Makanan khas Salatiga/Sate Sapi Suruh, foto: Hops.ID

10 Rekomendasi Makanan Khas Salatiga yang Lezat dan Wajib Dicicipi

Wanovy | Travel | 07-09-2022

PARBOABOA, Salatiga - Apabila kamu berada di kawasan kota Salatiga mungkin sedang berlibur atau sekadar berkunjung ke tempat teman, saudara, atau dengan tujuan lainnya mungkin ini akan menjadi informasi menarik untuk kamu.

Ada beberapa jenis makanan khas Salatiga yang terkenal dan hanya dengan hitungan 1 hari kamu sudah bisa menikmati itu semua baik sebagai makanan utama ataupun oleh-oleh untuk keluarga atau teman dirumah.

Kota Salatiga sendiri merupakan salah satu kota kecil di wilayah Jawa Tengah bagian timur.

Memiliki luas 56 kilometer persegi, dan jumlah warga 183 ribu jiwa, kota ini berlokasi 49 kilometer selatan Kota Semarang.

Seluruh wilayah Salatiga dibatasi oleh Kabupaten Semarang serta dikelilingi oleh pegunungan yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo.

Hal ini juga membuat udara di kota Salatiga ini menjadi sejuk serta banyak diminati untuk wisata karena memiliki beragam wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan masih banyak objek wisata lainnya.

Tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya kota ini juga memiliki banyak makanan khas yang lezat dan sayang untuk dilewatkan.

Penasaran apa saja? Yuk, simak rekomendasi makanan khas Salatiga berikut ini!

1. Sate Sapi Suruh

Jika makan sate ayam sudah biasa, kamu wajib cobain sate sapi suruh khas Salatiga. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak 1987.

Sampai saat ini pun masih menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke kota kecil ini. Potongan dagingnya yang cukup besar akan bikin kamu kenyang hanya dengan memesan seporsi saja.

Dagingnya yang empuk dan paduan siraman bumbu kacang yang lezat akan membuatmu ketagihan deh. Gak percaya? Langsung aja coba ke jalan Jenderal Sudirman Nomor 16F, Salatiga.

2. Soto Ssto

Kelaparan pagi-pagi di Salatiga, paling cocok kalau isi perut dengan soto ayam terkenal di sini, yaitu Soto Esto.

Kuah santan yang gurih, ditambah taburan kecambah, mi, dan irisan ayam, akan membuat rasa laparmu hilang seketika.

Jangan lupa harus ada kerupuk karak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan ya. Sate kerang, sate telur puyuh, dan teh hangat juga menjadi pelengkap wajib. Beuhhhh!  Jangan sampai kehabisan ya.

3. Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus

Berkunjung ke Salatiga, gak sah kalau gak cobain warung lesehan yang selalu ramai dikunjungi anak muda di sini, nasi kucing senjoyo Pak Sus.

Sama seperti pada umumnya, nasi kucing yang disajikan di sini terdiri dari aneka sate seperti sate usus, sate kulit ayam, sate telur puyuh.

Ada pula gorengan, ayam goreng, dan tempe bacem. Rasakan nikmatnya malam kota Salatiga di warung angkringan di jalan Senjoyo Salatiga ini. Gak bakal rugi deh!

4. Bakmi Djowo

Makanan khas Salatiga selanjutnya datang dari jenis makanan pokok yang mengenyangkan, Bakmi Djowo namanya.

Meskipun tidak ada yang istimewa dalam penamaannya, namun rasanya dipastikan mantap, apalagi bagi pecinta kuliner mi.

Ada ciri khas yang membedakannya dari mi ditempat lain, salah satunya adalah bentuk mi yang lebih lebar.

Selain itu, tekstur mi lebih kenyal dan padat sehingga semakin mengenyangkan. Dalam satu porsi, bukan hanya mi kuning yang didapatkan, namun berbagai bahan pendukung lainnya.

Adapun bahan yang dimaksud diantaranya adalah taoge, kubis, sawi, acar, dan taburan bawang goreng. Untuk lauknya menggunakan ayam suwir dan telur irisan telur dadar.

5. Gecok Kambing

Masih seputar makanan khas Salatiga yang mengenyangkan, kali ini ada Gecok Kambing. Persis seperti namanya, bahan utama untuk membuatnya adalah daging kambing.

Jika dilihat sekilas, makanan khas Salatiga ini hampir mirip dengan tongseng, namun kuahnya sedikit encer. Bahan kuah tetap sama, yaitu menggunakan santan dengan rempah khas pilihan.

