Pemain pemilik nomor punggung 10 terbaik di dunia (Foto: TalkSport)

Lionel Messi, Maradona, Pele dan Pemilik No.10 Terbaik Di Dunia Sepak Bola

Michael | Sepakbola | 24-12-2021

Parboaboa.com – Dalam sepak bola, nomor punggung 10 adalah angka keramat yang hanya akan digunakan oleh seorang pemain hebat. Nama Lionel Messi, Maradona, Pele hingga Neymar adalah sederet pemain yang memiliki bakat luar biasa dan identik dengan nomor punggung ini.

Jersey dengan nomor punggung 10 dalam sepak bola dianggap memiliki kekuatan magis dan tanda penghormatan.

Dalam sejarahnya, nomor punggung 10 ini selalu dipakai oleh para pemain yang dianggap paling istimewa diantara para pemain lainnya. Pemain yang memakai nomor punggung ini akan sangat disegani dan dikagumi serta dihormati.

Nomor punggung 10 diidentikkan dengan sosok pemain yang menjadi pembeda di lapangan hijau. Pemain yang mengenakan nomor ini akan menjadi pemimpin yang sangat ditakuti.

Pemain dengan nomor punggung ini seakan menjadi pemimpin pergerakan timnya, terutama dalam melakukan penyerangan hingga mencetak gol-gol penting.

Pemilik nomor punggung 10 ini selalu memiliki visi yang sangat istimewa dan menjadi penggerak bagi tim, sentuhan-sentuhan permainannya selalu diimbangi dengan kemampuan yang sangat luar biasa.

Hingga saat ini, nomor punggung 10 diyakini sebagai nomor sakral, yang hanya akan dikenakan oleh pemain dengan kemampuan yang berbeda.

Sejarah mencatat bahawa nomor punggung 10 dipengaruhi oleh pemain-pemain sepak bola terbaik sepanjang masa seperti Pele maupu Maradona. Mereka menggunakan nomor ini dan sukses menjadi mega bintang untuk klub dan negara mereka.

Berikut ini kami Tim Media Parboaboa telah merangkum deretan pemain pemilik nomor punggung 10 terbaik di dunia sepak bola.

1. Zico (Brasil)

Zico yang bernama lengkap Arthur Antunes Coimbra adalah seorang playmaker kreatif dengan keterampilan teknis yang sangat baik, visi, serta pandangan yang baik.

Ia dianggap sebagai salah satu finisher paling klinis dan merupakan pengumpan terbaik yang pernah ada.

Zico merupakan salah satu playmaker terbaik era 1970-an dan awal 1980-an. Ia merupakan salah satu pemain yang mampu menciptakan gol melalui tendangan bebas dengan mengarahkan bola ke segala arah.

Tercatat, Zico merupakan pemain yang paling banyak mencetak gol dari tendangan bebas dengan raihan 101 gol.

Pemain yang dijuluki “Pele Putih” merupakan salah satu pemain terhebat sepanjang masa yang pernah menggunakan nomor punggung 10.

2. Ferenc Puskas (Hungaria, Real Madrid)

Ferenc Puskas merupakan salah satu sosok legenda sepak bola dunia yang akan abadi selamanya.

Legenda Timnas Hungaria dan Real Madrid ini merupakan salah satu pemain yang identik dengan nomor punggung 10.

Selama berkarier sebagai pesepakbola aktif, Puskas berhasil mencatatkan 232 penampilan dan 203 gol di semua kompetisi.

3. Mario Kempes (Argentina)

Mario Kempes merupakan salah satu legenda sepak bola yang dikenal menggunakan nomor punggung 10.

Ia merupakan kapten dari Timnas Argentina yang berhasil menjuarai Piala Dunia 1978. Dia juga menjadi top skor dalam kompetisi bergengsi antar negara ini dengan mencetak 6 gol.

Selama menjadi pesepakbola yang aktif, Mario Kempes banyak membela klub-klub di dunia, tidak ketinggalan klub Indonesia. Tercatat, ia pernah membela Pelita Jaya sebelum pensiun sebagai pemain sepak bola.

Berdasarkan data transfermarkt, Mario Kempes tercatat melakukan 470 penampilan dan mencetak 214 gol disemua kompetisi.

4. Pele (Brasil)

Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pele adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil.

Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Selama membela Brasil, Pele selalu menggunakan nomor punggung 10. Hal ini yang menyebabkan, Pele menjadi salah satu pemain yang dikenal dengan nomor tersebut.

Dari data Wikipedia, Pele mencatatkan 796 penampilan dan 717 gol dari semua kompetisi baik klub maupun negara.

5. Michel Platini (Prancis)

Michel Platini adalah legenda sepak bola asal Prancis yang membawa Juventus meraih gelar juara Piala Champions (sekarang Liga Champion) pada tahun 1985. Ia juga berhasil meraih tiga  kali gelar pemain terbaik Eropa (Ballon d’Or) yaitu tahun 1983, 1984, 1985.

