Makanan khas Kulon Progo, foto: theboxsceneproject

10 Makanan Khas Kulon Progo yang Lezat dan Wajib Dicoba

Wanovy | Travel | 23-07-2022

PARBOABOA, Kulon Progo - Kulon Progo adalah sebuah kabupaten di Jogja atau biasa disebut “west prog” karena kulon dalam bahasa jawa diartikan “barat” memiliki wisata alam dan air yang banyak, unik dan ramai dikunjungi wisatawan.

Namun tak hanya itu saja Kulonprogo juga memiliki kuliner yang tak kalah unik dan nikmat. Aneka macam makanan khas Kulonprogo yang enak dan legendaris tersebar di warung makan, pusat oleh oleh hingga tempat rekreasi yang bisa kamu nikmati.

Kuliner khas daerah kulon Progo mulai dari makanan legendaris, camilan hingga makanan berat ini dapat kamu nikmati ditempat ataupun dijadikan oleh oleh sebagai buah tangan khas Jogja.

Selain rasanya yang enak, makanan khas Kulonprogo juga terkenal menyehatkan dan alami.

Baiklah tak perlu berlama-lama berikut ini Parboaboa sudah siapkan rekomendasi makanan khas Kulon Progo, Yogyakarta yang wajib kamu coba. Simak sampai habis ya!

1. Geblek Kulon Progo

Mungkin kamu aneh mendengar nama makanan yang satu ini, tapi memang begitulah menyebutnya, salah satu makanan yang paling khas dari Kulon Progo.

Geblek merupakan makanan yang terbuat dari singkong, dengan bentuk lingkaran yang dirantai menjadi tiga sampai empat buah.

Warna makanan khas Kulon Progo ini adalah putih dengan tekstur yang kenyal membuat geblek menjadi kudapan unik untuk dinikmati.

Kamu bisa menikmati geblek menggunakan saus atau sambal, atau bisa juga dimakan bersama tempe benguk.

2. Tempe Benguk Santen

Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang biasanya terbuat dari kedelai. Tapi, di beberapa daerah di Indonesia, ada tempe yang terbuat dari bahan lain, salah satunya adalah tempe benguk.

Di Kulon Progo, tempe benguk akan dimasak bersama dengan santen kental.

Makanan ini menjadi salah satu favorit di Kabupaten Kulon Progo lho. Memiliki rasa yang gurih dan enak, cocok sebagai lauk atau dimakan secara langsung. Benguk santen ini juga bisa kamu nikmati bersama dengan geblek.

3. Besengek

Selain digoreng, tempe benguk juga sering diolah menjadi besengek tempe benguk. Besengek tempe benguk merupakan olahan tempe benguk khas Kulon Progo yang dimasak seperti dibacem dengan mengunakan santan.

Dalam membuat besengek ini, tempe akan direbus terlebih dahulu hingga empuk untuk kemudian dibuang airnya.

Tempe benguk yang sudah empuk tersebut akan dimasak bersama santan, cabai rawit, dan bumbu rempah lainnya hingga santan mengental.

Paduan bumbu-bumbu ini akan membuat besengek memiliki cita rasa pedas dan gurih. Besengek tempe benguk sangat cocok disantap selagi masih panas.

4. Cenil

Cenil dan Cetot merupakan camilan khas yang berbahan dasar pati singkong yang direbus. Pada penyajiannya, camilan ini dilengkapi dengan kelapa parut yang menghasilkan perpaduan rasa manis dan juga gurih.

Selain itu cenil juga dibuat dengan ditambah pewarna makanan seperti hijau, merah, dan warna-warna lainnya supaya lebih menarik. Harganya pun terjangkau, cocok untuk kamu yang suka mencari camilan khas suatu daerah.

5. Enting-enting Jahe

Rasanya sangat unik, karena campuran rasa pedas dari jahe dan manis dari gula. Belum lagi sensasi kacang, vanili, kelapa, dan wijen yang menambah rasa dan aroma menjadi lebih khas.

