Selebrasi Lewis Hamilton di atas podium setelah berhasil menjuarai GP Inggris di Sirkuit Silverstone di Silverstone, 18 Juli 2021.

Lewis Hamilton Peringati 13 Tahun Juarai Formula 1

Maraden | Olahraga | 03-11-2021

PARBOABOA – Lewis Hamilton memperingati 13 tahun dirinya menjadi juara Formula 1. Pada 2 November 2021 menjadi pengingat 13 tahun yang lalu dirinya menjadi salah satu pembalap tersukses, Lewis Hamilton bahkan juara dunia dalam ajang tersebut. Pada 2008 lalu ia berhasil menjadi pembalap kulit hitam pertama yang memenangkan kejuaraan pembalap dunia F1. Tahun 2021, Hamilton telah meraih 100 kemenangan dalam kariernya di ajang Formula 1.

Lewis Hamilton lahir di Stevenage, Inggris pada 7 Januari 1985. Nama lahirnya adalah Lewis Carl Hamilton. Hamilton memulai karir balapan diusia sangat muda, yaitu saat berusia 8 tahun. Ketika dia berusia 10 tahun, dia memenangi kejuaraan Kart Inggris.

Karir Hamilton semakin menanjak seiring bertambahnya usianya. Dia terus mencoba ajang-ajang balapan mulai kelas lokal hingga Internasional seperti F1.

Hamilton berusia 13 tahun saat menandatangani kontrak dengan Program Dukungan Pengemudi Muda McLaren dan Mercedes-Benz. Sponsor dan pabrikan tersebut memberikan Hamilton semua dukungan dalam berlatih dan meningkatkan keterampilannya.

Hamilton di usia 15 tahun ia menjadi pembalap termuda yang menduduki peringkat nomor satu dalam olahraga balapan kart. Dalam kurun waktu 1998 hingga 2000 Hamilton memenangkan kejuaraan karting Eropa dan dunia.

Di tahun 2003, Hamilton memulai karir balapannya di ajang tertinggi dunia balapan jalan raya, Formula Renault Inggris. Ditahun yang sama dia merebut kejuaraan seri balapan Formula Renault Inggris dengan memenangkan 10 dari 15 seri balapan yang diikutinya.

Tahun 2004 Hamilton berkompetisi di kejuaraan Formula Tiga Euroseries. Dia menjadi juara umum kejuaraan itu di tahun 2005.

Suskses menjadi juara Formula Tiga, Hamilton menjajaki Grand Prix 2 (GP2). Di ajang itu, dia benar-benar memafaatkan kesempatan sebagai batu loncatan ke Formula 1. GP2 sejatinya memang dirancang untuk membantu para pembalap mempersiapkan diri menghadapi F1. Hamilton kemudian memenangkan gelar juara GP2 dalam satu musimnya dalam seri tersebut.

Baru di Tahun 2007, Hailton memulai debutnya di Formula 1. Dia bergabung dengan tim McLaren F1, dan ditahun yang sama dinobatkan sebagai Rookie atau pembalap pendatang baru pada pagelaran ajang tersebut.

Di Formula 1 musim 2007 Hamilton meraih runner up atau urutan kedua. Saat itu dia dia kalah perolehan poin dengan sang juara F1 musim 2007,  Kimi Räikkönen dari Finlandia.

Hamilton kemudian resmi bergabung dengan Renault saat memasuki balapan F1 musim 2008. Rival Hamilton pada ajang tersebut pada 2008 adalah pembalap asal Brasil Felipe Massa dan juga Fernando Alonso yang bergabung dengan Renault.

Di tahun 2008 Hamilton berhasil menjuarai Formula 1 Grand Prix Brasil dan membuatnya menjadi pembalap termuda pertama di turnamen tersebut hingga tahun 2010 gelar pembalap F1 termuda menjadi milik pebalap asal Jerman, Sebastian Vettel.

Tag : olahraga, formula 1, lewis hamilton, mclaren f1, fernando alonso, kimi raikkonen

Berita Terkait