Selama membela Prancis, Michel Platini tercatat selalu menggunakan nomor punggung 10. Hal ini dikarenakan, posisi Platini saat masih bermain sebagai pesepakbola adalah gelandang serang.

Segudang prestasi yang diraih Platini membuat dirinya layak menjadi salah satu pemilik nomor punggung 10 tersukses sepanjang masa.

Selama menjadi pemain sepak bola, Platini tercatat melakukan 512 penampilan dan 269 gol disemua kompetisi.  

6. Lothar Matthaus (Jerman)

Lothar Matthaus adalah legenda sepak bola berhasil mengantarkan Jerman Barat menjuarai Piala Dunia tahun 1990. Atas raihan ini, ia berhasil menjadi pemain terbaik  Eropa pada tahun 1991.

Selama berkarier sebagai pemain sepak bola, Lothar Matthaus kerap memakai nomor punggung 10. Menariknya, posisi Lothar Matthaus selama menjadi pemain sepak bola adalah gelandang bertahan dan terkadang bermain sebagai pemain bertahan juga.

Dari sumber data Transfermarkt, Lothar Matthaus telah membuat 782 penampilan dan 201 gol di semua kompetisi.

7. Carlos Valderama (Kolombia)

Carlos Valderama merupakan mantan pemain sepak bola asal Kolombia. Dia berposisi sebagai gelandang serang dan merupakan pemain terbaik sepanjang masa untuk Kolombia.

Selama menjadi pemain sepak bola, Carlos Valderama dikenal memakai nomor punggung 10. Ia mencatatkan 240 penampilan dan 21 gol disemua kompetisi selama berkarier.

8. Maradona (Argentina)

Diego Armando Maradona adalah legenda sepak bola dunia yang akan selalu diingat pencinta sepak bola. Bukan hanya prestasi, tetapi hal kontroversi yang dibuat olehnya menjadikan dirinya sebagai sosok yang sangat dikenang di dunia sepak bola.

Maradona selama menjadi kapten dan pemain Argentina selalu menggunakan nomor punggung 10. Gol tangan tuhan yang dibuat Maradona menjadikan dirinya legenda sepanjang masa Argentina.

Selama menjadi pemain sepak bola, Maradona tercatat melakukan 583 penampilan dan mencetak 292 gol disemua kompetisi.

9. Dennis Bergkamp (Arsenal, Ajax, Belanda)

Dennis Bergkamp adalah mantan pemain sepak bola asal Belanda yang pernah membela klub seperti Ajax, Arsenal dan Inter Milan.

Selama menjadi pemain sepak bola, Bergkamp selalu menggunakan nomor punggung 10, tidak ketinggalan di Timnas Belanda juga.

Berdasarkan data yang tercatat, Bergkamp telah membuat 631 penampilan dan mencetak 238 gol disemua kompetisi.

10. Francesco Totti (AS Roma, Italia)

Francesco Totti merupakan pemain dengan loyalitas yang sangat tinggi. Totti tercatat hanya pernah membela satu klub selama menjadi pemain sepak bola, yaitu AS Roma.

Di AS Roma, Totti selalu menggunakan nomor punggung 10, begitu juga di Timnas Italia. Karena loyalitas Totti untuk AS Roma, nomor 10 itupun dipensiunkan dan tidak boleh digunakan oleh siapapun.

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Francesco Totti telah melakukan 785 pertandingan dan mencetak 307 gol disemua kompetisi.

11. Ruud Gullit (Belanda)

Ruud Gullit merupakan legenda sepak bola asal Belanda, yang tergabung dengan trio Marco van Basten dan Frank Rijkaard yang berhasil memenangkan Piala Eropa pada tahun 1988.

Selama membela Timnas Belanda, Ruud Gullit mengenakan nomor punggung 10 yang menjadi ciri khasnya.

Ia tercatat melakukan 523 penampilan dan 199 gol disemua kompetisi. 

12. Luka Modric (Real Madrid)

Luka Modric merupakan pemilik nomor punggung 10 di Real Madrid. Hal ini bukan didasarkan permintaannya, melainkan karena performa yang ditunjukkannya selama di Santiago Barnebeu/

Modric berhasil mendapatkan pemain terbaik FIFA di tahun 2018, setelah berhasil mengantarkan Kroasia menembus babak final Piala Dunia 2018.

Hingga saat ini, Luka Modric tercatat telah melakukan 790 penampilan dan mencetak 87 gol di semua kompetisi klub maupun negara.

13. Neymar (Brasil, PSG)

Neymar da Silva Santos Junior merupakan pemain sepak bola asal Brasil yang bermain untuk klub Prancis Paris Saint-Germain.

Bermain untuk Timnas Brasil dan PSG, Neymar selalu menggunakan nomor punggung 10. Hal ini yang membuat nomor tersebut identik dengan dirinya.

Neymar tercatat sudah melakukan 490 penampilan dan mencetak 302 gol disemua kompetisi klub maupun timnas.

