Makanan khas Palangkaraya, foto: Tribun

10 Makanan Khas Palangkaraya yang Enak dan Wajib Dicoba

Wanovy | Travel | 27-06-2022

PARBOABOA, Palangkaraya - Palangkaraya merupakan salah satu kota yang ada di Kalimantan Tengah. Wilayah ini memiliki luas sekitar 2.400 km2 dengan jumlah penduduk 376. 647 jiwa.

Dengan luas dan jumlah penduduk tersebut dapat dikatakan wilayah ini cukup padat. Kepadatan tersebut sudah ada sejak lama karena wilayah ini banyak dijadikan wilayah pertambangan.

Berbagai pabrik dan alat berat juga ada dengan kualitas yang baik. Keberadaan alat berat tersbut tidak lantas membuat alam Palangkaraya menangis. Masih banyak tumbuhan hijau yang membuat wilayah ini tetap asri dan bersih.

Kota yang memberikan nuansa alam nusantara bersih dan asri ini juga menghadirkan beragam kuliner yang sangat menggoda.

Tidak hanya rempah dan cara pembuatan, namun juga bahan utama pembuatan menu tersebut tergolong cukup unik dan menarik.

Banyak sajian khas nan nikmat yang bisa Anda santap bersama orang tersayang. Aneka makanan dan minuman tersebut juga bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan bagi siapa saja yang ingin Anda kasihi.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, berikut ini ada 10 rekomendasi makanan khas Palangkaraya yang wajib dicoba.

1. Wadi Patin

Selain olahan ikan Jelawat, makanan khas Palangkaraya lainnya yang berbahan dasar ikan adalah Wadi Patin.

Terbuat dari daging ikan patin yang difermentasi, kuliner tradisional khas Palangkaraya ini memberikanmu cita rasa asin dan asam serta kesegaran ikan patin yang menggoda.

Umumnya makanan tradisional Palangkaraya ini dimasak dengan cara digoreng dan  dikukus.

Ditambah dengan sambal serai dan sepiring nasi hangat, makanan khas Palangkaraya satu ini dijamin akan memanjakan perutmu.

2. Telur Ikan Masak Kuning

Kekayaan kuliner seafood di Palangkaraya tak hanya berhenti di Ikan Jelawat dan Wadi Patin saja, masih ada panganan tradisional Palangkaraya lain yang bisa jadi pilihanmu, yakni Telur Ikan Masak Kuning.

Dengan tekstur telur ikan yang kenyal dengan bumbu kuning yang gurih dan manis memberikan cita rasa unik untuk lidahmu.

3. Juhu Umbut Rotan

Pernah dengar sayur rebung? Atau sayur bambu muda? Nah di Palangkaraya ada juga nih makanan yang mirip dengan sayur rebung.

Perbedaanya sayur yang digunakan yaitu rotan yang masih muda. Bagian yang digunakan hanya ujungnya saja.

Untuk membuat masakan khas Palangkaraya ini membutuhkan banyak perjuangan hlo!

Karena sebelum dimasak, kita harus menghilangkan duri-duri yang ada di batang rotan. Lalu kemudian rotan dipotong kecil-kecil sesuai selera.

Rasa dari rotan muda ini sedikit pahit dan gurih maka dari itu perlu dicampurkan bersama rempah-rempah.

Teksturnya sendiri sangat kenyal dan tidak keras. Selain itu untuk kuahnya dapat menggunakan santan atau tanpa santan. Sekilas tampilan masakan khas Palangkaraya ini mirip dengan gulai.

4. Keripik Kalakai

Kalakai merupakan tanaman yang tumbuh di hutan tropis Kalimantan. Tanaman ini sejak jaman dahulu sudah dimanfaatkan oleh suku Dayak sebagai bahan makanan.

Salah satunya dijadikan cemilan berupa keripik. Daun dari tanaman kalakai dilapisi dengan adonan tepung, dan juga bumbu.

Kemudian digoreng dalam minyak panas. Rasa dari daun ini sudah cukup gurih, sehingga ketika dijadikan keripik akan semakin nikmat.

