Baklava menjadi salah satu makanan khas lebaran yang berasal dari Turki (DOK.SHUTTERSTOCK/NADIR KEKLIK)

7 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Wulan | Selera Nusantara | 22-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Hari raya Idul Fitri atau lebaran identik dengan makanan atau hidangan penutup yang lezat. Tak hanya Indonesia, semua umat muslim di berbagai negara lain juga ikut merayakan hari yang spesial itu dengan sajian makanan khas yang unik dan sedap. Nah kira-kira makanan khas di negara lain apa saja ya?

1. Baklava, Turki

Baklava merupakan salah satu makan khas Tuki yang sering menjadi menu andalan saat perayaan Idul Fitri. Kuliner khas lebaran dari Turki ini memiliki tekstur berlapis dengan isian yang beragam dan disajikan dengan siraman saus khusus ataupun madu.

2. Sheer kurma, Pakistan

Kurma memang jadi makanan favorit saat Ramadan hingga hari raya Idul Fitri. Di Pakistan, olahan kurma yang paling disukai masyarakatnya adalah sheer kurma. Sheer kurma merupakan sajian puding yang terdiri dari campuran kurma, susu, sekaligus vermicelli.

3. Manti, Rusia

Manti adalah makanan yang sama seperti pangsit. Sajian ini menjadi makanan khas Idul Fitri tradisional di Rusia. Hidangan ini biasanya diisi dengan daging domba atau sapi yang dibumbui dan disajikan dengan ukuran serta bentuk yang berbeda-beda tergantung wilayah.

4. Hyderabad haleem, India

Siapa yang suka daging kambing nih? Jika melihat ini dijamin pasti ingin menyicipinya. Hyderabad Haleem merupakan makanan favorit masyarakat India yang terbuat dari bubur gandum, daging sapi atau kambing, dan kacang lentil yang ditumbuk halus. Biasa Hyderabad Haleem ini biasa dihidangkan saat panas dengan tambahan irisan telur rebus, ketumbar cincang, taburan bawang goreng serta perasan air jeruk lemon.

5. Meloui dan Chicken Bastilla, Maroko

Negara Maroko juga mempunyai makanan khas lebaran yang lezat lho, yakni Meloui dan Chicken Bastilla. Makann ini menjadi makanan favorit masyarakat Maroko menjelang perayaan Idul Fitri. Meloui merupakan camilan yang terbuat dari terigu, gula, garam dan ragi, sedangkan Chicken Bastilla adalah kue yang terbuat dari bahan dasar ayam.

6. Kahk, Mesir

Mesir mempunyai makanan khas Lebaran yang cukup lezat yaitu Kahk. Kahk merupakan kue berbentuk bulat yang berisi kacang dan bertabur tepung gula dengan rendah kalori. Kue ini pun dipercaya sudah ada sejak jaman Mesir kuno dan menjadi makanan yang sangat disukai masyarakat setempat.

7. Chotpoti Curry, Bangladesh

Masyarakat India memang tidak bisa lepad dari makanan khasnya yaitu Kari. Untuk kamu yang gemar kuliner bercita rasa pedas, makanan khas Lebaran asal Bangladesh satu ini wajib kamu coba. Kuliner sejenis kari yang terbuat dari chickpeas, tentan, telur dan bahan lainnya dengan kuah santan, Chotpoti Curry memiliki cita rasa sedikit pedas dan kaya akan rempah.

Itulah jenis-jenis makanan khas lebaran di berbagai negara, udah cobain yang mana nih?

Tag : #kuliner lebaran    #makanan lebaran    #selera nusantara    #baklava    #sheer kurma    #manti    #hyderabad haleem    #chotpoti curry   

Baca Juga