14. Wayne Rooney (Manchester United, Inggris)

Wayne Rooney merupakan salah satu legenda Manchester United dan Timnas Inggris. Rooney selama berkarier sebagai pemain sepak bola sangat erat kaitannya dengan nomor punggung 10.

Sepeninggalan Ruud van Nistlerooy yang hijrah ke Real Madrid, nomor 10 di Manchester United diberikan kepada Wayne Rooney yang sebelumnya menggunakan nomor punggung 8.

Seperti memiliki kekuatas magis tersendiri, nomor 10 yang dikenakan Wayne Rooney, membuat ia menjadi salah satu legenda sepak bola terbaik yang pernah menggunakan nomor tersebut.

Begitu juga di Timnas Inggris, Wazza julukan Wayne Rooney, selalu menggunakan nomor punggung tersebut.

Tercatat, Wayne Rooney telah melakukan 884 penampilan dan mencetak 366 gol selama menjadi pemain sepak bola di semua kompetisi.

15. Rivaldo (Brasil)

Rivaldo Vitor Borba Ferreira merupakan mantan pemain sepak bola asal Brasil yang memiliki segudang prestasi.

Barcelona merupakan klub yang membuat Rivaldo menjadi legenda sepak bola sepanjang masa. Bersama Blaugrana, ia berhasil meraih banyak trofi dan penghargaan individu.

Pemilik nomor punggung 10 di Barcelona ini, merupakan salah satu pemain yang berhasil mengantarkan Brasil mendapatkan trofi Piala Dunia 2002.

Selama menjadi pemain sepak bola, Rivaldo berhasil melakukan 555 penampilan dan menciptakan 262 gol sepanjang kariernya.

16. Roberto Baggio (Italia)

Roberto Baggio merupakan pemain sepak bola asal Italia yang berhasil meraih pemain terbaik FIFA pada tahun 1993.

Selama berkarier sebagai pemain sepak bola, Baggio selalu menggunakan nomor punggung 10. Hal ini yang membuat Baggio identik dengan nomor tersebut.

Berdasarkan data yang tercatat di transfermarkt, Roberto Baggio membuat 663 penampilan dan mencetak 304 gol.

17. Zlatan Ibrahimovic (Swedia)

Zlatan Ibrahimovic merupakan pemilik nomor punggung 10 di Timnas Swedia. Ia tidak pernah tergantikan menggunakan nomor tersebut.

Ibrahimovic sepertinya sangat mudah dikenali jika bermain untuk Swedia, karena nomor punggung 10 yang sudah melekat ke dirinya.

Saat ini Ibrahimovic bermain untuk AC Milan dan menggunakan nomor punggung 21.

Selama berkarier sebagai pemain sepak bola hingga saat ini, Ibrahimovic telah membukukan 743 penampilan dan mencetak 437 gol disemua kompetisi klub maupun negara.

18. Ronaldinho (Barcelona)

Ronaldo Assis de Moreira atau lebih dikenal dengan Ronaldinho merupakan pemain sepak bola asal Brasil yang menjadi Duta Besar klub asal Spanyol Barcelona.

Ronaldinho merupakan salah satu pemain terbaik dunia yang menggunakan nomor punggung 10.

Kehebatannya dalam mengolah bola di lapangan hijau membuat dirinya menjadi warna baru dalam sepak bola dunia.

Permainan sepak bola Ronaldinho menjadikan dirinya idola bagi banyak pemain sepak bola muda saat ini.

Dari data yang tercatat, Ronaldinho selama menjadi pemain sepak bola, berhasil membuat 640 penampilan dan membuat 230 gol.
 
19. Zinedine Zidane (Prancis)

Zinedine Zidane semasa menjadi pemain sepak bola merupakan pemain yang identik dengan nomor punggung 10.

Pemain yang memiliki kepala plontos ini berhasil mengantarkan Prancis, Real Madrid dan Juventus meraih banyak prestasi. Hal ini membuat dirinya menjadi salah satu pemain bernomor punggung 10 terbaik di dunia.

Zidane tercatat melakukan 681 penampilan dan membukukan 128 gol.

20. Lionel Messi (Barcelona, Argentina)

La Pulga julukan Lionel Messi merupakan pemain sepak bola yang penuh dengan prestasi. Berkarier lama di Barcelona, Messi identik dengan nomor punggung 10 disana.

Hal ini, membuat Lionel Messi menjadi pemain pemilik nomor punggung 10 terbaik sepanjang masa di dunia.

Raihan prestasi individu terbaru yang dicapai Messi adalah Ballon d’Or ketujuhnya sebagai pesepakbola profesional. Prestasi ini mungkin akan sulit untuk dilampaui dalam beberapa dekade kedepan.

Hingga saat ini, Lionel Messi tercatat  telah melakukan 952 penampilan dan mencetak 758 gol di semua kompetisi.

Demikan deretan pemain pemilik nomor punggung 10 yang telah Tim Media Parboaboa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
 

Tag : #lionel messi    #berita bola    #sepak bola    #pemilik nomor punggung 10   

Baca Juga