Makanan khas Samarinda, foto: GenPi.com

10 Makanan Khas Samarinda Kalimantan Timur yang Lezat dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 13-06-2022

PARBOABOA, Samarinda - Samarinda merupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur yang juga merupakan kota terbesar di Kalimantan.

Selain menyimpan beragam objek wisata yang sayang untuk dilewatkan Samarinda juga memiliki beragam makanan khas nan lezat.

Anda pasti penasaran kan makanan seperti apa saja yang ditawarkan Samarinda?

Nah, dibawah ini Parboaboa akan memberikan Anda beberapa rekomendasi makanan khas Samarinda terlezat yang wajib untuk dicoba. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Ayam Cincane

Makanan khas daerah Samarinda adalah Ayam Cicane. Ini hanyalah olahan daging ayam biasa yang diberi bumbu khusus ala orang Kalimantan Timur.

Sekilas bentuknya tidak jauh berbeda dengan kuliner ayam nusantara lainnya. Hanya saja saat lidah mencecap maka akan terasa kemiri, jahe dan lengkuas yang bikin ajib.

Bumbunya yang sangat lezat, membuat ayam ini cocok untuk pendamping nasi hangat. Biasanya, jenis ayam yang digunakan untuk olahan ini adalah ayam kampung, namun ada juga yang membuat dengan ayam potong bias

2. Nasi Kuning Samarinda

Indonesia memiliki beberapa jenis nasi kuning khas yang terkenal, salah satunya adalah nasi kuning Samarinda.

Saking populernya nasi kuning di kalangan warga Samarinda, terdapat satu daerah khusus yang diberi nama Kampung Nasi Kuning, lho.

Berbeda dari nasi kuning pada umumnya yang berlauk telur atau ayam, nasi kuning ini menggunakan ikan gabus masak merah sebagai lauk utamanya.

Aroma santan gurih dan rempah dipadu sayur segar mentimun dan tomat dijamin membuatmu ketagihan setiap berkunjung ke sini.

2. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor merupakan hidangan warisan dari Kerajaan Kutai Kartanegara.

Dulunya, nasi ini hanya dihidangkan untuk anggota keluarga kerajaan saja. Namun, kini Nasi Bekepor bisa disantap oleh siapa saja dan bisa ditemukan di Samarinda.

Sekilas makanan khas Samarinda ini mirip dengan nasi uduk atau nasi liwet dari Jawa. Nasi Bekepor berisi nasi putih, lauk pauk seperti ikan asin atau telur, sayuran, minyak sayur, dan taburan rempah. Nasi ini juga kerap disajikan bersama sambal raja khas Kalimantan Timur.

3. Bubur Pedas

Bubur Pedas merupakan kuliner khas Melayu yang tersebar di wilayah Kalimantan. Bubur pedas sangat terkenal di wilayah Kalimantan Barat.

Namun, Samarinda juga memiliki olahan bubur pedas yang tak kalah istimewa.

Bubur pedas khas Samarinda terbuat dari beras yang disangrai bersama kelapa parut. Beras kemudian ditumbuk dan diolah menjadi bubur.

Bubur kemudian ditambahkan daging dan sayuran seperti kangkung, kacang panjang, Pakis, ubi merah dan daun kesum.

Daun kesum dengan aroma kuat dan rasa sedikit asam inilah yang memberikan cita rasa bubur jadi lebih unik dan berbeda.

4. Sate Payau

Tak hanya nasi kuning, Indonesia memiliki aneka sate yang berbeda-beda tergantung daerahnya. Salah satu sate yang dimiliki oleh Indonesia adalah sate payau.

Sate payau adalah makanan khas Samarinda Kalimantan Timur yang dibuat dari bahan dasar daging payau (rusa).

Rasa dari sate payau terasa lebih empuk jika dibandingkan dengan daging ayam dan sapi sehingga menghasilkan sensasi unik saat disantap.

Berhubung rusa dilindungi, saat ini sate payau dibuat dengan bahan dasar daging bekicot yang punya tekstur tak jauh berbeda.

5. Keminting

Panganan memang yang paling banyak dijadikan sebagai oleh-oleh suatu daerah. Karena setiap makanan akan memiliki cita rasa khas yang membuatnya berbeda.

Nah, Keminting ini merupakan makanan khas Samarinda buat oleh oleh yang paling favorit.

