parboaboa

10 Makanan Khas Kendal yang Lezat dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 18-10-2022

Makanan khas Kendal, foto: Suara.com

PARBOABOA, Kendal - Kendal adalah salah satu kabupaten yang terletak di pesisir Pantai Utara Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Kendal yang bisa Kamu cicipi saat mengunjungi daerah ini. 

Kendal berada tepat di sebelah Barat Kota Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Lokasinya pun dilintasi Jalur Pantai Utara Jawa atau Pantura yang merupakan jalan darat penghubung utama Jakarta menuju Surabaya.

Kabupaten Kendal juga memiliki destinasi kuliner menarik. Beberapa makanan khas Kendal memiliki cita rasa khas daerah pesisir.  Nah, jika Kamu singgah di kabupaten ini, tak ada salahnya mencicipi salah satu kuliner Kendal.

Berikut adalah sederet makanan khas Kendal yang bisa Kamu coba seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kendal:

1. Momoh

Makanan khas Kendal yang satu ini, cukup asing didengar. Momoh merupakan makanan khas Kendal yang berbahan dasar jeroan sapi.

Bumbu yang digunakan untuk membuat Momoh terdiri dari rempah-rempah pilihan. Momoh memiliki dua macam, yaitu Momoh Goreng dan Momoh Kuah. Momoh Goreng cocok disandingkan dengan soto atau nasi pecel.

Makanan ini berasal dari Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Momoh diyakini dapat menambah stamina bagi pria dewasa. Maka rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu pun merupakan rempah pilihan untuk meningkatkan stamina.

Meski Momoh berasal dari Kaliwungu, tetapi makanan ini cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Kabupaten Kendal.

2. Sate bumbon

Sate bumbon dibuat menggunakan daging sapi yang telah dimarinasi bersama bumbu halus. Bumbu halus ini terdiri dari bawang putih, jahe, dan kemiri.

Untuk tahap penyajiannya, sate bumbon disiram dengan saus kacang. Perpaduan pedas, manis, dan gurihnya pas di lidah!

3. Pecel Kembang Turi

Sama halnya dengan Kota Madiun, Kendal juga memiliki pecel khas yang memiliki perbedaan dengan pecel lainnya.

Di Kendal, pecel menggunakan bunga turi yang memiliki cita rasa manis, sedikit pahit, dan juga gurih. Selain itu, Pecel Kembang Turi ditambahkan dengan daun bayam rebus dan disiram dengan sambal kacang yang kental, serta diberi taburan tauge.

Pecel Kembang Turi memiliki perpaduan rasa manis, sedikit pedas, gurih, dan juga sedikit pahit dari bunga turi. Pecel kembang Turi cocok disandingkan dengan gimbal udang atau sate kerang.

Makanan khas Kendal ini mudah ditemukan di pinggiran tengah kota hingga pinggiran kota Kendal. Jika kamu suka pecel, maka wajib mencoba Pecel Kembang Turi khas Kendal.

4. Brongkos

Brongkos adalah makanan khas Kendal yang legendaris dibuat dari olahan daging sapi dengan kuah berwarna hitam. Kamu bisa menjumpai banyak warung makan di Kendal yang menjual brongkos

Sekilas, brongkos mirip dengan rawon khas Jawa Timur. Bedanya, kuah Brongkos lebih kental karena ada tambahan santan kelapa muda. Penyajiannya pun tampah ada kecambah segar.

Makanan ini dimasak dengan bumbu dasar rempah yang ditambah kluwek untuk menghasilkan kuah berwarna kehitaman dan cita rasa luar biasa. Rasa gurih dari brongkos berasal dari potongan daging sapi yang berlemak. Nikmati brongkos bersama nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

5. Bandeng Bakar Lumpur

Makanan khas Kendal ini terdengar unik dari namanya. Lumpur, dalam hal ini, penting sebagai cara pengolahan bandeng bakar. Masyarakat Kendal yang tinggal di dekat tambak, biasa mengolah bandeng bakar dengan melumuri lumpur dari tambaknya.