Bedanya, santan terlebih dahulu dimasak degan cara di sangrai. Bumbu utamanya menggunakan lada yang meresap ke dalam daging karena proses perebusan lama.

Proses inilah yang juga membuat bau daging kambing tidak apek sehingga semakin nikmat rasanya. Hampir tidak ada bahan pendukung lainnya, satu porsi hanya berisi daging dan kuah sedap.

6. Opor Bebek Mak Yah

Kelezatan dari daging bebek, membuatnya diolah menjadi berbagai kuliner lezat khas nusantara.

Bagi pecinta bebek, dianjurkan untuk tidak melewatkan kelezatan opor bebek Mak Yah, ketika singgah di kota Salatiga.

Cukup mudah ditemui, kamu bisa menemukannya di Jalan Muncul Raya yang sedari dulu dikenal sebagai surganya berburu kuliner khas Salatiga. Segera kunjungi jalan tersebut, apabila penasaran dengan kelezatan yang ditawarkannya.

Masih dimasak secara tradisional menggunakan tungku, membuat cita rasa yang dihasilkannya berbeda daripada kuliner lainnya.

Dengan kelezatannya tersebut, tidak heran bila masyarakat menjadikannya sebagai kuliner primadona yang tak tergantikan.

Ditambahkan dengan aneka rempah yang diolah sedemikian rupa, tidak salah menjadikannya sebagai rekomendasi kuliner terbaik.

7. Opor Bebek

Opor dengan bahan utama ayam tentunya banyak temui dengan rasa yang bisa ditebak. Lalu bagaimana dengan opor Bebek?

Menjadi salah satu makanan khas Salatiga yang tidak boleh terlewatkan karena rasa yang diberikan sangat enak dan lezat. Bebek sendiri sebenarnya salah satu hewan yang memiliki rasa gurih dengan tekstur daging alot.

Akan tetapi tidak demikian jika kamu menemukannya di Salatiga karena hampir dipastikan tekstur dagingnya empuk.

Proses pengolahannya lah yang menjadikan tekstur bebek lembut dan empuk ketika disantap. Perebusan yang sebagai proses masaknya cukup lama dengan bahan utama dari santan.

Selain membuat tekstur empuk, proses ini menjadikan racikan rempah khas meresap hingga ke bagian tulang.

8. Enthing-Enthing Kepuk

Ini merupakan makanan khas Salatiga yang jangna kamu lewatkan. Makan ini merupakan makanan ringan yang bisa dibawa untuk perjalanan jauh bahkan hingga berhari-hari.

Jajanan ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang di sangrai kemudian dicampur gula cair dan ditumbuk / digepuk.

9. Wedang Ronde

Mungkin tidak hanya di Salatiga saja, wedang ronde ada di mana-mana. Namun Wedang ronde yang satu ini cukup fenomenal pasalnya sudah masuk ke televisi beberapa kali karena kenikmatannya.

Berada di komplek Ruko Miyoso namun di bagian belakang / belakang lokasi sate suruh. Selain disana juga terdapat banyak di pinggiran jalan Jendral Sudirman penjual wedang ronde yang sangat pas diminum di kota Salatiga yang dingin untuk menghangatkan badan.

10. Ronde Sekoteng

Salah satu makanan khas Salatiga yang sudah memiliki nama dari tempo dulu ini biasanya juga banyak dikonsumsi saat sedang musim hujan dan udara dingin seperti di Kota Salatiga.

Ronde merupakan bulatan berbentuk bola dengan bahan pembuatan dari tepung beras yang diisi gula merah dan disantap di dalam air jahe hangat bersama campuran kolang kaling dan kacang tanah.

Sedangkan sekoteng sendiri adalah minuman dari air jahe yang biasanya dihidangkan dengan isian berupa kacang hijau, kacang tanah serta irisan roti tawar.

Di Salatiga salah satu ronde dan sekoteng yang terkenal adalah Ronde Sekoteng Jago.

Makanan ini banyak menjadi buruan selain karena dicari kehangatannya, makanan ini juga merupakan makanan yang cukup terkenal dari tempo dulu.

Warung ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman no. 9 biasa buka mulai dari pukul 3 sore hingga 10 malam.

Nah, itulah tadi beberapa 10 rekomendasi makanan khas Salatiga yang lezat dan wajib kamu coba jika sedang berada di Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata salatiga    #salatiga    #travel    #tempat wisata    #kuliner salatiga    #jawa tengah   

Baca Juga