Makanan khas Sibolga, fotoa: Sarihusada

10 Makanan Khas Sibolga yang Lezat dan Legendaris

Wanovy | Travel | 02-06-2022

PARBOABOA, Sibolga - Kota Sibolga yang letaknya di pantai barat wilayah Pulau Sumatra merupakan kotamadya di Sumatra Utara sejak tahun 1998.

Dari Ibu kota Provinsi Sumatra Utara berjarak sekitar 350 km, atau sekitar 8 jam melalui perjalanan darat. Beragam destinasi wisata tersaji di Sibolga, meliputi Pantai Pandan, Pulau Pasir Putih, Pulau Putri dan lain sebagainya.

Hampir sebagian besar objek wisatanya menawarkan pemandangan alam yang indah dengan gradasi warna yang cantik.

Karena wilayah Sibolga membujur di sepanjang pantai dari wilayah utara hingga selatan maka objek wisata pantai dan pulau sangat mendominasi.

Setiap wisatawan yang berkunjung untuk berwisata pasti mencari oleh-oleh yang bisa dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga, kawan atau rekan kerja.

Sibolga tidak hanya kaya dengan wisata yang menawan, tapi juga memberikan banyak pilihan oleh-oleh daerah yang menarik.

Berikut ini deretan makanan khas Sibolga paling populer yang bisa Anda pilih.

1. Ikan Panggang Paccak

Ikan Panggang Paccak menjadi makanan khas Sibolga yang menjadi favorit dan sudah banyak dikenal masyarakat luas terutama di Sumatera Utara.

Sajian ikan panggang ini disebut paccak yang berarti tepuk, di mana prosesnya ditepuk-tepuk saat proses pemanganggan, dengan batang serai.

Serta bumbu racikan untuk ikan panggang ini diberi saat proses penepukan yang membuatnya berbeda dari ikan bakar pada umumnya.

Sementara rasa makanan ini tentunya berbeda dibandingkan dengan ikan bakar pada umumnya, yang mana karena ditepuk dengan serai membuat adanya sensasi wangi dari serai.

Selain itu bumbu yang ditaburkan pada tubuh ikan juga sangat banyak sehingga rasanya begitu kuat dan nikmat pastinya.

2. Nasi Tue

Salah satu makanan khas Sibolga yang cukup populer menarik untuk dicoba adalah Nasi Tue.

Kuliner yang satu ini menggunakan ketan sebagai bahan utamanya. Nasi Tue memiliki tampilan nasi yang di bentuk menyerupai bola kemudian disiram dengan menggunakan kuah dengan cita rasa manis dan dicampur durian. Terbayang akan kelezatannya?

Bagi pecinta buah durian, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan saat datang ke Sibolga.

Anda akan dimanjakan dengan sensasi manis, gurih, dan juga legit di mulut. Sajian yang satu ini juga biasa dihidangkan sebagai penutup saat acara makan bersama atau dihidangkan pada acara seperti hajatan maupun pernikahan.

3. Pale Badar

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Sibolga yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pale badar.

Paling memiliki arti pepes sedangkan badar memiliki arti teri. Kuliner yang satu ini merupakan olahan pepes teri yang dikenal dan populer di Sibolga.

Pale badar menawarkan cita rasa lezat karena dibuat dengan berbagai tambahan bumbu seperti jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, cabai, dan lengkuas.

Kuliner yang satu ini juga diberi tambahan kelapa parut dan daun singkong untuk menambah cita rasa lezat. Pale badar dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

4. Panggang Geleng

Berikutnya makanan khas Sibolga yang tak kalah lezatnya, yaitu Panggang Geleng.

Makanan ini bukan diolah dengan dipanggang, namun digoreng. Bahan dasarnya dari ikan gambolo atau ikan kembung, kentang, dan telur.

Ikan kembung yang telah dibersihkan pada bagian perutnya, lalu diisi tumbukan kentang. Goreng ikan kembung yang dibalut dengan kocokan telur pada minyak panas. Sajikan bersama nasi hangat, sambal, dan lalapan.

5. Kerupuk Sambal Singkong

Kerupuk sambal singkong dikenal sebagai makanan khas Sibolga. Anda bisa menemukan pusat pengolahan kerupuk sambal ini di kawasan Gang kerupuk Sambal.

