Makanan khas Sintang, foto: Suara Kalbar

10 Makanan Khas Sintang Kalbar yang Unik dan Lezat

Wanovy | Travel | 23-11-2022

PARBOABOA, Sintang – Selain kaya akan wisatanya, Sintang juga terkenal menyuguhkan berbagai makanan lezat yang unik.

Kelezatan rasa tiada duanya, berhasil membuat para pelancong jatuh cinta. Inilah deretan makanan khas Sintang yang layak Anda coba saat berkunjung.

Indonesia terkenal dengan aneka kuliner khasnya yang memiliki cita rasa unik sehingga wajib dicicipi, begitu pula dengan makanan khas Sintang.

Oleh sebab itu, jangan lewatkan kesempatan emas untuk bisa mencicipi kelezatannya secara langsung selagi bertandang kesana.

Berikut adalah daftar makanan khas daerah Sintang yang mampu menggugah selera.

1. Talas Asen

Mungkin makanan khas Sintang satu ini masih terdengar asing di telinga banyak orang. Namun, talas asen menjanjikan rasa yang bikin ketagihan.

Kudapan berbentuk stik ini terbuat dari berbagai bahan alami dengan bahan baku berupa ubi talas. Cemilan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh apabila Anda berkunjung ke Kabupaten Sintang.

Pengkang Pengkang merupakan makanan tradisional berbahan ketan dengan isi udang ebi yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Proses masak selanjutnya, pengkang dijepit menggunakan bambu lalu dibakar dengan bara dari batok kelapa.

Pengkang kerap diisajikan dengan sambal kerang untuk menambah kenikmmatan kuliner ini.

2. Bubur Pedas

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk lalu dioseng. Bubur pedas kaya rempah dan sayuran.

Sebagai campuran, ada beragam sayuran dalam menu kuliner ini, yaitu kangkung, pakis, maupun daun kesum.

Bubur pedas disajikan dengan kacang goreng dan teri goreng yang menambah kenikmatan makanan yang dinilai penuh gizi ini.

Meskipun namanya bubur pedas, makanan orang Melayu Sambas ini memiliki cita rasa gurih dan segar. Anda baru merasakan cita rasa pedas, jikan makanan ini diberi sambal.

3. Kerupuk basah atau temet

Kerupuk basah merupakan panganan berbahan dasar ikan khas Kota Putussibau, ibu kota Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Sekilas bentuknya seperti empek-empek Palembang, namun kerupuk basah memiliki bentuk temet, lonjong memanjang yang panjangnya berkisar 15 sampai 25 sentimeter dengan diameter sekitar 2 sampai 3 sentimeter.

Makanan khas Sintang yang biasanya disantap dengan dua jenis sambal ini sangat mudah ditemukan di Pontianak.

4. Bubur ikan

Bubur ikan merupakan nasi yang dicampur dengan sup ikan bening dalam satu mangkuk. Hidangan ini paling cocok disantap saat cuaca sejuk dengan kucuran lemon cui dan irisan cabai rawit.

5. Kiam ko kwe

Kiam ko kwe terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus lalu diberi taburan ayam cincang.

Sekilas makanan khas Sintang ini seperti talam dengan cita rasa gurih, namun bentuk kuenya dicetak dalam loyang besar dan dipotong kotak kecil.

6. Kue kantong semar

Kue kantong semar berbahan dasar beras pulut dan kacang merah yang dikukus dalam bungkusan tanaman kantong semar.

Penggunaan kantong semar untuk kue ini menjadi keunikan kuliner Pontianak. Kue kantong semmar berasal dari pesisir dan pedalaman Kalimantan Barat.

7. Makaroni Khas Sintang

Gemar mengkonsumsi makanan gurih dan membuat ketagihan ? Sepertinya membeli makaroni khas Sintang sangat direkomendasikan bagi Anda.

Meski proses pembuatannya hampir serupa dengan cemilan makaroni di daerah lainnya, namun cita rasa yang disuguhkan berhasil membuat Anda tertarik mencicipinya tiada henti.

Pasalnya makaroni ini tidak hanya menyajikan rasa gurih semata. Namun Anda juga bisa merasakan perpaduan rasa manis dan gurih pedas yang berhasil menarik perhatian. Berkat kelezatan rasanya inilah, makaroni khas Sintang selalu laris manis di pasaran karena diburu oleh warga lokal maupun para pelancong yang datang berkunjung.

8. Kue lapis salju

Diberi nama lapis salju karena kue ini memiliki tekstur yang begitu lembut ketika masuk ke dalam mulut.

Warnanya pun sangat menarik membuat wisatawan tak sabar untuk segera memborong dan menyantapnya.

Terdapat dua varian kue lapis salju yang bisa kamu pilih, yaitu kue lapis salju original dan kue lapis salju pandan.

9. Kerupuk Kulit Ikan Basah

Umumnya kerupuk memiliki cita rasa gurih dan lezat yang berhasil membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya.

Namun kerupuk kulit ikan basah sedikit berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Pasalnya kerupuk satu ini terbuat dari kulit ikan hasil tangkapan nelayan sekitar yang kemudian dicampurkan dengan aneka rempah agar semakin nikmat.

Siapapun yang mengantap kerupuk kulit ikan basah tidak hanya mendapatkan kelezatannya semata, namun juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Sebab daging ikan mengandung sejumlah vitamin dan gizi baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh, tidak perlu heran jika kuliner satu ini begitu laris manis di pasaran.

10. Kolam Selai Asam Maram

Ketika pertama kali mendengar namanya, mungkin Anda sudah bisa membayangkan kelezatan rasa dari jajanan yang disiram dengan selai asam maram terasa luber di dalam mulut.

Tampaknya bayangan Anda tidaklah salah, pasalnya kue khas dari Sintang ini memang begitu nikmat karena melimpahnya selai asam maram yang menghiasi bagian tengah kuenya.

Melimpahnya selai inilah yang justru menjadi daya tarik utamanya. Kelezatan selai yang tiada bandingannya ini terasa pas jika dipadukan dengan pinggirannya yang gurih namun juga lezat.

Perpaduan dua tekstur berbeda berhasil melahirkan sebuah rasa yang tidak akan pernah terlupakan sejak gigitan pertama. Tentu saja Anda dibuat ketagihan ketika sudah mengetahui rasanya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Sintang Kalimantan Barat yang lezat dan unik. Selamat menikmati!

Tag : #wisata sintang    #sintang    #travel    #tempat wisata    #kuliner sintang    #kalimantan barat   

Baca Juga