Manchester United resmikan Erik ten Hag sebagai pelatih baru (Foto: Instagram/@manchesterunited)

Manchester United Resmi Umumkan Erik Ten Hag Sebagai Pelatih Baru

Michael | Sepakbola | 21-04-2022

Parboaboa.com – Manchester United resmi mengumumkan Erik ten Hag sebagai pelatih baru mereka, Kamis (21/4) sore WIB. Pengumuman tersebut dirilis melalui situs resmi dan akun media sosial Manchester United.

Manchester United akan mengikat Erik ten Hag dengan kontrak selama tiga tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

“Manchester United dengan senang hati mengumumkan penunjukan Erik ten Hag sebagai pelatih utama, yang tunduk pada persyaratan visa kerja, mulai akhir musim ini hingga Juni 2025, dengan opsi untuk diperpanjang satu tahun lagi,” tulis pernyataan resmi Manchester United.

Pemilihan Erik ten Hag sebagai pengganti Ralf Rangnick di Old Trafford tak lepas dari kesuksesannya bersama Ajax Amsterdam.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Sepak Bola Manchester United, John Murtough.

"Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa, terkenal dengan sepak bola menyerang yang atraktif, dan komitmen timnya terhadap para pemain muda," tutur Murtough. 

"Dalam percakapan kami dengan Erik menjelang penunjukan ini, kami sangat terkesan dengan visi jangka panjangnya untuk mengembalikan Manchester United ke level yang kami inginkan untuk bersaing, dan dorongan serta tekadnya untuk mencapai itu," katanya lagi.

Dengan bergabung Manchester United, Erik ten Hag akan memutus kontrak dengan Ajax yang sebenarnya masih tersisa satu tahun lagi.

Selama melatih Ajax, Erik ten Hag mampu membawa klub tersebut menjuarai Liga Belanda musim 2018-2019 dan 2020-2021.

Dia juga berpeluang meraih gelar serupa musim ini dengan Ajax masih berada di puncak klasemen.

Ten Hag akan langsung bergabung ke Manchester United setelah Liga Belanda musim 2021-2022 berakhir.

Secara total, Ten Hag sukses mempersembahkan 5 gelar juara untuk Ajax sejak didatangkan pada 2017.

Ten Hag sendiri mengaku merasa terhormat dan senang dengan tantangan yang akan dihadapinya di Manchester United.

"Saya tahu sejarah klub hebat ini dan semangat para penggemar, dan saya benar-benar bertekad untuk mengembangkan tim yang mampu memberikan kesuksesan yang pantas mereka dapatkan," ucap Ten Hag.

"Akan sulit untuk meninggalkan Ajax setelah tahun-tahun yang luar biasa ini, dan saya dapat meyakinkan para penggemar kami tentang komitmen penuh saya dan fokus untuk membawa musim ini ke akhir yang sukses sebelum saya pindah ke Manchester United," tuturnya lagi.

Manchester United mendatangkan Erik ten Hag dengan besaran biaya 2 juta Euro. Hal ini diberikan untuk membayar kompensasi sisa kontrak pelatih asal Belanda tersebut di Ajax Amsterdam.

Dalam proposal perekrutan Erik ten Hag menjadi pelatih baru, sang juru taktik juga turut membawa asistennya di Ajax Amsterdam, Mitchell van der Gaag untuk menemaninya menangani Manchester United.

Van der Gaag sendiri berpengalaman melatih beberapa klub Portugal, seperti Belenenses yang sempat ditangani pada 2013.

Erik ten Hag akan menjadi juru taktik Manchester United dalam tur pra-musim untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Ten Hag akan menjalani laga pertama sebagai pelatih baru MU saat melawan Liverpool di Bangkok Juli nanti.
 

Tag : #erik ten hag    #manchester united    #sepakbola    #liga inggris   

Baca Juga