Bahan utama kerupuk sambal adalah ubi kayu atau singkong kertas berukuran besar. Irisan tipis singkong dicampur dengan minyak sayur kemudian digoreng.

Sambal terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan cabe merah yang ditumis. Masukkan keripik singkong dan aduk merata.

Kerupuk sambal ini juga bisa menjadi lauk yang disantap bersama nasi hangat.

6. Mie Gomak

Makanan khas Sibolga ini disukai oleh banyak orang, utamanya di pesisir Sibolga. Mie gomak yang berbahan dasar tepung terigu ini disebut sebagai mie kuning atau mie lidi.

Mie gomak dimasak bersama telur, tomat, kol, daun bawang, dan bumbu halus rempah yang menggugah selera.

7. Lompong Sagu

Makanan berikutnya yang merupakan salah satu makanan khas Sibolga adalah Lompong Sagu.

Lompong sagu ini adalah sejenis makanan kue yang sangat favorit di masyarakat, terutama pada masyarakat sibolga.

Sesuai seperti namanya,Makanan Lompong sagu ini terbuat dengan bahan dasar dari sagu. Selain itu, lombong sagu juga menggunakan bahan dasar yaitu buah pisang secukupnya.

Kue lompong sagu ini pada umumnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan cara masaknya yaitu dengan cara dibakar dengan menggunakan api sedang.

Nah, untuk Bahan yang biasa digunakan dalam membuat lompong sagu ini antara lain seperti gula aren atau gula merah, garam, gula pasir, air, serta parutan kelapa.

8. Sambal Andaliman Sibolga

Bagi kalian yang suka dengan cita rasa pedas atau pecinta rasa pedas jangan lewatkan salah satu makanan khas Sibolga, yap betul sekali itu adalah Sambal Andaliman Sibolga.

Sebuah perpaduan yang sempurna dari rasa pedas dan sedapnya yang terdapat di dalam sambal membuat siapapun tidak bisa berhenti makan setelah mencoba sambal ini.

Sambal ini juga harganya tergolong cukup ramah dikantong loh, dengan menggunakan kemasan yang higienis, sambal ini bisa menjadi pilihan untuk dibagikan kepada keluarga tercinta di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat sambal ini antara lain bawang putih, bawang merah, minyak goreng, cabai, andaliman, kemiri, garam,dan jeruk nipis.

9. Ikan Panggang Geleng

Makanan khas kota Sibolga yang selanjutnya yaitu ikan panggang geleng yang terbuat dari ikan kembung.

Saat mendengar namanya, mungkin Anda mengira bahwa proses penyajiannya harus dipanggang terlebih dahulu. Namun nyatanya, ikan ini sama sekali tidak melalui proses pemanggangan.

Melainkan hanya dimasak menggunakan minyak goreng. Namun sebelumnya ikan kembung ini harus dibersihkan terlebih dahulu kotorannya lalu keluarkan pula bagian tulangnya.

Tahap selanjutnya yaitu daging ikan diambil dan dicampur dengan kentang goreng lalu ditumbuk hingga halus bersamaan dengan bumbu pilihan lainnya.

10. Ebi Udang Kering

Apakah Anda penggemar jenis udang kering? Jika iya, Anda wajib mencicipi ebi udang kering khas Sibolga.

Berbagai ukuran pun ditawarkan untuk memenuhi keinginan pembeli yang ingin merasakan gurihnya ebi udang kering.

Harga yang diberikan pun sangat terjangkau, namun tetap tergantung pula dari berat dan kelas yang ditawarkan.

Ebi atau udang kering ini bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, alhasil Anda bisa memasaknya kapan saja dan sesuai keinginan.

Beberapa olahan yang bisa dibuat antara lain yakni sambal ebi tomat, sambal ebi terong, dan beberapa macam jenis sambal lainnya. tentu olahan sambal tersebut sangat cocok untuk Anda yang senang dengan beragam jenis sambal yang sedap.

Itulah tadi beberapa makanan khas Sibolga yang bisa Anda coba cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Happy Holiday!

Tag : #wisata sibolga    #sibolga    #travel    #makanan khas sibolga    #tempat wisata    #kuliner sibolga   

Baca Juga