Longsor yang terjadi di Kecamatan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara.

Longsor di Karo Akibatkan Puluhan Rumah Rusak dan 3 Orang Meninggal Dunia

maraden | Daerah | 27-08-2021

PARBOABOA, Karo Bencana longsor terjadi di Kecamatan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara. Longsor yang memakan korban jiwa itu terjadi di Dusun Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kamis (26/8/2021) malam.

Longsor yang dipicu oleh hujan deras yang mengguyur wilayah kabupaten Karo itu menyebabkan 4 rumah hancur, 3 orang meninggal dunia dan 3 orang lainnya masih dalam pencarian.

"Basarnas Medan bersama tim SAR gabungan mengevakuasi 2 orang yang meninggal dunia korban tanah longsor di Kabanjahe," kata Humas Kantor SAR Medan, Sariaman Sitorus dalam keterangannya, Jumat (27/8/2021).

Sariaman menjelaskan bencana longsor terjadi pada Kamis (26/8) sekitar pukul 21.00 WIB. Longsor ini terjadi setelah hujan lebat melanda kawasan tersebut mulai pagi. Akibat yang ditimbulkan longsor tersebut, 4 rumah hancur diterjang longsoran tanah.

Tim rescue yang berjumlah 7 orang kemudian berangkat ke lokasi sekitar pukul 23.30 WIB. Petugas lalu melakukan operasi pencarian terhadap korban longsor dan berhasil menemukan dua orang korban tewas.

Sariman menuturkan selain melakukan pencarian secara manual, pihaknya juga melibatkan 1 unit kendaraan berat excavator untuk memindahkan timbunan longsoran tanah dan puing-puing bangunan.

Ditempat terpisah, Kabag Ops Polres Karo Kompol Diarma Munthe mengatakan pihaknya menerima laporan kejadian ini semalam sekira pukul 22.20 WIB. Kata Diarma, pencarian korban dan evakuasi bangunan yang rubuh akibat longsor masih dilakukan hingga sat ini dengan melibatkan semua unsur SAR.

"Sampai saat ini korban yang tertimbun sebanyak lima orang, tiga sudah ditemukan dalam kondisi meninggal, dan saat ini kita masih mencari dua lainnya," kata Diarma, Jumat (27/8/2021).

Diketahui, dari kelima orang yang tertimbun ini dua di antaranya adalah bayi di bawah lima tahun (Balita).

Hingga saat ini petugas gabungan dari Polres Tanah Karo, Kodim 0205/TK, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, dan Basarnas masih terus melakukan pencarian korban yang masih belum ditemukan.

Tag : #bencana-alam    #daerah   

Baca Juga