Makanan khas Jember/Gudeng Pecel, foto: cewealpukat.com

10 Makanan Khas Jember Jawa Timur yang Unik dan Patut Dicoba

Wanovy | Travel | 04-10-2022

PARBOABOA, Jember - Makanan khas Jember menawarkan banyak pilihan menu, mulai dari makanan berat seperti pecel gudeg, camilan seperti jenang waluh, sampai minuman hangat wedang cor.

Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga memiliki tempat wisata menarik. Wisata alam dan juga wisata baharinya layak untuk kamu kunjungi ketika singgah di Jawa Timur.

Tak hanya itu, ragam kulinernya juga menarik untuk dijajal dan diburu ketika kamu ke Jember.

Berwisata kuliner di Jember, kamu akan ditawarkan makanan khas, minuman hingga makanan ringan yang pastinya nyaman di lidah.

Nah, berikut ini Parboaboa.com sajikan rekomendasi makanan khas Jember yang lezat dan wajib kamu coba. Yuk simak ulasannya!

1. Suwar Suwir

Suwar suwir merupakan makanan khas Jember yang terbuat dari tape dan membuatnya mirip dengan dodol.

Suwar suwir ini juga kerap menjadi buah tangan ketika kamu di Jember. Karena mengikuti pasar kini suwar suwir hadir dengan beraneka rasa yang modern.

Rasa original, susu, kacang hingga strawberry dan coklat bisa kamu coba. Makanan khas Jember ini juga memiliki kemasan yang menarik dan bisa kamu temukan diberbagai tempat oleh oleh di kota Jember.

2. Nasi Langgi Jember

Nasi langgi merupakan salah satu makanan khas Jember. Nasi ini berisi nasi dilengkapi dengan sambal goreng tempe dan kentang, daging sapi, telur asin, bumbu bali, abon sapi, petis, mentimun dan sambal.

Menu nasi langgi bisa ditemui dengan mudah di warung makan kota Jember.

Buat kamu yang mungkin masih asing dengan nama menu makanan ini, kamu mungkin lebih mengenalnya dengan nama nasi campur.

Di Jember banyak restoran atau kedai yang menyuguhkan nasi langgi lengkap bersama dengan menunya.

Tetapi ada salah satu tempat makan paling enak yang menyediakan menu nasi langgi ini. Tepatnya berada di Depot Jawa Timur.

3. Pecel Gudeg Jember

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini sangat unik karena ini adalah kolaborasi antara nasi pecel dan juga gudeg.

Lengkap dengan potongan daging, krecek, rempeyek, sambal pecel yang khas dan juga kacang panjang.

Kita tahu bahwa gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dipadukan dengan pecel yang merupakan kuliner khas Jawa Timur.

Satu porsi pecel gudeg ini disajikan lengkap dengan lauk yang bisa kamu pilih sendiri sesuai selera.

Untuk harganya tergantung jenis lauk yang ingin ditambahkan. Semakin banyak lauk, tentu harganya juga semakin mahal.

Meski demikian kamu tak perlu khawatir, sebab harganya masih tergolong terjangkau. Pecel gudeg ini bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai macam warung makan yang ada di wilayah Jember.

4. Mi Pangsit

Sajian mi pangsit yang cukup terkenal dan kerap direkomendasikan wisatawan adalah Mie Pangsit Rama.

Makanan khas Jember ini merupakan salah satu tempat makan mi yang paling enak di Jember.

Ada berbagai sajian mi yang benar-benar menggugah selera. Mulai dari mi pangsit kuah, bakwan, serta tahu, semuanya nikmat untuk disantap sebagai menu makan malam.

Apalagi pengunjung juga bisa menikmati nuansa tempo dulu di tempat ini. Mi Pangsit Rama biasanya buka dari sore hingga malam hari. Tak hanya rasanya yang khas, tetapi tempatnya juga.

