Instagram kembali meluncurkan fitur baru bernama Badges yang memungkinkan konten kreator bisa mendapat penghasilan tambahan dari Instagram Live (IG Live).

Live Streaming di Instagram Bisa Dapat Uang? Ini Syaratnya

Wanovy | Teknologi | 22-11-2021

Salah satu platform media sosial paling populer di dunia, Instagram tengah meluncurkan banyak fitur untuk membantu perkembangan bisnis industri kreatif berbasis digital.

Kini, Instagram kembali meluncurkan fitur baru yang memungkinkan konten kreator bisa mendapat penghasilan tambahan dari Instagram Live (IG Live).

Hal tersebut dimungkinkan setelah Instagram resmi meluncurkan fitur memonetisasi saat melakukan Instagram Live (IG Live) yang bernama "Badges" baru-baru ini.

Pada peluncuran ini, fitur baru "Badges" baru tersedia untuk kreator Instagram yang berbasis di wilayah Amerika Serikat saja. Belum ada keterangan lebih lanjut kapan fitur monetisasi IG Live bakal hadir di wilayah lainnya, termasuk di Indonesia.

Sebelum resmi diluncurkan, fitur ini sempat diuji coba pada segelintir kreator konten Instagram di AS pada 2020 lalu. Fitur Badges itu mendukung kreator Instagram favoritnya, khususnya mendukung secara materiil.

Fitur Badges ini mirip dengan fitur Tip yang ada di Twitch dan YouTube. Fitur Badges diwakili dengan ikon "heart" alias hati di Instagram. Nantinya, pengguna bisa membeli "Badges" dengan tiga level harga berbeda saat menonton IG Live dari kreator konten favoritnya.

Level 1 adalah Badges dengan 1 hati seharga USD 0,99 (sekitar Rp 14.000). Level 2, Badges dengan 2 hati seharga USD 1,99 (sekitar Rp 28.200). Level 3, Badges dengan 3 hati seharga USD 4,99 (sekitar Rp 70.800).

Pengguna dapat membeli dan memberikan 'Badges' selama live streaming untuk mendukung kreator favorit secara finansial.

Lebih jelasnya, sistem 'Badges' di Instagram sama fungsinya dengan sistem tips saat pengguna streaming IG Live. Penonton yang telah memberi uang tips akan ditandai secara otomatis oleh Instagram.

Kemudian, komentar ataupun pertanyan yang dilontarkan pemberi uang tips akan bisa dilihat oleh pengguna hingga 90 hari. Lalu, apa saja syarat yang harus dipenuhi konten kreator?

Syarat dan Ketentuan

Syarat yang harus dipenuhi konten kretor yaitu, harus berdomisili di As. Akun Instagram harus memiliki minimal 10.000 followers untuk bisa menerima uang tips dari pengguna lain. Selain itu, usia pengguna harus lebih dari 18 tahun.

Setelah memenuhi semua syarat, content creator cukup mengaktifkan fitur Badges. Caranya dengan membuka "Profile" > "Professional dashboard" > "Apply for monetization" > "Set up Badges".

Tag : #instagram    #badges    #live streaming    #fitur baru   

Baca Juga