Ilustrasi Bermain Basket (Dok. mldspot)

Gemar Bermain Basket? Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan

Juni | Olahraga | 12-08-2022

PARBOABOA – Apakah kamu salah satu orang yang gemar bermain basket? Jika iya, kamu sangat beruntung karena jenis olahraga ini menawarkan banyak manfaat, baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Basket adalah salah satu cabang olahraga yang populer di kancah dunia, selain sepak bola. Bola basket pertama kali diciptakan oleh Dr. James A. Naismith di Amerika Serikat tahun 1891. Sejak saat itu, olahraga basket terus berkembang hingga menjadi bentuk modern seperti sekarang.

Olahraga basket tidak semata-mata untuk mencari kemenangan dan kesenangan, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja itu? yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bermain basket membutuhkan stamina, kecepatan, dan kekuatan. Setiap pemain basket dituntut untuk bisa bergerak cepat dan lincah. Tak heran jika ketahanan otot akan meningkat saat bermain basket. Tah hanya itu, stamina dan performa fisik juga bisa mendapatkan manfaat yang sama jika dilakukan dengan rutin.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Basket merupakan jenis olahraga yang membutuhkan banyak pergerakan, seperti lari, dribbing, passing, berbalik cepat, melompat, dan melempar. Sehingga olahraga ini berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif.

Aktifitas fisik yang melibatkan banyak pergerakan dapat mempercepat pernafasan dan meningkatkan pasokan darah beroksigen menuju otot-otot tubuh.

Kondisi tersebut berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda, menjauhkan penyakit-penyakit kardiovaskular, termasuk juga tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kadar Stres

Saat melakukan aktifitas fisik, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia. Hormon endorfin dapat menciptakan efek relaksasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, endorfin juga dapat menurunkan tingkat depresi dan meningkatkan kinerja seseorang. Jika dilakukan rutin, bermain basket dapat mengatasi gangguan kecemasan dalam hidup.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Olahraga basket melibatkan banyak gerakan cepat dan tajam. Hal itu akan sangat membantu dalam membakar kalori dan membuat tubuh Anda tetap fit. Umumnya, pemain basket berlari 4 sampai 5 mil selama satu jam permainan. Sejumlah riset menunjukkan bahwa sesi intens permainan basket dapat membantu Anda membakar sekitar 650-750 kalori per jam.

5. Meningkatkan Kestabilan Tubuh

Bermain basket menuntut Anda untuk menjaga koordinasi dan kestabilan tubuh di setiap gerakannya. Anda harus menggerakkan tubuh dengan sigap untuk melompat dan mengubah arah tubuh.

Tak hanya itu, bermain basket juga mengharuskan Anda untuk menggunakan kemampuan motorik, seperti melempar, membawa, dan mengoper bola. Jika ketrampilan ini terus diasah, kemampuan Anda untuk mengordinasi dan menstabilkan tubuh juga akan semakin baik.

Demikian informasi seputar manfaat bermain basket bagi kesehatan. Bagaimana, tertarik untuk menggemari olahraga yang satu ini?

Tag : #basket    #manfaat olahraga basket    #olahraga    #kesehatan    #sejarah basket   

Baca Juga