Contoh dari norma kesopanan (Dok: Orami)

Macam Macam Norma Beserta Pengertian dan Contohnya

Dimas | Pendidikan | 12-08-2022

PARBOABOA - Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, manusia tentu akan berinteraksi dengan individu lain di sekitarnya. Dari interaksi tersebut, muncullah peraturan hidup yang saat ini kita sebut dengan norma.

Lantas, apa yang dimaksud dengan norma?

Pengertian Norma

Norma adalah aturan atau kaidah untuk perilaku manusia yang berisi perintah, larangan, dan sanksi. Perintah ini merupakan sesuatu yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilanggar. Jika melanggar, maka seseorang atau individu tersebut dapat dikenai sanksi yang telah ditentukan.

Selain itu, menurut Lektor Kepala Sosiologi dan Hukum Adat di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Soerjono Soekanto menyatakan bahwa norma adalah sebuah perangkat yang dimana hal itu dibuat agar hubungan yang ada di dalam suatu lingkungan masyarakat dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan aatu diharapkan.

Tujuan norma adalah untuk mengatur masyarat dalam berperilaku, bersikap dan berinteraksi agar tercipta lingkungan yang lebih tertib, adil dan tentram tentunya.

Nah, untuk semakin menambah wawasanmu terkait norma, berikut Parboaboa telah merangkum seputar informasi mengenai macam macam norma beserta pengertian dan contohnya. So, simak hingga tuntas ya!

Macam Macam Norma Beserta Contohnya

1. Norma Agama

Norma agama adalah aturan-aturan yang dijalankan oleh masyarakat yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Aturan ini umumnya berisikan perintah yang harus dijalankan oleh seseorang sesuai dengan ilmu ataupun ajaran dari masing-masing agama.

Berdasarkan pengertian diatas, bisa dikatakan bahwa norma agama memiliki sifat yaitu dogmatis yang berarti aturan yanga da tidak bolej ditambah maupun dikurangi nilainya sesuai dengan yang tertulis dalam ajaran atau kitab suci masing-masing agama.

Adapaun contoh norma agama adalah umat muslim dilarang memakan jenis makanan yang mengandung babi atau alkohol. Hal ini termasuk sebagai pandangan hidup umat muslim yang menjadi konsep seseorang atau masyarakat yang memilih menganut ajaran islam.

Jika aturan atau perintah tersebut dilanggar, maka sanksi yang akan didapat berupa dosa yang tercantum di dalam kitab suci umat muslim yakni Al –Qur’an.

 2. Norma Kesopanan

Norma kesopanan merupakan aturan-aturan yang menegaskan pada perbuatan individu untuk menjaga perilaku, tata krama dan juga adat istiadat yang berlaku. Hal itu dikarenakan Indonesia enjadi negara dengan beragam suku, budaya, dan adat istiadat yang berbeda-beda, namun hidup berdampingan.

Tujuan diberlakukannya aturan ini adalah sebagai penerimaan diri dari masyarakat, mampu menghargai orang lain yang berbeda suku, memahami hakikat dan etika dalam bergaul, dan mampu bersosialisasi dengan baik tanpa melanggar hal-hal dianggap pantang atau tidak pantas untuk dilakukan.

Adapun contoh norma kesopanan, yakni menghormati orang yang lebih tua dengan cara menyapa atau memanggil seseorang dengan sebutan yang paling sopan. Selain itu, tidak membuang sampah sembarangan di tempat umum dan lain sebagainya.

3. Norma Hukum

Norma Hukum menjadi salah satu daftar dalam macam macam norma yang ada di Indonesia. Norma ini merupakan aturan-aturan yang dibuat oleh badan yang bertanggung jawab seperti pemerintah yang dikemas dalam bentuk undang-undang,

Aturan ini memiliki sifat yang memaksa, jika dilanggar maka akan mendapatan sanksi yang tegas sesuai undang-undang yang berlaku. Tujuan dari norma ini adalah untuk memastikan adanya keadilan yang diterima setiap orang dan menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib, aman, rukun, dan sejahtera.

Adapun contoh norma hukum, yakni aturan hukum yang telah diatur dan ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

4. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan merupakan salah satu dari macam macam norma yang berlaku di Indonesia. Aturan ini biasanya dijalankan dan bersumber dari hati nurani seseorang. Lebih tepatnya, aturan ini adalah sesuati yang umum dijalani masyarakat, seperti dorongan untuk melakukan tindakan yang baik dan menghindari yang buruk.

Jika berbicara sanksi dalam norma ini, biasanya orang yang melanggar akan mendapatkan rasa bersalah, penyesalan atau bahkan dikucilkan oleh masyarakat.

Adapun contoh norma kesusilaan adalah jujur dalam berkata, berbicara baik, dan mengenakan busana sesuai dengan tempat dan situasi.

Nah, keempat norma diatas sangat penting untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari hari agar kita hidup dalam lingkungan yang sejahtera. Semoga bermanfaat!

Tag : #norma    #norma agama    #pendidikan    #norma hukum    #uud 1945   

Baca Juga