10 Makanan Khas Indramayu Jawa Barat yang Lezat dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 28-10-2022

Makanan khas Indramayu, foto: Java Travel

PARBOABOA, Indramayu - Pindang Gombyang Mayung salah satu makanan khas Indramayu yang sudah banyak dikenal orang. Jangan salah masih banyak loh yang bisa kamu eksplore atau icip-icip saat kamu berkunjung ke Indramayu.

Indramayu sendiri berjarak sekitar 205 km ke timur dari Ibu Kota Jakarta. Lumayan juga ya jaraknya. Namun dengan moda transportasi jaman sekarang kamu tak harus khawatir atas bentangan jarak bukan?

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang panjang. Sudah sewajarnya bukan Indramayu banyak dikunjungi karena keindahan pantainya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi

Selain itu Indramayu juga dikenal sebagai penghasil padi terbesar di Indonesia atau sering disebut lumbung padi nasional.

Nah setelah mengetahui beberapa info tentang Indramayu, berikut juga ada info kuliner seputar makanan khas Indramayu Jawa Barat loh, diantaranya:

1. Nasi Lengko

Rekomendasi makanan khas Indramayu yang pertama yang wajib kamu cicipi adalah nasi lengko. Makanan ini terdiri dari nasi putih, lalu di atasnya diberi irisan tahu goreng, tempe goreng, tauge rebus, mentimun, lalu disiram bumbu kacang yang manis gurih.

Dari komposisinya makanan ini tentu menyehatkan, bukan? Jika ingin tambahan menu daging, kamu bisa menambah menu sate kambing yang lezat.

2. Burbacek

Rekomendasi makanan khas Indramayu selanjutnya adalah burbacek. Burbacek merupakan singkatan dari bubur rumba cecek.

Makanan ini merupakan bubur yang ditambah dengan rumba atau mirip pecel, lalu dicampur dengan cecek atau krecek yang memakai cabai merah dan parutan kelapa.

Penasaran dengan cita rasa makanan ini? Kamu bisa mencicipi makanan ini saat malam hari sebagai wisata kuliner malam di Indramayu.

5. Pedesan Entog

Apakah kamu pernah mencicipi menu entog? Nah, di Indramayu terdapat makanan khas dengan olahan entog yang nikmat.

Makanan ini merupakan olahan masakan entog yang dimasak dengan tomat, jeruk, serai, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, dan kecap manis. Menu ini dijamin mampu menggoyang lidah deh!

6. Mi ragit

Bagi kamu, mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan berbahan dasar mi. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia memiliki makanan yang berbahan dasar mi. Tak terkecuali juga Indramayu dengan mi ragit yang khas.

Mi ragit adalah makanan khas Indramayu tradisional yang terdiri dari mi, telur dadar yang diberi kuah udang, dan santan dengan tambahan sambal kacang pedas.

7. Cimplo

Cimplo merupakan kue apem khas Indramayu yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dengan cocolan saus kinca yang ditambahkan parutan kelapa.

Kue cimplo khas Indramayu dibuat khusus ketika bulan bala atau Safar dalam kalender Islam tiba. Dalam kepercayaan masyarakat Indramayu, Bala adalah bulan di mana banyak sekali musibah.

Oleh karena itu, tercetuslah kue cimplo yang dibuat dengan tujuan untuk menolak bala. Nantinya, kue cimplo pun akan digikan kepada masyarakat secara cuma-cuma.

8. Nagasari

Nagasari merupakan kue tradisional berbahan dasar tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula dengan isian buah pisang. Biasanya, pisang yang digunakan untuk isian nagasari adalah pisang raja.

Kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus sampai matang. Cara membuatnya juga mudah dan bisa kamu coba di rumah.

9. Blengep Cotot

Blengep cotot merupakan kue tradisional khas Indramayu yang terbuat dari singkong yang direbus, lalu ditumbuk hingga halus kemudian dibentuk menjadi pipih. Nantinya, adonan tadi akan diisi dengan gula merah.

Dinamakan blengep cotot, karena gula merahnya akan keluar ketika kue digigit dan meleleh di mulut. Kue ini hanya dapat dijumpai di pasar tradisional sebagai jajanan pasar.

10. Rumbah

Hampir mirip dengan nasi Lengko dalam hal bumbu yang digunakan, yakni terbuat dari bahan utama kacang tanah.

Namun pada Rumbah, bumbu tersebut dilengkapi dengan asam jawa dan air petis sehingga rasanya tergolong autentik. Untuk sayuran nya juga berbeda, lebih mirip pecel karena terdiri dari kacang panjang, taoge, dan kangkung.

Makanan khas Indramayu ini sering disajikan dengan lontong, meskipun ada beberapa yang menggunakan nasi. Untuk menambahkan citarasa unik, makanan ini juga dilengkapi dengan daun kemangi.

Meskipun harganya murah, namun rasanya cukup lezat dan menggugah selera. Apalagi jika banyak penjual yang ditemukan di berbagai sudut jalan, sehingga tidak sulit mencarinya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Indramayu Jawa Barat yang wajib kamu cicipi jika berkunjung kesini. Selamat menikmati!

Tag : #wisata indramayu    #indramayu    #travel    #tempat wisata    #kuliner indramayu    #jawa barat   

Baca Juga