Dalam bahasa Daerah Samarinda sendiri, Keminting berarti kemiri. Jika melihat namanya, bentuk dari kue satu ini memang mirip dengan kemiri.

Untuk bahannya dibuat dari tepung sagu, terigu, kanji, santan dan gula jawa. Sehingga sudah bisa dipastikan bila rasanya manis dan ada sedikit rasa gurih dari santannya.

Ditambah dengan teksturnya yang renyah membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan. Untuk pengolahannya sendiri, kue keminting di panggang sehingga rasanya semakin khas.

Untuk mendapatkan makanan khas Samarinda satu ini tidaklah sulit, karena sudah banyak pusat oleh-oleh yang menyediakannya. Apalagi harganya terbilang murah, mulai dari Rp. 20 ribuan saja.

6. Gula Gait

Apakah Anda pecinta makanan manis? Jika iya maka Anda akan menyukai makanan khas Samarinda berikut.

Seperti namanya, Gula Gait merupakan makanan manis yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Dibuat dari gula putih dan gula aren, yang dalam pengolahannya membutuhkan proses pengolahan yang begitu panjang.

Karena gula ini harus lebih dahulu dipanaskan agar gula menjadi mengental dan juga teksturnya berubah.

Barulah ketika teksturnya berubah bisa dibentuk menjadi Gula Gait. Adonan ini akan dipotong sehingga bentuknya mirip dengan batang kayu yang pipih. Proses pemotongan inilah yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

7. Lempok Durian

Nah bagi Anda pecinta durian tentu saja Anda juga bisa menikmati atau juga menjadikan makanan khas samarinda yang satu ini sebagai oleh- oleh untuk sanak keluarga Anda. Makanan tersebut adalah lempok durian atau juga dikenal dengan dodol durian.

Sesuai dengan namanya dimana makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku berupa durian yang masih segar.

Anda bisa menikmatinya dengan secangkir kopi atau teh hangat disore hari. Makanan yang satu ini juga memiliki ketahanan yang lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh- oleh.

8. Gence Ruan

Makanan khas Samarinda yang berikutnya ini terbuat dari ikan gabus atau ikan haruan. Sekilas bentuknya mirip dengan mangut lele yang sudah sering ada di beberapa rumah makan.

Gence merupakan nama olahan masakan dengan bumbu khas Kalimantan Timur. Biasanya ada rasa pedas, asam dan manis yang cukup dominan.

Sesuai dengan lidah orang Kalimantan Timur yang suka dengan aneka rasa tersebut, tentu makanan ini juga cocok bagi Anda pecinta masakan nusantara.

Ikan gabus juga sangat banyak di daerah Kalimantan Timur sehingga banyak yang memanfaatkannya menjadi masakan yang sangat beragam.

9. Sayur Asam Kutai

Biasanya sayur asam itu khas dengan aneka sayuran yang beradu jadi satu. Namun sayur asam yang satu cukup berbeda karena ada tambahan ikan gabus dalam masakan.

Kemudian sayur yang menjadi isian sayur ini biasanya kangkung, talas dan jantung pisang batu. Perpaduan yang sangat luar biasa ini menjadi sajian hangat untuk menu makan siang.

Makanan khas Samarinda ini cocok dijadikan teman makan nasi putih dan kerupuk. Terlebih lagi makan saat perut sedang lapar kemudian ada tambahan sambal. Tentu akan sangat menggoda.

10. Sup Ikan Akmal

Embel-embel nama Akmal ternyata merujuk pada nama sebuah restoran legendaris di Samarinda. Restoran ini juga sering jadi rujukan bagi turis yang berkunjung ke kota ini.

Bagi Anda yang sedang ingin makanan berkuah patut mencicipi kuliner asli Samarinda yang satu ini.

Berbahan dasar ikan patin, Sup Ikan Akmal diolah menggunakan bumbu-bumbu khas dengan sensasi rasa asam pedas yang nikmat.

Santapan pertamanya akan memberikan Anda sensasi segar yang menggugah selera dan membuat ketagihan.

Sajian makanan khas Samarinda ini paling cocok dinikmati bersama nasi hangat dan es teh manis.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Samarinda yang bisa kamu cicipi jika berkunjung kesini. Happy holiday!

Tag : #wisata samarinda    #samarinda    #tempat wisata    #travel    #kalimantan timur    #makanan khas samarinda   

Baca Juga