Hemat Energi (Dok : CNN indonesia)

Manfaat Hemat Energi yang Perlu Kamu Ketahui

Mei | Pendidikan | 10-05-2022

PARBOABOA - Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa lepas dari penggunaan energi. Banyak aktivitas sehari-hari yang tidak dapat beroperasi dengan baik tanpa bantuan energi.

Energi merupakan sebuah kemampuan untuk melakukan suatu usaha atau pekerjaan. Ada begitu banyak jenis energi yang hidup berdampingan dengan kehidupan kita yang dapat kita rasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Namun sangat disayangkan, pengetahuan akan pentingnya menghemat energi pada masyarakat tergolong masih sangat rendah.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan energi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Hemat energi merupakan sebuah tindakan untuk mengurangi pemakaian energi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Hemat energi sangat diperlukan untuk menjaga ketersedian energi, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Untuk itu, pada kali ini kita akan membahas mengenai manfaat hemat energi. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Manfaat Hemat Energi

1. Dapat Membantu Mengurangi Polusi Udara

Salah satu manfaat hemat energi adalah dapat membantu mengurangi polusi udara. Contoh hemat energi yang dapat mengurangi polusi udara adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan yang dapat menimbulkan pencemaran udara.

Penganjuran hemat energi tidak hanya dilakukan pada listrik saja, melainkan juga pada semua jenis energi lainnya.

Karena pada dasarnya hemat energi tidak hanya semata-mata memperkecil pengeluaran, namun juga dapat mengurangi beragam polusi yang dapat mencemari bumi.

2. Menjaga Performa Barang Elektronik

Manfaat hemat energi yang berikutnya adalah dapat membuat barang elektronik lebih awet dan tahan lama.

Hal ini dapat kalian lihat pada perabotan listrik yang kalian punya di rumah kalian. Nah, semakin sering kalian dalam menggunakan barang tersebut, maka barang akan cepat rusak. Maka, dapat kita simpulkan bahwa menghemat energi juga dapat merawat barang elektronik kalian.

Salah satu contoh perabotan elektronik yang paling umum dan sering digunaka dirumah adalah lampu.

Lampu, jika terlalu sering dinyalakan akan cepat mengalami kerusakan. Bukan hanya itu, jumlah tagihan listrik akan mengalami kenaikan jika kita terlalu boros dalam menggunakan lampu.

Contoh hemat energi yang berikutnya adalah dengan menghemat penggunaan AC. Ada baiknya jika kita menggunakan AC jika sedang perlu saja. Ketika sudah tidak dibutuhkan segera matikan AC kalian agar lebih hemat energi dan juga biaya.

3. Menghindari Adanya Risiko Arus Pendek

Salah satu manfaat hemat energi adalah dapat menurunkan resiko terjadinya arus pendek. Arus pendek atau konsleting merupakan sebuah peristiwa yang dapat membuat perambotan elektronik rusak secara tiba-tiba.

Namun tidak hanya itu, dalam kondisi yang paling bahaya adalah arus pendek dapat menyebabkan kebakaran rumah.

Pada dasarnya, arus pendek dapat terjadi karena adanya kerusakan pada kabel listrik akibat terlalu sering di aliri oleh arus listrik.

Manfaat menghemat energi, terutama listrik, berikutnya adalah untuk menghindari adanya risiko akan terjadinya arus pendek. Korsleting atau arus pendek listrik tidak hanya menyebabkan kerusakan tetapi juga kebakaran. Arus pendek sendiri bisa terjadi akibat adanya kabel listrik yang rusak. Maka dari itu, sebaiknya Anda mematikan alat elektronik saat tidak digunakan.

4. Berperan dalam Penghematan Cadangan Bahan Bakar Fosil

Manfaat hemat energi yang berikutnya adalah sebagi bentuk peran aktif kita dalam menghemat cadangan bahan bakar fosil.

Penggunaan bahan fosil secara terus menerus tanpa adanya penghematan akan membuat bahan bakar menjadi langka sehingga dapat menimbulkan beragam permasalahan yang serius.

Salah satu peran aktif kalian dalam hemat energy adalah dengan menghemat pemakaian energi dan juga mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sana.

5. Hemat Biaya

Sebenarnya manfaat hemat energi adalah dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran ditiap bulannya.

Semakin kalian hemat energi listrik, maka semakin menekan pengeluaran biaya bulanan. Selain itu kalian juga sudah berkontribusi secara aktif dalam menghemat energi.         

Tag : #energi    #hemat energi    #pendidikan    #energi listrik    #go green   

Baca Juga