5. Wedang Cor

Wedang Cor adalah salah satu wisata kuliner Jember yang khas. Minuman hangat ini sudah menjadi ciri khas Kabupaten Jember. Tidak hanya minuman, wedang cor Jember biasanya dinikmati dengan aneka camilan lezat.

Terbuat dari tape singkong atau tape ketan hitam, Wedang Cor ditambah sedikit susu kental manis, jahe yang dimemarkan, dan disiram air panas. Rasa manis dan asamnya bakal diterima dengan senang hati oleh lidahmu.

Berlokasi di Jalan Singosari, pengunjung sudah bisa menikmati Wedang Cor hanya dengan 10 ribu saja.

Jika ditambah dengan camilan, tidak lebih dari 20 ribu untuk perut yang kenyang dan nuansa Jawa Timuran yang bakal dirindukan.

6. Prol Tape

Jenis makanan khas Jember lainnya yaitu Prol Tape. Makanan ini juga terbuat dari tape yang sudah diinovasi oleh masyarakat jember. Prol tape ini cocok disajikan saat kamu berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

Adapun bahan dari Prol Tape ini antara lain; tape singkong, tepung terigu, margarine, susu, dan telur.

Rasa dari Prol tape ini yaitu perpaduan antara manis, asam/kecut, serta gurih. Prol tape juga memiliki beragam rasa seperti kismis, cokelat, keju, dan rasa original.

7. Pia tape

Jenis makanan khas Jember lainnya yaitu Pia Tape. Seperti makanan khas sebelumnya, Pia Tape ini juga berbahan dasar tape. Varian rasa dari pia tape ini juga beragam yaitu rasa pisang, strawberry, blueberry, cokelat, dll.

Warna pia agak cokelat kekuningan dan sangat menggoda pandangan kamu. Lebih dari itu, pada bagian kulit pia teksturnya agak keras, namun di bagian dalamnya lembut.

Kamu bisa juga mejadikan Pia Tape ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Kemasannya mudah dibawa, modern, dan yang paling penting adalah dapat bertahan lama.

8. Mie Rama

Mie rama dijual di resto mie rama yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 28, Jember. Meskipun dari luar resto ini terlihat sangat sederhana dengan nuansa vintage tempo dulu yang sangat kental, namun rasa dari sajian olahan mienya sangatlah menggoda.

Resto mie ini buka mulai sore hingga malam hari sampai porsi mie dalam sehari habis. Beberapa menu dari resto mie rama adalah mi pangsit ayam, pangsit kuah, yong tahu (tahu isi daging), bakwan, dan beberapa menu lainnya yang tidak kalah enak.

9. Martabak dan Terang Bulan King

Martabak dan terang bulan King sangat cocok bagi kamu pecinta makanan manis. Berbagai varian rasa dan topping disajikan di martabak terenak dan terkenal di Jember ini.

Kamu rugi jika ke Jember tidak sempat merasakan sajian martabak dan terang bulan dari King ini. Martabak dan terang bulan King dapat kamu temui di Jalan Karimata Nomor 50 tepatnya samping Hotel Royal, Jember. Buka mulai jam 3 sore sampai jam 10 malam.

10. Pecel Pincuk Garahan

Olahan pecel lainnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota Tembakau ini adalah pecel pincuk garahan.

Makanan khas Jember ini disajikan menggunakan daun pisang. Begitu menyentuh lidah, rasa pedas saus kacangnya akan langsung menggoyang lidah.

Bumbu sambal kacang pecel pincuk garahan juga tidak sehalus bumbu pecel pada umumnya. Bahkan, kacang yang dipakai sebagai bumbu kacang masih begitu terasa gurihnya. Di samping itu, olahan yang satu ini juga didampingi tauge dan sayur gundo.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Jember yang lezat dan wajib kamu coba jika berkunjung kesini. Happy holiday!

Tag : #wisata jember    #jember    #travel    #tempat wisata    #kuliner jember    #jawa timur   

Baca Juga