Pengunaan nitogen pada ban memiliki banyak keggunaan.

Manfaat Angin Nitrogen pada Ban, Lebih Awet dan Irit Bensin

Maraden | Otomotif | 23-09-2021

PARBOABOA – Saat ini sudah banyak kita temui fasilitas pengisian angin nitrogen banyak dijumpai di SPBU yang menawarkan jasa pengisian angin ban menggunakan nitrogen.

Meskipun demikian, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu angin hidrogen dan apa pula kegunaanya bagi kendaraan.

Pihak pabrikan mobil maupun motor juga menyarankan penggunaan nitrogen dibandingkan udara biasa pada kendaraan produksi mereka, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Adapun mamfaat penggunaan nitrogen pada ban kendaraan sebagai berikut:

1. Kendaraan Lebih Stabil

Dengan menggunakan nitrogen maka tekanan angin di dalam ban menjadi lebih stabil, hal itu bisa terjadi karena partikel molekul pada nitrogen lebih besar dibandingkan dengan udara biasa yang mengandung oksigen. Molekul yang lebih bear itu membaut udara sulit untuk bisa keluar dari pori-pori ban.

Ketika menggunakan nitrogen juga akan menghindari ban meletus, ini karena nitrogen mempunyai sifat dingin, berbeda dengan udara biasa yang mudah memuai saat suhu sekitarnya naik.

2. Tarikan Lebih Ringan

Bentuk ban akan selalu dalam keadaan maksimal karena penggunaan nitrogen yang memiliki molekul yang besar, padat dan mudah mengisi ruang. Walaupun bentuknya sudah sempurna, namun ban tidak keras, sehingga tarikan akan lebih ringan dan handling pun terasa lebih nyaman karena kondisi ban motor terjaga oleh nitrogen.

3. Lebih Hemat Bahan Bakar

Penggunaan angin nitrogen pada ban juga bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin irit. Itu karena tekanan angin pada ban yang lebih optimal membuat permukaan ban lebih sempurna saat menempel ke jalan. Dengan demikian traksi yang dihasilkan pun lebih tinggi sehingga konsumsi BBM pun menjadi lebih hemat sekitar 3,3 persen.

4. Ban Lebih Awet

Suhu ban yang menggunakan nitrogen lebih rendah dan juga stabil sehingga permukaan dalam ban menjadi lebih awet karena tidak menerima panas yang berlebihan. Selain itu, kandungan 95 persen nitrogen dan 5 persen membaut tidak adanya kandungan air pada ban yang  membuat pemuaian massa.

5. Anti Karat

Karena tanpa menganduang unsur air, penggunaan nitrogen pada ban membuat pelek menjaddi lebih tahan lama. Nitrogen yang tidak mengandung ait akan mengifari korosi dan pengkaratan pada velg.

Berbeda dengan penggunaan angin biasa yang mengandung air yang membikin bagian dalam pelek mudah berkarat misalnya pada saat udara mengeluarkan embun. Karat itulah yang meskipun sedikit tapi bisa merusak pelek.

Tag : #otomotif    #nitrogen    #manfaat nitrogen    #manfaat nitrogen untuk ban    #anti karat    #velg   

Baca Juga