10 Makanan Khas Ngawi Lezat dan Paling Favorit Wisatawan

Wanovy | Travel | 10-11-2022

Makanan khas Ngawi, foto: Pinterest

PARBOABOA, Ngawi - Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang kuliner yang mampu menggugah selera.

Hampir semua daerah di Jawa Timur pasti memiliki kuliner khasnya. Salah satu daerah di Jawa Timur yang gak boleh kamu lewatkan sensasi makanan khas Ngawi.

Selain memiliki destinasi wisata yang menarik, wilayah paling barat Jawa Timur ini ternyata juga memiliki kuliner khas yang tidak banyak diketahui oleh orang.

Selain memiliki cita rasa yang begitu nikmat, kuliner-kuliner berikut ini bisa kalian peroleh dengan harga yang ramah di kantong.

Nah, berikut ada 10 makanan khas Ngawi yang wajib kalian coba saat mengunjunginya.

1. Nasi Pecel

Nasi pecel di Ngawi disajikan dengan lauk, sayur, dan bumbu kacang. Nasi pecel ini sebenarnya juga ada di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah lainnya.

Namun nasi pecel khas Ngawi berbeda dengan pecel di kawasan lain. Sebab bumbu kacang dari nasi pecel Ngawi lebih kental dan tidak encer. Rasanya jadi lebih gurih, lebih manis dan pedas.

Nasi pecel khas Ngawi ini sering disajikan di atas daun pisang yang dilipat berbentuk seperti kerucut atau disebut pincuk.

Lauk pendamping nasi pecel ini sangat beragam, mulai dari ayam, telur, jeroan sapi seperti paru, empal, babat, dan masih banyak lagi.

2. Lethok Khas Ngawi

Lethok merupakan salah satu makanan khas Ngawi yang memiliki nama lain sambal tumpang. Bahan utama dalam pembuatan lethok yaitu tempe semangit.

Tempe yang digunakan terlebih dahulu harus difermentasikan dalam waktu cukup lama, tetapi tidak sampai berbau busuk. Bahan tersebut kemudian dilengkapi dengan bumbu yang enak.

Ciri khas lethok berupa racikan bumbunya sangat enak. Aroma lethok begitu menggoda karena dicampur dengan kencur dan daun jeruk.

Supaya lebih enak bisa ditambah dengan cabe rawit yang tingkat pedasnya bisa dibuat sesuai selera.

Bagi Kamu yang berencana mengunjungi Ngawi, jangan lupa mencicipi makanan satu ini. Dijamin rasa dari makanan ini  tidak akan mengecewakan.

3. Tepo Tahu

Tepo tahu merupakan kuliner turun temurun yang berasal dari Ngawi. Makanan satu ini juga dikenal dengan nama tahu lontong. Tepo tahu terbuat dari beras dan juga tahu.

Apabila Kamu berada di Ngawi tidak sulit untuk menemukan makanan ini karena banyak yang menjual di berbagai tempat.

Tahu telur dalam makanan ini terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur kemudian digoreng.

Tepo tahu disajikan dengan kuah dari bahan dasar unik dan sederhana seperti kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya, Meski terbuat dari bahan sederhana rasa dan aroma makanan ini sangat menggoda.

4. Sate Ayam Khas Ngawi

Apakah kamu gemar makan sate? Jika iya direkomendasikan untuk mencicipi sate ayam khas Ngawi. Makanan khas Ngawi ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat.

Apa yang membedakan sate ini dengan daerah lainnya? Perbedaan paling mencolok terletak pada kecap yang digunakan.

Sate ayam khas Ngawi memiliki ciri khas dalam penggunaan kecap yang sangat sedikit. Sate ayam khas Ngawi sangat cocok bagi kamu yang tidak suka dengan rasa terlalu manis dari kecap.

Tunggu apa lagi segera rencanakan untuk mencicipi makanan satu ini.

