Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan (Dok:Parboaboa.com)

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Sudah Tau?

Ester | Kesehatan | 23-05-2022

PARBOABOA – Tidak hanya sebagai bahan masakan saja, ternyata bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Di bawah ini Parboaboa akan memberikan ulasan mengenai 8 manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Bawang putih adalah jenis umbi-umbian yang termasuk ke dalam keluarga tanaman Amaryllidacea atau amarilis. Bawang putih juga bersaudara dengan kelompok bawang lainnya seperti bawang merah dan daun bawang putih.

Umumnya, masyarakat Indonesia memanfaatkan bawang putih sebagai salah satu bahan masakan. Padahal, manfaat bawang putih lebih dari pelengkap bahan masakan.

Umbi suing asli budidaya Asia Tengah ini memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk dikonsumsi di dalam tubuh. Kandungan dari 100 gram bawang putih antara lain adalah:

  • 4 kalori
  • 1gram karbohidrat
  • 0,2gram protein
  • 0,1gram serat
  • 0,1miligram mangan
  • 0,9miligram vitamin C
  • 5,4miligram kalsium
  • 0,4mikrogram selenium
  • Sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Bawang putih juga memiliki kandungan tambahan lain seperti senyawa sulfur aktif alliin, allyl proply disulfide, dialil disulfida, yang jika dikunyah akan bereaksi membentuk allicin.

Allicin memiliki manfaat antimikroba yang baik untuk pencernaan makanan dan kesehatan manusia. Tidak hanya itu, allicin ini juga mampu melawan infeksi jamur dengan efek antibakteri dan antivirus yang ia miliki. Oleh sebab itu, bawang putih akan semakin baik jika dimakan mentah atau dikunyah secara langsung.

Ada pun manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan adalah:

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol. Bawang putih memang sudah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang dapat mencegah kolesterol tinggi. Bahkan sebuah penelitian Journal of Postgraduate Medicine melaporkan, dengan mengonsumsi 10gram bawang putih mentah dapat menurunkan kolesterol secara drastis dalam dua bulan.

Penelitian tersebut pun diperkuat dengan studi dari India yang meminta 50 orang penderita kolesterol tinggi untuk rutin mengonsumsi bawanwg putih sebanyak 3gram selama 90 hari. Setelah diteliti, ternyata penurun kolesterol yang terjadi bagi setiap penderita kolesterol tadi menurun sebanyak 10-13%.

2. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Tidak hanya membantu untuk menurunkan kolesterol, kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Hal ini sudah didukung dengan penelitian Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences yang menerangkan, efek dari mengonsumsi bawang putih mentah sama dengan efek mengonsumsi obat yang biasa mengurangi tekanan darah atau atenolol.

Untuk mendapatkan manfaat itu, kamu dapat memakan bawang putih mentah dikunyah, diuleg, atau dipotong kecil-kecil. Cara ini tentunya memudahkan kandungan senyawa allicin diserap oleh tubuh.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Di dalam dunia kesehatan, memang bawang putih sudah dikenal sebagai pengobatan alami tambahan yang dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang akhirnya mengacu pada penurunan resiko jantung coroner.

Yang membuat unik adalah, manfaat dari bawang putih ini akan semakin maksimal untuk jantung jika bawang putih dikeringkan. Karena dari beberapa penelitian, ekstrak bawang putih kering dapat mengurangi penumpukan lemak atau plak dalam pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak baru dalam tubuh.

4. Mencegah Kanker

Salah satu penyakit yang umum dialami oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah kanker. Namun saat ini, kamu dapat menurunkan resiko penyakit kanker di dalam diri kamu sendiri dengan rutin mengonsumsi bawang putih.

Lewat penelitian National Center for Biotechnology Information, terdapat beberapa bukti yang menunjukkan kaitan antara dengan mengonsumsi bawang putih rutin dapat menurunkan resiko berbagai macam kanker seperti kanker perut, kanker payudara, kanker kerongkongan, dan lain sebagainya.

5. Menjaga Daya Otak

Tidak hanya Jantung, namun bawang putih juga bermanfaat untuk menjaga daya kemampuan otak. Manfaat ini didukung oleh penelitian yang dilakukan dari beberapa kelompok peneliti di Universitas Missouri. Kelompok tersebut menemukan fakta bahwa turunan dari karbohidrat terdapat di dalam bawang putih.

Turunan ini dikenal dengan FruArg. FruArg dapat melindungi sel-sel aktif yang ada di dalam otak untuk terhindari dari efek penuaan atau penyakit. Tidak hanya itu, kandungan ini juga dapat mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi sel mikroglia di dalam otak saat melawan peradangan.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat bawang putih makan bawang putih mentah selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Di dalam tubuh, bawang putih akan meningkatkan jumlah sel yang dapat melawan virus jahat di dalam aliran tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh dapat aktif.

Manfaat ini pun didukung oleh tim peneliti dari University of Florida dalam jurnal Clinical Nutrition yang menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi gejala penyakit kekebalan tubuh seperti pilek, flu, dan membantu mempercepat proses penyembuhannya.

7. Membantu Mengatasi Jerawat

Bisa dibilang, manfaat bawang putih untuk wanita yang sering digunakan adalah mengatasi jerawat. Tidak hanya wanita, bahkan pria pun kerap memanfaatkan bawang putih untuk mengurangi jerawat di kulit wajah mereka.

Beberapa studi menerangkan bahwa kandungan allicin yang dimiliki oleh bawang putih dapat memberikan sifat antibakteri seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Sifat ini dapat membunuh kuman penyebab jerawat dan membantu meredakan peradangan serta pembengkakan kulit.

8. Memperkuat Tulang

Salah satu kandungan di dalam bawang putih yang baik untuk memperkuat tulang adalah kalsium, vitamin D, dan flavinoidnya. Dari beberapa studi Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics menjelaskan, flavonoid dapat meningkatkan proses pembentukan tulang dan memperlambat proses pengeroposan tulang.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bawang putih dapat mencegah pengeroposan tulang pasa operasi pengangkatan indung telur atau oophorectomy. Kamu juga dapat menambahkan daun bawang karena dari keluarga bawang, keduanyalah yang berperan besar dalam mengambat pengeroposan tulang.

Nah, itulah 8 manfaat utama bawang putih yang baik untuk tubuh. Kesimpulannya, kamu dapat mengonsumsi bawang putih secara rutin untuk membantu menjaga kesehatanmu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Tag : #bawang putih    #manfaat bawang putih    #kesehatan    #kandungan bawang putih   

Baca Juga