Taruna IPDN begitu lulus akan mendapatkan kesempatan besar menjadi ASN di lingkungan kementrian dalam negeri.

Lulus kuliah Jadi ASN, Coba Masuk ke 10 Perguruan Tinggi Kedinasan Favorit ini

Maraden | Pendidikan | 14-12-2021

PARBOABOA – Bagi lulusan SMA sederajat yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebaiknya mencoba mengikuti pendidikan di sekolah kedinasan yang dimiliki sejumlah intitusi milik pemerintah.

Sebab, begitu menyelesaikan pendidikan, bagi semua lulusannya langsung terbuka kesempatan besar untuk menjadi ASN.

Beberapa sekolah kedinasan bahkan ada yang langsung menjalin ikatan dinas dengan peserta didiknya yang artinya begitu lulus langsung diangkat menjadi ASN di lingkungan instansi penyelenggara sekolah kedinasan tersebut.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 menjelaskan bahwa sekolah kedinasan merupakan kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan.

Namun untuk masuk ke sekolah kedinasan bukanlah perkara yang mudah. Berbagai seleksi yang ketat dan sejumlah spesifikasi harus dipenuhi sebagai syarat menjadi peserta didik di sekolah kedinasan.

Adanya ikatan dinas dan terbuka lebarnya kesempatan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), menjadi salah satu alasan mengapa Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan memiliki seleksi masuk yang sangat ketat.

Seleksi tersebut bahkan jauh lebih ketat daripada seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Selain kesempatan menjadi ASN, sejumlah sekolah kedinasan juga menanggung penuh biaya pendidikan dan memberikan fasilitas asrama, salah satunya yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Untuk mendaftar ke Sekolah Kedinasan, biasanya dibuka pada Maret-April setiap tahun. Skema pendaftarannya dilakukan sama seperti saat akan mendaftar CPNS, yakni melalui Portal SSCASN.

Berikut 10 Sekolah Kedinasan yang paling banyak diminati calon pendaftaran di tahun 2021.

  1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dibawah Kementrian Keuangan:  Jumlah pelamar 2021: 17.712 orang.
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dibawah kementrian Dalam Negeri : Jumlah pelamar 2021: 17.077 orang.
  3. Politeknik Statistika STIS dibawah Badan Pusat Statistik (BPS) : Jumlah pelamar 2021: 15.620 orang.
  4. Politeknik Imigrasi  dibawah Ditjen Imigrasi  Jumlah pelamar 2021: 6.844 orang.
  5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dibawah naungan Badan Intelejen Negara (BIN). Jumlah pelamar 2021: 6.394 orang.
  6. Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dibawah Kementrian hukum dan HAM : Jumlah pelamar 2021: 6.153 orang.
  7. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) dibawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) : Jumlah pelamar 2021: 5.720 orang.
  8. Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI-STTD) dibawah Dinas Perhubungan : Jumlah pelamar 2021: 5.204 orang.
  9. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara  Jumlah pelamar 2021: 2.868 orang.
  10. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, dibawah PT. Kereta Api Indonesia : Jumlah pelamar 2021: 1.662 orang.
Tag : #sekolah    #sekolah kedinasan    #ikatan dinas    #aparatur sipil negara    #asn    #pns    #cpns    #pendidikan   

Baca Juga