5. Lendre

Lendre termasuk ke dalam salah satu makanan khas Bojoneoro, namun rupanya makanan jajanan ini juga termasuk kedalam makanan khas Ngawi.

Di Ngawi itu kehadiran makanan ledre memang sudah ada sejak lama jadi tidak bisa di pastikan di mana dulu ledre ini muncul awalnya antara di Ngawi dan Bojonegoro.

Meskipun ledre juga dikenal sebagai jajanan dari Bojonegoro, namun jika dibandingkan maka ledre khas Ngawi dan Bojonegoro ada perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing kota. Sekarang ini ledre sudah berkembang dengan rasa yang banyak variasinya.

6. Wedang Cemue

Salah satu makanan khas Ngawi itu adalah wedang cemue. Fungsi wedang cemue hampir sama dengan minuman sekoteng dan ronde, yakni minuman yang mampu menghangatkan badan.

Wedang cemue sangat tepat diminum pada saat hujan turun atau setelah hujan deras, rasa pedasnya yang berasal dari jahe berpadu dengan rasa manis yang berasal dari susu mampu menghangatkan tubuh.

Wedang cemue juga dapat mengisi perut yang kosong atau sedang lapar, karena pada wedang cemua terdapat juga potongan roti dan bahan lainnya yang bisa membuat perut kenyang. Semua bahan pada wedang cemue itu berasal dari bahan alami.

7. Tongseng Kambing Pedas

Suka makanan berbahan dasar kambing? Kalau kamu jalan-jalan ke kota Ngawi, pastikan untuk mencoba salah satu makanan khas Ngawi yang berbahan dasar daging kambing. Tongseng kambing pedas khas Ngawi ini mudah ditemui di penjual-penjual sate dan gule.

Seperti tongseng kambing umumnya, bahan untuk membuat tongseng kambing pedas pun dibuat dari daging kambing pilihan.

Daging kambing kemudian dicampur dengan bahan rempah lain dan santan. Penjual tongseng kambing pedas yang terkenal di Ngawi ada di Jalan Ahmad Yani, yaitu Sate Gule.

8. Cokelat tempe khas Ngawi

Siapa nih yang suka makan coklat? Sudah tau belum sama coklat yang satu ini. Namanya coklat tempe.

Jika dilihat dari namanya sangatlah membingungkan. Bagaimana bisa ada makanan coklat tempe?

Selain di kabupaten Ngawi, ternyata coklat tempe ini juga tersedia di Kediri dan beberapa daerah lain di Jawa loh.

9. Keripik Tempe

Keripik atau disebut kripik di Ngawi bisa ditemukan diseluruh sudut kota. Tempe diiris tipis-tipis hingga menyerupai selembar kertas lalu digoreng dengan tepung yang sudah dibumbui dan teksturnya sangat renyah.

Makanan khas Ngawi ini terbilang sederhana, tapi rasa gurih dari tempe dan bumbu yang melekat pada tepunya bisa membuat orang ketagihan.

Kripik tempe biasanya disajikan untuk makanan pendamping seperti kerupuk, contohnya sebagai pendamping makan pecel, lethok, dan makan utama lainnya.

10. Dodol jambu merah

Dodol jambu merah ini adalah salah satu makanan khas Ngawi dengan cita rasa yang manis dan legit.

Dodol jambu merah ini diolah dengan bahan asli tanpa pengawet. Jadi dijamin 100% aman dikonsumsi.

Sesuai dengan namanya, dodol ini dibuat dengan menggunakan bahan dari buah jambu biji merah.

Di kabupaten Ngawi jambu biji merah merupakan salah satu hasil panen masyarakat Ngawi yang biasanya menghasilkan 10 kilo jambu setiap panen dalam satu pekan sekali. Jadi tidak heran jika dodol khas Ngawi ini diolah dari buah jambu biji merah.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Ngawi yang lezat dan paling favorit wisatawan. Selamat menikmati!

Tag : #wisata ngawi    #ngawi    #travel    #tempat wisata    #kuliner ngawi    #jawa timur   

Baca Juga