Makanan khas Palangkaraya juga memiliki manfaat bagi kesehatan hlo! Tanaman ini diyakini dapat mengobati penyakit seperti diare, anemia dan menjaga kekencangan kulit agar terlihat awet muda.

5. Lemang

Lemang adalah makanan Melayu yang terkenal ke berbagai penjuru Kalimantan, termasuk Palangkaraya.

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun kelapa, kemudian dimasukkan ke dalam liang-liang bambu dan dipakar.

Hasilnya adalah gulungan ketan putih yang empuk dan wangi. Anda bisa memakannya dengan selai manis seperti sarikaya, atau bersama makanan yang gurih seperti gulai dan sambal.

6. Hintalu Karuang

Hintalu karuang adalah versi Palangkaraya untuk “kolak biji salak” di Pulau Jawa. Makanan ini terdiri dari bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan, direndam di kuah santan bercampur gula merah.

Rasanya adalah paduan antara manis serta gurih, dengan sensasi kenyal unik dari bola tepung ketan. Hintalu karuang biasanya disajikan hangat-hangat, dan cocok untuk sarapan atau kudapan sore.

7. Bangamat Palangkaraya

Memiliki nama yang cukup unik, Bangamat Palangkaraya juga berbahan dasar cukup menarik yang bakal bikin anda penasaran ingin segera mencicipinya.

Bangamat Palangkaraya, merupakan makanan khas Palangkaraya yang terbuat dari daging kelelawar dan sayur hati batang pisang.

Sebelum diolah daging kelelawar dibersihkan dahulu dari bulu, kuku sampai isian perutnya setelah itu dimasak menggunakan berbagai macam rempah-rempah dan sayur hati batang pisang.

Perpaduan cita rasa gurih dan kenyalnya daging yang khas bakal bikin anda tergoda menikmati olahan satu ini. Tertarik menikmati olahan satu ini?

8. Kenta

Ini adalah makanan khas Palangkaraya langka yang dibuat oleh suku Dayak. Pembuatan makanan ini cukup rumit karena harus ditumbuk terlebih dahulu dan proses memasaknya bisa seharian.

Suku Dayak suka dengan makanan unik nan nikmat. Ketan yang masih berupa padi ditumbuk menjadi pipih, kemudian disangrai terus hingga kering.

Sebaiknya masak kenta ini tidak sendiri karena saat menyangrai butuh adukan yang kuat dan terus menerus. Akan lebih baik jika dilakukan oleh 5 orang secara bergantian. Jadi tidak capek.

9. Gagatas

Masih dengan olahan ketan yang digoreng kemudian diberi pemanis berupa gula merah. Ketan dibuat menjadi tepung kemudian diuleni dan digoreng.

Tidak lupa setelah matang ditambah dengan kuah manis dari gula merah. Hanya saja kuahnya ini kental.

Gagatas disebut juga dengan kue getas karena ada gula merah yang sangat menggoda di atasnya.

Biasanya, makanan ini banyak dijual di pasar tradisional yang ada di Palangkaraya. Rasanya yang legit dan kenyal membuat banyak orang suka dan ketagihan.

10. Ampal Jawau

Kue ini terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk dengan kelapa parut. Setelah ditumbuk dan dicampur dengan bumbu dicelupkan dalam tepung kemudian digoreng.

Teksturnya lembut dan empuk. Sedangkan rasanya lebih kearah manis dan gurih yang berpadu.

Secara sekilas, makanan khas Palangkaraya ini mirip dengan gethuk goreng yang berasal dari pulau Jawa namun ampal jawau ini lebih menggoda.

Kue ini selalu ada setiap hari di pasar tradisional. Tidak sulit menemukan makanan ini karena banyak penduduk yang masih melestarikan warisan budaya yang satu ini.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Palangkaraya yang wajib Anda cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata palangkaraya    #palangkaraya    #travel    #kuliner palangkaraya    #kalimantan tengah   

Baca Juga