Makanan khas Bandung: Seblak

10 Makanan Khas Bandung Paling Terkenal dan Wajib Kamu Coba!

Wanovy | Travel | 12-02-2022

PARBOABOA, Bandung - Ada banyak sekali makanan khas Bandung mulai dari seblak bandung, nasi tutug oncom, nasi timbel dan lain-lain berikut penjelasan lengkapnya.

Sebagai ibukota dari provinsi Jawa Barat, membuat Bandung menjadi kota metropolitan yang dikatakan tidak pernah tidur.

Selain memiliki daya tarik pada tempat wisata alamnya yang melimpah, juga ada wisata kuliner dan oleh-oleh khas di kota berjuluk Paris Van Java tersebut.

Olahan-olahan tradisional hingga modern dengan mudah ditemui di sana, bahkan karena masyarakatnya yang terkenal dengan kreativitas dan inovasinya itulah yang membuat Bandung punya banyak kuliner lezat.

Bandung juga memiliki ratusan destinasi wisata yang keren. Mulai dari spot wisata alam, museum, hingga tempat berwisata belanja. Tapi bukan hanya karena itu saja yang membuat Bandung menjadi salah satu tujuan wisata favorit traveller luar dan dalam negeri.

Kulinernya yang istimewa menjadi alasan lain untuk mengunjungi kota ini. Makanan khas Bandung memang dikenal sangat variatif dan memiliki cita rasa yang tinggi. Namun demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa mendapatkannya.

Tertarik mencicipi makanan khas Bandung? Berikut 10 makanan khas Bandung yang wajib kamu coba dan harus disimpan untuk liburan kamu ke sini.

1. Seblak

Seblak yang tadinya merupakan makanan khas Bandung ini kini telah merambah ke beberapa kota seperti Jakarta.

Seblak adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur.

Biasanya seblak ditambah juga dengan sayuran serta topping seperti potongan daging ayam, batagor hingga ceker. Ada dua jenis seblak yaitu basah dan kering.

2. Batagor

Siapa yang tidak mengenal Batagor? Batagor atau bakso tahu goreng adalah makanan khas Bandung yang paling banyak digandrungi masyarakat. Kuliner ini terbuat dari olahan tepung terigu, tepung kanji, ikan tenggiri, dan lainnya. Batagor biasanya disiram menggunakan saus kacang atau kuah bumbu gurih yang sedap.

3. Surabi

Surabi sudah sangat melekat dengan Kota Kembang, walaupun di berbagai daerah seperti Surakarta juga memiliki olahan tersebut.

Panganan dengan nama lain serabi tersebut merupakan olahan yang dibuat dengan bahan baku berupa tepung beras yang dimasak dengan tungku.

Normalnya, makanan khas Bandung yang satu ini akan disajikan dengan rasa manis karena dicampur bersama kuah gulanya, walaupun kini telah banyak produsen-produsen yang menawarkan topping baru.

Mengingat surabi yang baru jadi memiliki rasa tawar, membuatnya akan menjadi pasangan yang klop bila digabung dengan aneka toppingnya yang memiliki aneka rasa.

4. Nasi Tutug Oncom

Dari namanya, kamu sudah bisa menebak seperti apa komposisi makanan khas Bandung satu ini bukan? Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Sunda Bandung dengan menyajikan nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar.

Nasi yang ditumbuk dan dicampur oncom, ditambah dengan lauk pauk yang sesuai dengan selera, kamu bisa mendapatkan sensasi rasa yang aduhai.

Namun, pertanyaan besarnya, di mana tempat yang menyajikan nasi tutug oncom paling mantab? Ada banyak pendapat, dan semuanya memiliki cita rasanya sendiri. Kami merekomendasikan Nasi Tutug Oncom Bi Kokom di daerah Lengkong, yang tidak hanya memiliki menawarkan rasa yang pas, tapi juga fasilitas yang memadai.

5. Soto Bandung

Soto Bandung bisa jadi rekomendasi makanan khas Bandung yang bisa kamu coba. Soto ini berbahan dasar daging sapi atau bagian tulang dekat daging. Makanan ini hampir sama seperti soto di daerah lain.

Namun soto ini menggunakan kuah bening, tomat, dan kedelai goreng, dan tambahan sayur lobak. Soto Bandung tidak menggunakan santan, sehingga rasa soto manis dan ringan. Makanan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

6. Ulukutek Leunca

Kamu akan terkejut dengan sensasi makanan Sunda yang satu ini. Rasanya gurih, renyah, sedikit pahit dan pedas. Saat menikmatinya, kamu akan mendapatkan sensasi tersendiri. Seporsi Ulukutek Leunca, juga ada tambahan oncom, yang akan menambah cita rasa yang mengesankan.

7. Siomay

Ngomongin makanan khas Bandung, tentu aja enggak bisa tanpa ngomongin siomay. Makanan yang merupakan revolusi dari salah satu varian dimsum khas Chinese, shumai, ini memang lezat banget: berupa dumpling dengan luaran kulit khas yang diisi dengan adonan dari ikan tenggiri dan dimasak dengan steam. Ia lalu disajikan dengan bumbu kacang yang Indonesia banget - beda dengan dimsum shumai yang disajikan dengan saus cabai.

Meski siomay sudah bisa mudah ditemukan di daerah lain, tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan Bandung sebagai pusatnya siomay enak. Enggak harus di tempat terkenal, Siomay pinggir jalan di Bandung pun rata-rata lezat.

8. Cilok

Berikutnya makanan khas dari Bandung Jawa Barat ini pasti kamu sukai. Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok sesuai dengan cara menyantapnya.

Cilok terbuat dari olahan tapioka yang kenyal dan disantap bersama bumbu pelengkap seperti kecap, saus, dan sambal kacang. Bentuk cilok bulat-bulat seperti bakso. Cilok kini juga tersedia dalam bentuk makanan beku yang lebih praktis sehingga dapat dimakan kapan saja.

9. Bakakak Hayam

Bakakak Hayam merupakan makanan khas Sunda Bandung, Jawa Barat. Makanan ini digunakan sebagai lauk pauk dan makanan pendamping. Disebut Bakakak karena bentuknya seperti seseorang yang duduk bersila.

Dalam bahasa Sunda, seseorang yang duduk bersila disebut bakakak atau bekakak. Makanan ini biasanya disajikan untuk pesta adat seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya. Bakakak

Hayam menjadi sajian utama untuk mempelai dan menjadi syarat khusus untuk upacara pernikahan. Prosesnya sajiannya setelah selesai ijab qabul dan mempelai duduk di pelaminan. Pengantin laki-laki menyuapi pengantin perempuan dengan Bakakak Hayam.

10. Combro

Camilan tradisional dari Jawa Barat yang mudah kamu temui di Bandung ini terbuat dari parutan singkong yang diisi dengan oncom. Makanan khas daerah Bandung yang satu ini memiliki bentuk bulat memanjang dengan rasa pedasnya yang nendang. Combro/comro atau oncom dijero ini memang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan pedas.

 

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #makanan khas    #kuliner   

Baca Juga