Makanan Khas Banjarmasin, foto: Cookpad.com

10 Makanan Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan Ini Wajib Kamu Cicipi

Wanovy | Travel | 21-06-2022

PARBOABOA, Banjarmasin - Berlibur ke Kota Seribu Sungai tanpa mencicipi makanan khas Banjarmasin tentu rasanya masih kurang lengkap.

Selain kaya akan tempat wisata, Banjarmasin ternyata memiliki kuliner khas yang wajib dicicipi.

Bicara tentang makanan khas Banjarmasin, tentu tidak terlepas dengan aneka olahan lautnya.

Di samping itu, mereka juga memiliki makanan dengan cita rasa khas lain yang tentunya tidak kalah menggugah selera.

Jika kamu memiliki kesempatan menginjakkan kaki di Banjarmasin, jangan lupa coba 10 makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan berikut, ya!

1. Soto Banjar

Soto merupakan salah satu panganan khas Nusantara yang sangat populer. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas-nya masing-masing, termasuk di Banjarmasin yang terkenal akan Soto Banjar-nya.

Makanan khas Banjarmasin ini memiliki kuah yang kaya akan rempah dan dilengkapi dengan telur asin, ayam suwir, lontong, dan berbagai bahan-bahan lainnya.

Ditambah dengan perasan jeruk nipis, membuat Soto Banjar tak cuma mengenyangkan, namun juga menyegarkan.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang cukup terkenal juga. Sajian kuliner ketupat kandangan menggunakan kuah yang keruh berasa dari santan.

Tekstur ketupat kandangan lebih keras dibanding ketupat lainnya. Namun, rasanya tidak boleh kalah dengan rasa ketupat lainnya, apalagi ditambah dengan ikan dan telur saat disajikan.

3. Sop Mutiara

Makanan khas Banjarmasin yang berikutnya adalah sop mutiara. Bukan mutiara sungguhan, lewat kuliner ini wisatawan diajak untuk menikmati olahan daging ayam tradisional yang digiling dan dibentuk bulat seperi bakso berukuran kecil.

Walaupun diberi nama sop, kuahnya tidak seperti sup pada umumnya. Kuah sop mutiara biasanya menggunakan susu, pala, bawang putih dan bawang merah sehingga rasanya gurih.

Sop mutiara cocok disantap ketika cuaca dingin. Sop mutiara yang hangat terasa dua kali lebih nikmat.

4. Nasi Itik Gambut

Sesuai namanya, makanan khas Banjarmasin satu ini menggandeng itik sebagai sajian utamanya.

Makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan ini merupakan olahan nasi dan itik yang dimasak bersamaan dengan bumbu-bumbu khas, seperti habang.

Cita rasa pedas manis akan langsung menyapa lidah. Nasi itik gambut biasanya disajikan di atas daun pisang. Kemudian, diberi nasi hangat secukupunya.

5. Laksa

Berikutnya ada Laksa dimana menjadi salah makanan khas Banjarmasin. Menariknya lagi Laksa ini disajikan dengan beberapa komposisi bahan mulai kuah santan kental, daging gabus, ketupat kandangan, dan beberapa toping telur dan udang.

Pengolahan laksa ini banyak dicermati dan dijadikan resep untuk dibuat dirumah. Sebab dari bahan-bahan pembuat Laksa sangat mudah ditemukan.

Kamu bisa menikmati Laksa di banyak gerai makan paling populer di Banjarmasin.

6. Kue Rangai

Satu daftar menu camilan populer di Banjarmasin yakni Kue Rangai. Menjadi makanan khas Banjarmsin dimana Kue Rangai ini memiliki komposisi kelapa dan sagu.

Bahkan rasa manis di Kue Rangai ini bikin Anda ketagihan. Ketersediaan Kue Rangai saat ini sudah tersedia di gerai toko oleh-oleh Banjarmasin.

7. Sayur Kambang Tigarun

Sayur kambang tigarun merupakan lalapan orang Banjar yang saat ini sudah cukup sulit ditemukan.

Bahkan, sebagian orang Banjar belum mengetahui tentang sayuran yang berasal dari tanah kelahirannya sendiri itu.

Meski sudah langka, masih ada warung makan di Banjar yang menyajikan sayur kambang tigarun untuk warga sekitar atau wisatawan lokal yang hendak menambahkan petualangan rasa bagi lidahnya.

Sayuran ini termasuk sayur musiman. Hanya ketika kembangnya sudah mekar baru bisa dipetik dan diolah menjadi sayur.

Sayur kambang tigarun berisikan berbagai bahan dari tanaman tinggarun, seperti daun, batang, dan bunganya.

8. Nasi Kuning

Mungkin kamu sudah biasa mencicipi nasi kuning, tapi kamu harus mencicipi nasi kuning khas Banjarmasin.

Pasalnya, nasi kuning yang dimiliki oleh daerah Banjar berbeda dengan nasi kuning dari daerah-daerah lain. Kamu bisa menemukan perbedaannya dari jenis beras yang digunakan.

Selain jenis berasnya, orang Banjar juga umumnya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga memberikan ciri khas yang wajib kamu cicipi.

Nasi kuning khas Banjarmasin lebih sering menggunakan beras pera, bukan beras pulen seperti pada umumnya.

9. Manday

Selanjutnya ada makanan khas Banjarmasin Manday yang terbuat dari kulit cempedak atau tiwadak dalam bahasa Kalimantan.

Kulit tersebut diawetkan dalam waktu yang lumayan lama dengan cara dicampur garam dan didiamkan ditempat tertutup.

Semakin lama diawetkan, maka rasanya semakin enak. Manday biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga yang memasaknya dengan cara dibakar.

10. Patin Baubar

Wilayah Banjarmasin memiliki banyak sungai sehingga membuat makanan khas Banjarmasin didominasi olahan laut, salah satunya patin baubar.

Dengan bumbu rempah yang melimpah, ikan baubar menjadi salah satu makanan khas Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata banjarmasin    #banjarmasin    #tempat wisata    #travel    #kalimantan selatan    #kuliner banjarmasin   

Baca Juga