Ilustrasi Sungai Cibuluh yang longsor pada (6/9) (Foto: BPBD.KotaBogor.co.id)

Longsor di Bogor, 3 Rumah Warga Jebol

Maesa | Metropolitan | 07-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – 3 rumah warga jebol akibat longsor yang terjadi di Kelurahan Ciparigi, Kota Bogor.

Penghuni yang rumahnya rusak parah akibat longsor diungsikan karena rumah milik mereka sudah tidak dapat dihuni lagi.

"Longsor terjadi di Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Ada tiga rumah yang terdampak dalam kejadian ini, kondisinya rusak dan tidak bisa dihuni kembali," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Theofilo Patricinio Freitas, Rabu (07/09/2022) dikutip dari detik.com.

Longsor terjadi Selasa (6/9) malam pukul 19.30. Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Bogor mengakibatkan tebing setinggi 5 meter di Sungai Cibuluh longsor. Akibatnya rumah yang berada diatas tebing terbawa tanah yang longsor.

BPBD Kota Bogor Muhammad Nur Cosim menyatakan 3 rumah yang terdampak longsor dihuni oleh 9 jiwa dengan salah satu penghuninya merupakan penyandang disabilitas.

Rumah yang rusak dan tidak dapat dihuni pertama adalah milik Isa Priguna. Kerusakan yang dialami yakni bagian dapur, kamar tidur dan kamar mandi yang terbawa longsor.

Kedua, milik keluarga Heri Purwandi penyandang disabilitas. Kerusakan juga terjadi bagian dapur, kamar tidur dan kamar mandi.

Terakhir, milik keluarga Iyah. Kerusakan terjadi pada dapur, kamar mandi dan kamar tidur. Longsor yang terjadi sampai membuat rumah Iyah menggantung terbawa longsoran. Tetapi Iyah dan keluarganya memilih untuk tetap bertahan.

Selain merusak rumah warga, longsor juga membuat barang milik warga tercebur ke Sungai Cibuluh karena bangunan yang jebol.

Diketahui hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor telah terjadi sejak Agustus 2022. Oleh karena itu BPBD Kota Bogor menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana di wilayah masing-masing. 

Tag : #longsor    #bogor    #nasional    #sungai cibuluh    #Kelurahan Ciparigi   

Baca Juga