Cemilan ini sangat digemari wisatawan, apalagi kalau membelinya di pusat oleh-oleh terkenal karena pastinya yang berkualitas yang dijual disana.

Sudah tak sabar ingin mencobanya? Selain di pusat oleh-oleh sebenarnya ada beberapa toko rekomendasi yang menjual kue khas Kulon Progo terbaik ini.

Anda tinggal menelusuri jalanan utama dan belilah dengan harga sangat terjangkau. Cocok untuk dimakan bersama kopi hitam panas, atau wedang jahe yang juga cukup fenomenal.

6. Peyek Undur-undur

Jika Anda mengunjungi Kulon Progo Anda harus menjajal yang namanya Peyek Undur Undur. Undur undur yang dipakai sebagai bahan bakunya merupakan undur undur laut.

Hewan satu ini sebenarnya termasuk dalam jenis udang udangan. Tidak hanya di Indonesia undur undur laut ini juga bisa ditemukan di pantai di berbagai negara.

Undur Undur laut memiliki kulit yang keras mirip dengan kepiting. Untuk dagingnya gurih dengan tekstur yang kenyal.

Sehingga jika dijadikan peyek akan memiliki rasa nikmat yang akan membuat siapapun akan ketagihan.

7. Gula Semut

Jika biasanya gula merah berbentuk besar dan padat, lain halnya dengan gula merah khas Kulon Progo yakni gula semut.

Sesuai namanya gula ini berukuran kecil mirip bubuk sehingga lebih dikenal dengan nama gula kristal.

Bahan utamanya tetap menggunakan nira, baik itu nira kelapa maupun nira aren. Dengan begitu rasa manis khas gula Jawa merah tetap terasa dalam gula semut ini.

Karena bentuknya yang kecil ini juga, membuatnya lebih mudah larut di dalam air. Sehingga tidak sedikit orang yang menjadikan gula ini sebagai isian kue atau pengganti gula pasir.

8. Dawet Sambel

Dawet pada umumnya dikenal sebagai minuman segar yang disajikan dingin. Namun, di Desa Jatimulyo, Kulon Progo, terdapat dawet yang berbeda yakni dawet sambel.

Menurut salah seorang ibu yang menyajikan dawet sambel, dawet ini merupakan cendol yang tidak pakai santan. 

Pemanis dawet tetap memakai nira kelapa tetapi topping pelengkapnya ada bawang goreng, taoge, tahu goreng, dan sambal. 

Saat dicoba, dawet sambel memiliki perpaduan beberapa rasa yaitu manis, pedas, dan gurih.

9. Growol

Makanan khas Kulon Progo yang satu ini tidak seterkenal teman-temannya, tetapi ada banyak penyukanya lho.

Growol terbuat dari singkon, dengan bau yang khas dan cukup menyengat. Baunya seperti ketela busuk, sehingga, untuk orang awam, belum mencicipinya sudah merasa jijik duluan.

Tapi, setelah kamu mencicipinya, mungkin akan berubah menjadi ketagihan. Growol memiliki rasa yang gurih, apalagi ditambahkan parutan kelapa yang tentu akan menambah kelezatannya.

Kalau kamu pengen mencoba growol, coba deh cari di pasar tradisional.

10. Kopi Menoreh

Bagi pecinta kopi, Anda harus menjajal kopi dari Kulon Progo ini. Memang kulon Progo juga sebagai daerah penghasil kopi.

Kopi dari Kulon Progo dikenal dengan kopi menoreh. Terdapat dua varian yang bisa Anda jajal yakni kopi robusta dan kopi Arabika.

Anda bisa menikmati kopi yang sedap ini dikedai kopi yang terdapat di perbukitan menoreh. Dari semua kopi menoreh yang paling terkemuka adalah kopi Pak Rohmat.

Itulah tadi beberapa makanan khas Kulon Progo yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Yogyakarta. Happy holiday!

Tag : #wisata kulon progo    #kulon progo    #travel    #tempat wisata    #kuliner kulon progo    #jawa tengah    #yogyakarta   

Baca Juga