Makanan khas Subang, foto: GoFood

10 Makanan Khas Subang Paling Enak dan Wajib Dicicipi

Wanovy | Travel | 24-08-2022

PARBOABOA - Jika kamu sedang berwisata di Kota Subang, jangan lupa untuk berwisata kuliner. Di sana terdapat beraneka ragam makanan khas Subang dengan cita rasa yang lezat.

Cita rasa kuliner yang tersedia di Subang, dijamin akan membuatmu ketagihan. Tak heran, banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi kota ini untuk berwisata kuliner.

Dengan beragam pesona tempat wisata yang ditawarkan, tidak heran banyak wisatawan mengunjungi Subang khusus untuk melakukan wisata kuliner.

Kabupaten Subang cukup lengkap memberikan banyak makanan khas yang unik dan tentunya memiliki cita rasa lezat.

Kamu akan menemukan banyak jenis hidangan yang berbeda dari kota-kota lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut rekomendasi makanan khas Subang yang bisa kamu coba.

1. Nasi Timbel

Nasi timbel sebenarnya merupakan kuliner khas pasundan. Nasi berbungkus daun pisang ini ada di berbagai daerah di Jawa Barat.

Namun ternyata, nasi timbel memang paling populer di Subang. Ketika berada di kota Subang, nasi timbel dengan mudah ditemui.

Ratusan penjual nasi timbel mulai dari rumah makan hingga pedagang-pedagang gerobak di pinggir jalan dengan mudah dapat ditemui di kota Subang, sehingga mungkin pantas berjuluk kota Timbel.

Warga asli Subang yang terbiasa makan nasi timbel kadang suka bingung kalau berkunjung keluar kota karena biasanya sulit mencari tukang timbel, tak semudah di Subang.

2. Sup ikan

Kabupaten Subang memang terkenal dengan produksi ikan air tawarnya yang melimpah. Ikan air tawar yang dihasilkan di Subang dikenal memiliki cita rasa yang baik jika di masak.

Salah satu makanan khas Subang yang berasal dari olahan ikan yang patut di coba jika berkunjung ke Subang adalah Sup ikan. Meski tak banyak yang menjualnya, kuliner ini sudah menjadi menu andalan di beberapa Rumah Makan.

Potongan ikan segar dengan bumbu rempah yang pedas dan gurih menggugah selera disajikan dalam konsisi masih panas.

Biasanya ikan gurame menjadi favorit dijadikan sup ikan. rumah makan yang menyajikan sup ikan diantaranya Sangkuriang dan Abah di Cijambe.

3. Peuyeum Ketan

Makanan khas Subang berikutnya yang menjadi ciri khas dari Kota ini adalah peuyeum. Peuyeum adalah sebutan dari bahasa sunda, sedangkan artinya dalam bahasa Indonesia adalah tape ketan.

Makanan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan beras ketan dimana kemudian dikemas dengan rapi menggunakan daun. Sehingga makanan ini bisa lebih enak dibawa kemana saja.

Biasanya orang-orang memakan peuyeum ketan ini dengan tambahan es campur atau minuman lainnya.

Hal tersebut menambah cita rasa dari peuyeum lebih nikmat. Terlebih apabila dimakan bersama-sama saat sedang berbincang bersama keluarga maupun teman.

Cita rasanya yang manis asam, membuat banyak orang tidak pernah bosan untuk mengkonsumsinya.

4. Nasi Liwet khas Subang

Makanan khas Subang selanjutnya adalah nasi liwet Subang. Nasi liwetnya diberi ikan teri yang gurih dan aneka lauk pauk di atasnya.

Mulai dari telur, tempe, tahu, ikan teri, lalapan, dan sambal yang pedas. Kebayang kan kelezatannya?

Rugi deh kalau kamu tidak mencicipinya. Menu ini dapat kamu temukan di banyak restoran atau tempat makan di Subang.

7. Bubuy Ayam Mak Atik

Bubuy ayam Subang adalah makanan khas Subang berupa olahan ayam dengan bumbu khas warisan turun temurun.

Cara Makanan ini mirip dengan pepes, hanya saja makanan ini dimasak dengan bara abu selama 5 jam. Hasilnya ayam akan empuk dan bumbu meresap.

Bubuy ayam Subang yang paling populer adalah D’Bubuy Ayam Ma’Atik. Kamu wajib banget mencicipi menu olahan ini jika sedang berkunjung ke Subang.

8. Abon Jantung Pisang

Seperti yang diketahui biasanya bahan utama pembuatan abon adalah adalah daging sapi, ayam atau ikan.

Berbeda dengan abon-abon pada umumnya, Abon yang cukup terkenal di kabupaten Subang adalah Abon jantung Pisang. Sesuai dengan namanya, jenis Abon ini terbuat dari bahan utama jantung pisang.

Bagaimana dengan rasanya? Tidak kalah dengan abon-abon pada umumnya, Abon Jantung Pisang ini juga memiliki rasa yang gurih dan enak. Oleh karena itu jangan sia-sia kesempatan kamu untuk berburu makanan yang satu ini.

9. Dodol Nanas

Berbicara mengenai Kota Subang, tentu tidak akan jauh dari olahan nanas simadunya. Subang terkenal sebagai salah satu kota penghasil nanas terbesar di Indonesia, tidak heran apabila kamu menemukan banyak olahan makanan dari nanas.

Salah satu yang paling populer adalah dodol nanas. Dodol menjadi salah satu makanan identik dari suku Sunda.

Sehingga dodol nanas ini menjadi primadona jajanan khas dari Subang. Dengan cita rasanya yang manis dan legit membuat banyak pengunjung kota Subang membelinya dalam jumlah banyak sebagai camilan di jalan maupun oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Pembuatan dari dodol nanas ini dicampurkan dengan bahan tambahan tepung ketan serta gula.

10. Oncom Dawuan Subang

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan oncom. Namun, Oncom Dawuan Subang ini memiliki cita rasa yang unik dan cukup terkenal.

Makanan khas Subang ini masih diolah dengan cara tradisional dan tanpa menggunakan bahan kimia apapun.

Selain itu, oncom ini terbuat dari kacang tanah pilihan asli Subang dan diolah di atas tungku api tradisional. Jika kamu sedang berkunjung ke Subang, jangan sampai lupa membeli Oncom Dawuan, ya.

Tag : #wisata subang    #subang    #tempat wisata    #travel    #jawa barat    #kuliner subang   

Baca Juga