Makanan khas Batam/Gonggong, foto: Zona Makan

10 Makanan Khas Batam yang Lezat dan Menggugah Selera

Wanovy | Travel | 17-11-2022

PARBOABOA, Batam - Kota Batam, yang terletak di Kepulauan Riau, telah menjadi salah satu destinasi penting untuk berbagai keperluan. Baik untuk bisnis, piknik, ataupun bisa keduanya.

Selain menikmati destinasi wisatanya, pastikan untuk tak melewatkan kuliner khas setempat. Makanan khas Batam ada bermacam-macam jenisnya.

Maka dari itu, sayang sekali jika jauh-jauh berkunjung ke kota ini jika tak mencoba kuliner khasnya.

Ada berbagai makanan khas Batam yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke sana. Contohnya saja Bingka Bakar, Kek Pisang dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga banyak kuliner Batam yang didominasi hidangan khas asal Melayu.

Tak hanya makanan berat saja, melainkan ada juga makanan ringan yang wajib dicoba jika berkunjung ke tempat ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kami telah rangkum 10 makanan khas Batam yang lezat dan menggugah selera.

1. Mi Sagu

Mi sagu memiliki tekstur yang kenyal, ukurannya yang besar dan aroma khas-nya berasal dari aroma sagu yang pekat bercampur dengan bumbu dan rempah-rempah.

Makanan khas Batam satu ini biasanya disajikan bersama dengan taburan tauge, tambahan telur, bakso ikan, udang atau bahkan potongan ikan.

Menariknya lagi mi sagu ini disajikan dengan kuah air dingin, bukan panas seperti jenis olahan mi lainnya.

2. Gonggong

Kamu mungkin lebih mengenal kata “gonggong” sebagai sebutan suara yang dihasilkan hewan anjing.

Tetapi, gonggong ternyata merupakan makanan khas Batam berupa siput laut. Oleh karena itu, gonggong masuk ke dalam kategori makanan laut atau seafood.

Terdapat sejarah mengapa gonggong memiliki nama seperti itu. Makanan ini disebutkan ditemukan oleh pelancong Cina, yang saat itu menemukan hewan aneh ketika pasang surut di pantai.

Mereka menyebut hewan ini “gong“, yang memiliki arti “bodoh” dalam bahasa Hokkien, karena hewan ini tidak bergerak atau melawan saat diambil.

3. Bingka Bakar

Makanan khas Batam yang bernama Bingka Bakar ini merupakan sajian kue khas suku Melayu ini memiliki tekstur padat namun lembut sewaktu digigit.

Penggunaan daun pandan pada adonan kue-nya membuat aroma dari Bingka bakar terasa harum.

Bingka Bakar juga memiliki beberapa varian rasa, Bingka Bakar pandan adalah versi original-nya sedangkan ada pula Bingka Bakar rasa cokelat, Bingka Bakar jagung, Bingka Bakar wijen, Bingka Bakar keju dan Bingka Bakar buah naga yang menjadi varian rasa buahnya.

4. Luti Gendang

Luti Gendang adalah roti khas Batam yang berbentuk oval atau lonjong memanjang. Luti Gendang memiliki tekstur luar roti yang renyah dan lembut di bagian dalamnya serta isinya terasa gurih.

Luti sendiri dalam bahasa Melayu berarti roti, berbahan dasar tepung berisikan abon ayam atau abon ikan tuna yang telah dicampur dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Melayu.

Luti Gendang sangat cocok dinikmati sewaktu masih hangat apalagi ditemani dengan teh atau kopi, biasanya Luti Gendang disajikan dalam wadah rotan dengan harga Rp. 4.000/biji.

5. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam ini memiliki rasa yang gurih dan memang sangat cocok di lidah orang Indonesia.

Bahan dasar dari sop ini yaitu ikan, udang, cumi, bawang goreng, dan disajikan bersama kuah segar dengan bumbu khas dan irisan tomat hijau membuat Sop Ikan Batam begitu lezat ketika disantap, apalagi jika dihidangkan sewaktu masih hangat bersama nasi.

