5 Daftar Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

Penulis : Wulan | Internasional | 02-03-2022

Negara dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia (EPixabay/MichaelGaida)

PARBOABOA, Siantar - Negara merupakan organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu.

Di dunia ini ternyata banyak negara yang memiliki bahasa lebih dari satu. Meski sudah mempunyai bahasa nasional, bahasa daerah masih banyak tersebar di suatu negara.

Berikut ini kita akan membahas tentang daftar negara dengan jumlah bahasa terbanyak didunia dari hasil riset Languages of the World.

1. Papua Nugini (839 Bahasa)

Papua Nugini memiliki jumlah bahasa hingga dua kali lipat lebih banyak ketimbang seluruh bahasa yang dipakai di Eropa.

Meski jumlah bahasa mereka lebih dari 800 jenis, tiap-tiap bahasanya hanya memiliki kurang dari 1.000 orang pengguna. Bahasa resmi yang mereka gunakan disebut Tok Pisin dalam bahasa setempat.

Bahasa yang sering digunakan di Papua Nugini adalah bahasa Inggris, Tok Pisin, dan Motu.

2. Indonesia (707 Bahasa)

Indonesia memiliki 707 bahasa. Bahasa Indonesia sendiri memiliki akar kuat dari Bahasa Melayu. Tapi sangat disayangkan, meski kaya dengan keragaman bahasa, sekitar 98 bahasa lokal terancam punah.

Bahasa yang sering digunakan: Bahasa Jawa, Sunda, Madura, Minangkabau, Musi, Bugis, Banjar, Aceh, Bali, Betawi.

3. Nigeria (526 Bahasa)

Selanjutnya, ada Nigeria yang terletak di Afrika Barat. Menurut data Ethnologue, negara ini memiliki jumlah bahasa yang sedikit jauh di bawah Indonesia yakni, berjumlah 522 bahasa. Artinya, hanya sekitar 7 persen dari seluruh bahasa di dunia.

Bahasa yang sering digunakan: Bahasa Edo, Efik, Adamawa Fulfulde, Hausa, Idoma, Igbo, Central Kanuri, Yoruba, dan bahasa Inggris.

4. India (454 Bahasa)

Sebagai salah satu negara dengan kepadatan penduduk tertinggi, India tentunya memiliki sejumlah bahasa nasional yang dituturkan warganya.

Bahasa yang sering digunakan: Bahasa Assamese, Bengali, Bodo, Dogri, Gujarati, Hindi, Kannada, Kashmiri, Konkani, Maithili, Malayalam, Marathi, Meitei, Nepali, Oriya, Eastern Panjabi, Sanskrit, Santali, Sindhi, Tamil, Telugu, dan Urdu.

5. Amerika Serikat (422 Bahasa)

Amerika Serikat muncul sebagai negara dengan bahasa terbanyak di dunia posisi kelima. Ada 326 bahasa yang digunakan penduduk setempat untuk berkomunikasi.

Bahasa yang sering digunakan: Bahasa Inggris, Hawaiian, Spanyol.

Nah, itu adalah 5 Negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Semoga berita kita kali ini bisa menambah ilmu dan wawasan bagi kalian semua, Terima kasih!

Editor : -

Tag : #negara    #bahasa    #dunia    #internasional    

Baca Juga