Tentunya ikan bandeng sudah dibersihkan dulu sebelum dibakar dengan lumuran lumpur di luarnya. Bandeng yang dibakar menghasilkan tekstur empuk, matang, dan tentunya bersih. Bandeng bakar dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal terasi matang yang nikmat.

6. Sumpil

Sumpil merupakan kudapan khas Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Sumpil biasa disajikan untuk memperingati Maulid Nabi atau disebut juga dengan tradisi tuwinan.

Sumpil terbuat dari bahan dasar beras, mirip dengan lontong. Namun bedanya, sumpil dibungkus dengan daun bambu dan disajikan dengan sambal dari parutan kelapa.

Sumpil berbentuk segitiga yang diyakini sebagai lambang hubungan antara manusia dengan Tuhan dan dengan sesama manusia.

Sehingga kudapan yang satu ini terus dibudayakan dan dilestarikan dengan budaya yang ada. Sumpil sangat cocok disantap pagi hari untuk sarapan yang lebih praktis.

7. Rica-Rica Menthog

Menthog merupakan binatang sejenis bebek yang dapat dikonsumsi, seperti halnya di Kabupaten Tuban, Kendal juga menjadikan olahan menthog sebagai makanan khasnya. Jika di Tuban diolah menjadi becek menthog, maka di Kendal ada rica-rica menthog yang tak kalah lezatnya.

Daging menthog banyak disukai karena tidak terlalu berbau, dan nikmat untuk dijadikan sebagai santapan. Rica-rica menthog memiliki rasa yang pedas, gurih, dilengkapi dengan bumbu kecap yang menambah cita rasa. Makanan khas Kendal ini cukup mudah ditemukan di warung makan di Kabupaten Kendal.

8. Mangut Lele

Kamu suka lele? Jika suka lele, maka wajib mencoba makanan khas Kendal yang satu ini. Mangut Lele. Mangut merupakan kuah santan yang memiliki rasa asin, gurih, pedas, dan sedikit asam. Biasanya, Mangut dilengkapi dengan ikan pari namun beda dengan Mangut khas Kendal ini. Lele dijadikan sebagai bahan dasar utama.

Mangut terbuat dari bawang putih, bawang merah, kencur, lengkuas, ketumbar, daun jeruk, kemisi, dan daun salam yang ditumis serta dicampurkan ke dalam kuah santan.

Jika kamu pencinta rasa pedas, sangat cocok dengan makanan khas Kendal yang satu ini. Namun, Mangut Lele cukup sulit ditemukan. Jika ingin mencobanya, kamu bisa ke Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

9. Semur Biji Mangga

Buah manis ini adalah favorit banyak orang. Kamu pasti penasaran dengan makanan olahan dari biji mangga khas Kendal. Selain dijadikan manisan, biji mangga atau disebut sebagai pelok, diolah jadi masakan semur yang nikmat dan bernutrisi, khususnya di Desa Purworejo, Kendal.

Biji mangga sebelumnya direndam dahulu dengan air kapur dan garam untuk mengurangi rasa pahitnya agar aman dikonsumsi. Setelah dibersihkan, biji mangga dikukus agar teksturnya melunak.

Gunakan resep bumbu semur seperti layaknya semur jengkol atau jenis lainnya. Tambahan santan kelapa menambah cita rasa gurih. Patut dicoba!

10. Grubi

Grubi adalah salah satu makanan khas Kendal yang memiliki cita rasa renyah dan manis legit. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang dicampur dengan gula aren.  Proses pembuatannya pun tidak begitu rumit.

Singkong yang telah dibersihkan, dikupas kulitnya, lalu diparut dengan parutan manual.  Setelah singkong tersebut diparut, hasil parutan dijemur terlebih dahulu agar singkong mudah kering saat digoreng. Barulah singkong digoreng bersama dengan gula aren.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Kendal yang wajib kamu cicipi jika sedang berada di kota ini. Selamat mencoba!

Editor: -

Tag: #wisata kendal    #kendal    #travel    #tempat wisata    #kuliner kendal    #jawa tengah   

BACA JUGA

BERITA TERBARU