 3 kg yang digunakan di dalam rumah tersebut. Awalnya korban Syarifudin (62) hendak memasak air, saat menyalakan kompor tiba-tiba terjadi ledakan hingga menyebabkan korban terhempas. Korban yang merupakan satpam di rumah kos tersebut mengalami sejumlah luka akibat terkena material reruntuhan dari tembok bangunan.

"Menurut keterangan saksi (mahasiswi penghuni kos) saat keluar dari kamarnya saksi melihat korban Syarifuddin, sudah tergeletak dan dan terluka akibat reruntuhan tembok," kata Kapolsek Manggala Kompol Supriady Idrus, Kamis (10/2).

Korban kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan medis.  

"Kondisi korban masih sadar dan masih bisa diajak bicara tadi. Dia sendiri di dalam kamar. Dia juga penghuni kamar sekaligus security kost tersebut," pungkasnya.

Supriady menjelaskan jika ledakan gas terdengar cukup keras, bahkan membuat roboh tembok tersebut diduga terjadi karena gas tersebut diletakan di ruang yang tertutup. Namun untuk penyelidikan lebih lanjut pihak kepolisian telah mengamankan tabung gas LPG, bersama kompor yang dipakai saat kejadian.

Garis polisi juga dipasang di tempat kejadian perkara (TKP) agar tidak ada yang memasuki lokasi karena dikawatirkan ada retakan yang bisa menyebabkan roboh di dalam gedung.

Penggunaan tabung gas di dalam rumah harus selalu dilakukan pengecekan rutin, agar tidak terjadi kebocoran. Selain itu perlu diingat untuk meletakkan tabung di ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

Tag : #ledakan    #ledakan gas    #makassar    #nasional   

Baca Juga