Makanan khas Jepara/Horok horok, foto: Tribun Travel

10 Makanan Khas Jepara Jawa Tengah Unik dan Wajib Dicoba

Wanovy | Travel | 17-10-2022

PARBOABOA, Jepara - Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia ada yang kurang rasanya jika tidak mencoba salah satu makanan khasnya termasuk mencicipi makanan khas Jepara.

Setiap daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa beserta ciri khas yang berbeda-beda.

Jepara, kota kelahiran RA Kartini ini memang menyimpan banyak daya tarik. Lokasinya yang langsung berbatasan dengan laut jawa ini membuat Jepara memiliki banyak pantai yang indah.

Terbukti dengan wisata kepulauan Karimun Jawa yang sering dijadikan destinasi liburan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya keindahan alamnya yang menjadi daya tarik dari Kabupaten Jepara ini, makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Jepara ini juga mampu memberikan keistimewaan dalam hal dunia kuliner.

Citarasa yang khas dan tradisional mampu membuat paket lengkap dalam dunia wisata di Jepara. Berikut beberapa makanan khas Jepara yang paling recommended.

1. Bongko Mento

Makanan khas Jepara ini berasal dari keraton Jepara. Bongko mento adalah makanan ringan yang dibungkus dengan daun pisang. Isinya terdiri dari telur dadar isi dada ayam suwir tumis yang dicampur jamur tiram, bihun, dan santan.

Lontong Krubyuk Hidangan ini mirip dengan masakan lontong pada umumnya. Lontong krubyuk berasal dari Jepara dan terdiri dari lontong yang disajikan dengan suwiran daging ayam rebus yang disiram kuah bakso dan ditaburi campuran tauge setengah matang dan irisan seledri.

2. Kuluban

Kuluban atau juga bisa disebut kluban merupakan salah satu makanan khas Jepara dengan bahan dasar sayuran. Bisa dibilang, kuluban merupakan “salad” nya orang Jepara.

Hal ini karena kuluban dibuat dari berbagai macam sayur yang ditambahkan bumbu dari parutan kelapa.  Sayuran yang biasanya digunakan sebagai kuluban adalah  daun singkong, kangkung, labu siam, dan sawi.

Bumbu yang digunakan untuk membuat bumbunya antara lain dengan kelapa, cabai, terasi, dan gula. Kuluban banyak dijual di pasar tradisional dan warung dengan harga mulai dari Rp 5.000 per porsi.

3. Horok-horok

Makanan khas Jepara yang satu ini tergolong sebagai makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Makanan ini tergolong makanan yang legendaris dan saat sekarang sudah agak sulit ditemukan.

Horok-horok terbuat dari bahan dasar tepung aren yang diolah dengan santan dan gula pasir. Hal yang khas dari makanan ini adalah horok-horok dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lain seperti horok-horok diantaranya dicampur petis, bakso, gulai, dan minuman hangat.

4. Bleyik

Bagi sebagian orang, nama makanan ini akan terdengar sangat unik dan mungkin tidak terbayang jika rasanya akan enak. Menu ini berbahan dasar teri yang memang masih mentah dengan di bumbui menggunakan garam.

Biasanya, ikan teri mentah ini akan dibuat dengan bentuk yang bulat. Bentuknya seperti sebuah bola dengan ukuran kecil yang selanjutnya di jemur kemudian dikeringkan.

Desa Karangji di Jepara menjadi lokasi yang banyak memproduksi menu makanan ini. Bahkan, makanan ini bisa dibawa pulang oleh kamu sebagai salah satu oleh-oleh khas.

5. Sayur Betik

Daftar makanan khas Jepara yang berikutnya adalah sayur betik. Sayur ini terbuat dari bahan dasar pepaya muda dan daging tetelan. Sayur ini sering dijadikan sebagai menu sehari-hari oleh masyarakat Kabupaten Jepara.

Kamu juga bisa mencobanya dengan mencari resep dari sayur betik yang banyak tersedia di internet melalui Google.

6. Opor Panggang

Salah satu makanan khas daerah Jepara yang terkenal adalah Opor Panggang. Sesuai dengan namanya, perbedaannya dengan opor pada umumnya adalah dari cara memasaknya.

Opor panggang Jepara biasanya dibakar menggunakan paso. Paso merupakan tempat berbentuk bak yang terbuat dari tanah liat.

7. Pindang Serani

Pindang serani merupakan makanan khas Jepara semacam sup ikan laut. Yang berbeda dari pindang serani Jepara dengan sajian pindang Jakarta adalah kuahnya yang bening tidak mengandung kecap.

Makanan ini sangat cocok dijadikan menu makan siang. Memiliki perpaduan rasa asam, manis dan pedas. Bahan yang digunakan adalah ikan laut dan beberapa bumbu seperti belimbing wuluh, tomat, daun bawang dan daun kema

8. Adon-adon Coro

Adon-adon coro bisa kamu cicipi kesegarannya saat berkunjung di kota ukiran ini. Minuman khas Jepara ini rasanya nikmat dan menyegarkan.

Minuman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu yang dibuat dari beberapa rempah. Diantaranya seperti bubuk merica, kayu manis, cengkeh, lengkuas, dan juga pandan.

Selanjutnya disiram dengan menggunakan kuah santan, jahe, dan gula jawa. Adon coro ini mempunyai cita rasa rempahnya yang khas, yang mana bisa menjadikan badan menjadi hangat. Minuman ini pas sekali dinikmati saat cuaca dingin.

9. Moto Belong Jepara

Makanan ini merupakan kuliner tradisional khas Jepara yang banyak dijual di pasar tradisional.

Makanan khas Jepara ini diberi nama moto belong sebab bentuk nya yang mirip dengan mata melotot. Kamu bisa menikmati kuliner khas ini di Pasar Karangrandu.

10. Rondo Royal

Makanan khas Jepara berikutnya adalah rondo royal. Rondo royal atau monyos adalah camilan yang terbuat dari tapai singkong yang dilumatkan, dicelupkan dalam adonan tepung basah, lalu digoreng. Rasanya manis agak asam.

Dinikmati hangat-hangat bersama secangkir teh atau kopi panas di sore hari atau saat hujan turun, sedap!

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Jepara yang unik dan wajib dicoba jika berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata jepara    #jepara    #travel    #hotel    #tempat wisata    #kuliner jepara    #jawa tengah   

Baca Juga