Makanan khas Semarang: Lumpia

Makanan Khas Semarang yang Enak dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 03-03-2022

PARBOABOA, Semarang - Semarang, sebuah kota yang menjadi ibukota dari provinsi Jawa Tengah ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Mulai dari tempat wisata dan makanan khas Semarang cukup banyak diingat masyarakat luas.

Semarang sendiri terletak di pantai utara yang menjadi penghubung langsung antara Jakarta-Surabaya. Semarang masuk kedalam 5 kota metropolitan terbesar setelah, Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Salah satu landmark khas dari kota Semarang yang kita tahu adalah Lawang Sewu. Ya, Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah di Indonesia yang didirikan Belanda pada tahun 1904.

Masyarakat Semarang menyebut bangunan itu sebagai Lawang Sewu, karena bangunan itu memiliki banyak sekali pintu, walaupun jika ditotal tidak sampai seribu pintu.

Sebagian orang mungkin mengira bahwa makanan khas Semarang adalah wingko, soto, dan bandeng presto yang cukup populer sebagai pilihan jika singgah ke Semarang.

Namun, bukan hanya itu saja loh. Masih banyak lagi makanan khas Semarang yang rasanya enak dan bisa kita cicipi.

Penasaran apa saja? Berikut Parboaboa siapkan rekomendasi makanan khas Kota Semarang yang enak dan bikin nagih.

1. Mangut Kepala Manyung

Mangut Kepala Manyung menjadi alternatif makanan khas semarang. Makanan ini sendiri terdiri dari kepala ikan manyung, daging ikan manyung, santan, cabe dan juga tomat.

Dengan rasa yang gurih dan sedap makanan ini menjadi favorit ketika disemarang, banyak para wisatawan yang mencobanya.

2. Lumpia Semarang

Belum ke Semarang kalau belum mencicipi oleh-oleh khas Semarang, yaitu Lumpia. Lumpia merupakan camilan goreng yang dibalut kulit lumpia dari tepung beras yang berisi rebung, telur orak-arik, dan irisan ayam atau udang. Teksturnya crispy di luar dan lembut di dalam.

Disajikan dengan saus atau cabai yang menambah rasa dan nikmat. Ada beberapa lumpia legendaris seperti Lumpia Cik Me Me, Lumpia Mbak Lien, dan lain-lain. Lumpia juga dapat ditemui hampir di semua tempat makan maupun pedagang kaki lima.

3. Sarang Madu

Sarang madu merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan campuran santan yang digoreng mirip sarang burung, lalu di atasnya diberikan gula merah kental serupa madu. Rasanya gurih dan manis.

4. Tumpi

Tumpi merupakan salah satu makanan khas Semarang semacam gorengan yang kacangnya menggunakan kacang hijau dan sangat familiar bagi warga Kota Pelabuhan itu.

5. Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan masakan khas Semarang yang terbuat dari tahu goreng, sayuran, dan bakwan udang.

Sajian ini ditambahkan juga dengan kuah kacang yang terbuat dari kacang goreng tumbuk kasar. Ada potongan lontong yang juga disajikan di sepiring tahu gimbal, bikin masakan ini jadi makin mengenyangkan.

6. Wingko Babat

Wingko Babat merupakan makanan khas dari Semarang yang terbuat dari kelapa muda dan gula, yang memiliki rasa gurih, manis, dan khas. Wingko memiliki tekstur padat karena dibuat dari tepung beras atau ketan, gula, dan kelapa muda.

7. Bandeng Presto

Semarang juga dikenal sebagai kota pesisir sehingga banyak hidangannya yang memanfaatkan ikan sebagai bahan utama seperti Bandeng Presto.

Bandeng Presto pertama kali diperkenalkan oleh Hanna Budimulya pada tahun 1977 dan menjadi salah satu makanan khas Semarang oleh-oleh yang terkenal.

8. Tahu Pong

Tahu Pong atau tahu kopong adalah kuliner khas Semarang. Tahu Pong merupakan tahu goreng yang tidak berisi atau isinya hanya bagian tipis tahu. Rasa tahu pong ini gurih dan krispi. Tahu Pong disajikan bersama bumbu kecap, bumbu petis, dan acar mentimun.

9. Soto Semarang

Semarang juga memiliki versi soto sendiri yang berbeda dengan soto dari daerah lain yang dikenal sebagai Soto Semarang. Masyarakat sekitar juga sering menyebut soto ini dengan sebutan Soto Angkring karena pada awalnya dijual di angkringan.

Soto Semarang ini memiliki kuah yang lebih bening kecoklatan bila dibandingkan dengan soto kudus. Selain itu isian seperti bawang merah goreng, bihun, tauge, tomat, dan perkedel menjadi ciri khas dari Soto Semarang ini.

10. Mochi

Makanan khas dari Semarang yang satu ini biasanya banyak diburu oleh wisatawan untuk oleh-oleh.

Mochi merupakan kue kecil yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan di dalamnya di beri isian seperti kacang hijau, gula merah, dan coklat.

Mochi dimasak dengan cara dikukus dan sehingga dapat tahan lama sekitar 7 hari. Yang khas dari mochi semarang adalah rasanya yang khas karena diberi taburan wijen dan gula halus yang menambah rasa manis yang pas.

Selain itu, mochi memiliki banyak varian rasa lain seperti durian, nangka, dan lainnya. Kue mochi dijual per boks dengan harga mulai dari Rp 8.000 yang berisi 10 kue.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Semarang yang enak dan bisa kamu coba saat berkunjung kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata semarang    #semarang    #tempat wisata    #makanan khas    #kuliner semarang   

Baca Juga