Makanan khas Batam ini biasa disajikan dalam versi lengkap maupun versi ikan saja, dan sebagai tambahan biasanya diberikan potongan cabai rawit atau kecap, minyak wijen, dan sawi asin untuk menambahkan selera dan citarasa.

6. Mie Kacang Selat Panjang

Mie kacang selat panjang adalah makanan khas Batam yang berikutnya. Sebetulnya makanan ini adalah makanan khas yang berasal dari Riau tapi diserap oleh daerah Batam. Nama asli dari makan ini adalah nama salah satu kabupaten di Riau, yaitu Selatpanjang.

Mie ini unik karena penyajiannya yang khas. Mie ini menggunakan kuah kaldu udang yang disiram dengan saus kacang.

Kaldu udang yang digunakan disini diberi rempah dan profilnya dibuat manis. Kombinasi rasa inilah yang menghasilkan rasa gurih menggigit yang juga manis.

Untuk saus kacangnya mirip dengan saus kacang pada gado – gado dan pecel tetapi dibuat lebih encer. Kombinasi kuah dan saus inilah yang membuat para penggemarnya nagih.

Mie ini biasanya berisi tahu, taoge, telur dan mie kuning. Namun bagi kamu pencinta pedas, bisa meminta untuk ditambahkan potongan cabe rawit sesuai selera ke dalam mie.

7. Mie Lendir

Jangan tertipu dengan namanya. Walau memiliki julukan yang aneh, mie lendir adalah salah satu makanan khas Batam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Mie lendir berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang yang kental.

Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir, namun jangan salah kuah ini merupakan kunci rasa gurih dan manis pada hidangan ini.

Kuah kacang dibuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah. Setelah harlus rata dan tercampur, ditambahkan pula tepung kanji dan dilarutkan untuk menghasilkan larutan kuah kacang yang kental.

Jika dicari persamaannya, kuah kacang ini mirip dengan saus kacang somay tapi lebih encer dan rasanya jelas berbeda.

Selain mie dan tauge, mie lendir biasanya disajikan dengan tambahan telur, potongan seledri dan juga bawang goring. Bagi yang suka pedas biasanya disediakan acar cabe yang bisa ditambahkan sesuai selera.

8. Bilis Molen

Makanan khas Batam yang selanjutnya adalah Bilis Molen. Bilis molen sendiri miliki bentuk yang mirip dengan pisang molen. Perbedaannya adalah pada isiannya.

Jika pisang molen ini berisi pisang, bilis molen ini biasanya berisi ikan teri. Adonan bilis molen ini digoreng dengan api kecil, serta biasanya akan dinikmati untuk temani kue bingka bakar.

9. Kek Buah Naga

Makanan khas Batam sendiri juga terkenal dengan olahan dari buah naganya. Banyaknya produk buah naga sendiri akan buat buah ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan ringan khas Batam.

Salah satu olahan buah naga yang buat buah ini dimanfaatkan jadi bahan makanan ringan khas Batam adalah karena rasanya yang memang lezat.

Kue yang satu ini akan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Batam. Kek buah naga ini tersedia dalam rasa original, cokelat, keju, blueberry, strawberry, moka serta rasa yang lainnya.

10. Cokelat Rocklate

Makanan khas Batam yang berikutnya adalah cokelat rocklate. Produk cokelat yang satu ini sangat begitu terkenal di Batam serta jadi oleh-oleh yang paling dicari.

Cokelat rocklate sendiri miliki beragam varian bentuk serta rasa yang mirip seperti strawberry chocolate, chrunchy milk chocolate, cocochip chocolate, serta chruncy dark chocolate.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Batam yang lezat dan menggugah selera. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata batam    #batam    #travel    #tempat wisata    #kuliner batam    #kepulauan riau   

Baca Juga