Malam Misa Natal, Arus Lalu Lintas Sekitar Gereja Katedral Jakarta Terpantau Ramai Lancar

Suasana di depan Gereja Katedral Jakarta, seusai para jemaat selesai melaksanakan Misa Natal, Sabtu (24/12/2022). (Foto: Parboaboa/Rendi Ilhami)

PARBOABOA, Jakarta - Arus lalu lintas di depan Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, terpantau ramai lancar, kemacetan hanya terjadi pada saat para peserta jemaat hendak menyebrang ke halte Trans Jakarta dan mengambil kendaraannya yang terparkir di Masjid Istiqlal seusai menghadiri Misa Natal di Gereja Katedral, Sabtu (24/12/2022).

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kecamatan Sawah Besar Dani, mengatakan bahwa arus lalu lintas di depan Gereja Katedral dapat terurai dengan baik karena jalan di sekitar gereja diberlakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Arus lalu lintasnya masih ramai lancar. Masih dapat terurai dengan baik, karena adanya aktivitas disini kita juga melakukan beberapa pengalihan arus lalu lintas untuk menghindari hal yang terlalu macet disini,” ucap Dani pada Parboaboa, Sabtu (24/12/2022).

Lebih lanjut, kata Dani, ramainya lalu lintas terjadi sejak para jemaat melaksanakan Misa pertama sekitar pukul 16.30 WIB. 

“Sejak Misa pertama ya (16.30) itu udah mulai banyak aktivitas disini,” kata Dani.

Diberitakan sebelumnya, Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus kendaraan di sekitar gereja pada saat pelaksanaan Misa Natal pada Sabtu (24/12/2022). 

Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, rekayasa lalu lintas itu diterapkan di sekitar gereja demi memudahkan umat Kristiani untuk beribadah.

“Untuk nanti malam, kita sudah fokus ke tempat ibadah. Untuk jalur di sekitar tempat ibadah mungkin beberapa wilayah dilakukan rekayasa lalu lintas,” kata Aan di gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (24/12/2022).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan sebanyak 166.322 personel yang mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Jumlah personel itu akan terbagi dalam tiga pos, yakni pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

“Operasi Lilin 2022 terdiri atas total personel 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan, dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan,” kata Listyo kepada wartawan, Kamis (22/12/2022).

Dari pantauan Parboaboa, pengamanan Misa Natal di Gereja Katedral melibatkan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Selain itu, tim Gegana juga disiagakan guna mengantisipasi hal yang dapat mengancam keamanan.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS