Tumpeng Merah Putih (Foto: shutterstock.com/IkaRahma)

5 Makanan Khas Indonesia yang Identik dengan HUT RI

Wulan | Selera Nusantara | 16-08-2022

PARBOABOA – Saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia, kurang lengkap rasanya jika tak menyantap makanan khas 17 Agustus dari berbagai daerah di Indonesia.

Makanan yang identik dengan hari kemerdekaan sangat istimewa karena terdapat sejarah dan folisofi yang terkandung di dalamnya.

Selain rasanya yang nikmat, makanan khas HUT RI ini juga sangat mudah dibuat dan gampang ditemukan terutama saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lantas, apa saja makanan yang menjadi menu wajib saat memperingati HUT RI? Berikut ini Parboaboa.com bagikan 5 ragam makanan khas 17 Agustus yang bisa kamu coba.

1. Tumpeng Merah Putih

Jika pada umumnya tumpeng berwarna kuning, tumpeng merah putih ini memiliki gradasi warna bak bendera Indonesia. Adapun warna dari tumpeng ini berasal dari beras merah dan beras putih yang dihidangkan dalam bentuk mengerucut.

Makanan khas HUT RI ini biasanya dilengkapi dengan lauk pauk seperti telur, ayam goreng, perkedel, tempe, kentang, dan lain sebagainya.

Menyantap tumpeng merah putih di Hari Kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai wujud syukur atas pencapaian yang telah diraih.

2. Telok Pindang

Telok pindang adalah sajian telur ayam yang direbus selama lima jam dengan menggunakan campuran daun salam, kulit bawang, gula merah, dan asam jawa.

Telok pindang pada awalnya hanya dihidangkan untuk memperingati ulang tahun ratu Belanda Wilhelmina di masa kolonial. Namun, sekarang makanan ini sudah banyak dijajakan para penjual di kota Palembang.

Selain itu, menyantap telok pindang sudah menjadi tradisi unik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

3. Telok Abang

Makanan khas kemerdekaan lainnya yakni telok abang atau telur merah. Telur ini direbus menggunakan campuran pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Kudapan asal Palembang ini sering dijadikan sebagai hiasan mainan yang dijual khusus perayaan 17 Agustus. Biasanya, telok abang ditancapkan di atas miniatur sehingga dapat menarik perhatian para pembeli.

4. Bubur Merah Putih

Bubur merah putih termasuk salah satu makanan yang sering disajikan saat hari kemerdekaan. Adapun warna merah yang ada pada bubur ini berasal dari gula merah, sedangkan warna putihnya berasal dari campuran santan kelapa.

Bubur merah putih ini melambangkan rasa syukur, itu sebabnya makanan ini sering ditemukan pada saat acara syukuran. Selain itu, mengonsumsi bubur merah putih saat HUT RI juga menandakan wujud syukur atas kemerdekaan Indonesia.

5. Klepon Merah Putih

Selain bubur merah putih, klepon merah putih juga sering disantap dalan perayaan Kemerdekaan Indonesia.

Biasanya, klepon berwarna hijau, namun khusus 17 Agustus, kudapan manis ini bisa disajikan dalam warna merah dan putih.

Kue khas Jawa Tengah ini terbuat dari tepung beras ketan yang ditengahnya diisi dengan gula merah. Banyak masyarakat yang gemar mengonsumsi kudapanini lantaran sensasi gula merahnya yang sangat manis dan lumer dimulut begitu klepon dimakan.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang identik dengan perayaan HUT RI 17 Agustus. Di antara 5 makanan diatas pengen cobain yang mana nih? Komen di bawah ya!

Tag : #hut ri    #makanan khas 17 agustus    #selera nusantara    #kuliner    #tumpeng merah putih    #telok pindang    #telok abang   

Baca Juga