Makanan khas Bangka Belitung, foto: iNews

10 Rekomendasi Makanan Khas Bangka Belitung yang Enak dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 06-06-2022

PARBOABOA, Bangka Belitung - Bangka Belitung tak hanya terkenal dengan tempat wisata, keindahan pantai dan lautnya saja, tetapi juga dengan keragaman kulinernya.

Mulai dari makan berat, minuman, hingga camilan yang bisa dibawa pulang ke rumah menjadi jajaran makanan khas Bangka Belitung yang patut dicoba.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk berlibur kesana usai pandemi nanti, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas Bangka Belitung tersebut, ya.

Kamu bisa mengeksplorasi lidah dengan makanan-makanan khas Melayu, yang biasanya hanya bisa ditemukan dari makanan khas Bangka Belitung.

Melimpahnya makanan khas Bangka Belitung karena bahan-bahan masakan yang digunakan berbeda antara pulau Bangka Belitung dengan pulau Belitung.

Ditambah adanya pengaruh dari masyarakat lain, terutama Sumatera Selatan dan juga Tionghoa.

Penasaran apa saja makanan khas Bangka Belitung yang enak dan menggugah selera? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Lempah

Lempah merupakan hidangan berkuah yang biasanya berbahan dasar makanan laut atau daging sapi.

Masakan ini dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung lempah disebut gangan. Ada beberapa jenis lempah di Bangka Belitung.

Lempah kuning atau lempah nanas memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan nanas. Lempah ini menggunakan ikan kakap merah atau tenggiri sebagai bahan dasarnya, dapat pula diganti dengan daging sapi.

Ada pula lempah daret yang berbahan dasar umbi dan sayuran dengan kuah rempah. Lalu ada lempah kulat yang terbuat dari kulat/jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan.

2. Rusip

Rusip adalah makanan khas daerah Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan teri yang difermentasikan dalam pot atau guci dengan garam, kemudian ditambahkan gula jawa sebagai perasa. Rusip juga kerap menjadi pilihan oleh-oleh dari Pulau Bangka.

3. Sup Gangan

Makanan khas kepulauan Bangka Belitung lainnya yang juga terbuat dari hasil laut adalah sup gangan. Sup ini biasanya terbuat dari ikan tenggiri yang masih segar.

Ikan tenggiri yang baru ditangkap oleh nelayan akan langsung dimasak bersama campuran rempah, seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan juga cabai.

4. Lakse

Makanan khas Bangka Belitung lainnya yang perlu kamu coba yaitu lakse. Makanan ini merupakan kuliner yang terinspirasi dari spageti sehingga memiliki bentuk yang sama. Lakse memiliki bentuk yang mirip dengan mie yang dibuntel.

Lakse dikembangkan oleh masyarakat Tionghoa yang tinggal di Belitung. Makanan ini biasanya dimakan bersama hidangan kuah seperti sup gangan.

5. Mie Belitung

Sesuai namanya, mie ini adalah mie yang berasal dari pulau Belitung. Mie belitung adalah kuliner yang mesti dicoba oleh setiap orang saat pertama kali menginjakkan kaki ke Belitung.

Mie belitung menggunakan mie kuning biasa yang disajikan bersama kuah kaldu yang dibuat dari olahan udang.

Selain udang, kuahnya juga dicampur dengan bumbu rempah pada umumnya seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan jahe.

6. Sup Gangan

Sup gangan adalah hidangan berkuah asal Bangka Belitung yang menggunakan bahan dasar berupa olahan hasil laut, apalagi kalau bukan ikan.

Ikan yang dipakai oleh penduduk Babel untuk membuat sup ganggan umumnya ikan tenggiri yang masih segar.

Ikan tenggiri hasil tangkapan nelayan dimasak bersama campuram rempah-rempah yang mudah ditemui di Indonesia seperti cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan kunyit.

7. Berego

Secara tampilan, makanan khas Bangka bernama berego ini mirip seperti lontong. Bedanya bahan berego terdiri atas tepung sagu dan tepung beras.

Umumnya berego disajikan dengan hidangan kuah. Misalnya lempah kuning. Berego sangat mudah ditemukan di daerah Bangka.

8. Mie Koba

Bangka Belitung memiliki beberapa makanan dengan bentuk mie, salah satunya yaitu mie koba. Mie ini cukup mudah ditemukan jika kamu berkunjung ke Bangka Belitung.

Kamu akan mendapati rasa yang unik dan khas dari makanan yang berupa mie ini karena disajikan dengan ikan tenggiri.

Selain ikan tenggiri dan mie, hidangan khas ini juga memiliki berbagai isian lainnya. Kamu akan menemukan isian seperti telur, bawang goreng, dan juga seledri yang menambah cita rasa dari mie koba.

9. Lempah Darat

Tidak hanya lempah kuning, Bangka Belitung juga memiliki makanan khas lain yang tak kalah menarik untuk dicoba yaitu lempah darat.

Lempah ini dibuat menggunakan produk hasil perkebunan dari Bangka. Isiannya sendiri cukup beragam seperti pepaya muda, akar keladi, pucuk idat, dan lain sebagainya.

Lempah darat biasanya dinikmati bersama ikan asin dan juga sambal terasi. Makanan ini lebih lezat saat dimakan bersama nasi hangat.

10. Martabak Bangka

Martabak Bangka mungkin merupakan makanan yang paling terkenal dari Bangka. Makanan satu ini hampir dapat ditemui di luar wilayah Bangka Belitung. Jika di Bangka martabak manis disebut Hok Lo Pan.

Martabak manis atau yang nama aslinya Hok Lo Pan adalah panganan khas Bangka Belitung. Martabak ini pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu martabak dinamai dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti Kue Orang Hok Lo.

Ada beberapa perbedaan antara martabak Bangka dengan martabak dari daerah lainnya. Martabak Bangka dikenal dengan adonannya yang tebal, lebih keras, gurih dan berwarna tua kecokelatan.

Karena adonannya yang jauh lebih tebal, tekstur luar martabak Bangka akan terlihat lebih berpori dan berserat.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Bangka Belitung yang enak dan bisa kamu cicipi jika berkunjung ke kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata bangka belitung    #bangka belitung    #travel    #makakan khas bangka    #kuliner bangka    #daerah wisata    #sumatera selatan   

Baca Juga