Ilustrasi, foto: Lifewire

5 Manfaat Mengaktifkan Mode Pesawat di Smartphone yang Jarang Diketahui Orang

Wanovy | Teknologi | 29-04-2022

PARBOABOA - Salah satu fitur yang terdapat di smartphone baik Android, iOS, Windows Phone, maupun BlackBerry adalah Airplane Mode atau Mode Pesawat.

Salah satu fungsi mode pesawat yang sering digunakan ketika pengguna ingin memakai gawainya kala bepergian tanpa takut mengganggu sistem di pesawat terbang.

Dengan mode pesawat pengguna smartphone tidak perlu mematikan gawainya dan fitur-fitur yang dimatikan ialah jaringan seluler dan data Internet, WiFi, Bluetooth hingga GPS. Mode Pesawat juga menjadi mode keselamatan ketika ingin bepergian menggunakan pesawat.

Manfaat Mengaktiffkan Mode Pesawat

Jika pengguna smartphone mengaktifkan mode pesawat, pengguna hanya bisa menggunakan fitur game dan multimedia di smartphone-nya saja.

Biasanya, fitur ini diaktifkan ketika seseorang tidak ingin diganggu. Memang, dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna tidak dapat menerima berbagai notifkasi dari berbagai media sosial yang digunakan.

Selain membantu pengguna terhindar dari berbagai notifikasi, ada manfaat lain dari fitur ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Memperkuat sinyal

Dengan cara mengaktifkan mode pesawat, otomatis semua jaringan yang ada di smartphone kalian akan terputus, lalu dimatikan kembali untuk menggunakannya secara otomatis smartphone akan mencari jaringan baru.

Hal ini sama saja seperti kalian me-restart smartphone kalian, tapi bedanya ini tidak perlu menghabiskan waktu untuk restart smartphone. Mudah bukan?

2. Mengurangi paparan radiasi EMF

Radiasi Electromagnetic Field (EMF) merupakan radiasi yang berasal dari perangkat elektronik seperti smartphone, Wi-Fi, komputer, dan lainnya.

Radiasi ini dapat menganggu kelainan jaringan dan metabolisme sel saraf di otak. Dengan mengaktifkan mode pesawat, ini akan membuat Anda mengurangi paparan radiasi EMF yang terpancar dari smartphone.

3. Menghemat data internet

Selain beberapa manfaat di atas, mode pesawat juga dapat menghemat penggunaan data internet Anda.

Tentu saja hal ini karena pengguna tidak akan melakukan aktifitas berselancar di internet maupun bermain media sosial yang memerlukan banyak kuota internet.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengaktifkan mode pesawat sesekali terutama saat sedang dalam keadaan istirahat atau hari libur.

4. Pengisian daya ponsel menjadi lebih cepat

Manfaat mode pesawat lain adalah jika Anda mengisi daya ponsel, mode pesawat membuat pengisian daya menjadi lebih cepat.

Hal tersebut karena saat mode pesawat aktif, tidak ada aplikasi yang melakukan pembaruan, atau notifikasi yang menyala.

Di sisi lain, jika baterai ponselmu hampir habis, dan kamu tidak membawa charger, padahal kamu sedang dalam perjalanan untuk bertemu teman, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat.

Cara ini bisa memperlama daya baterai kamu karena proses background yang berjalan dan menggunakan jaringan di smartphone kamu akan berhenti, dan jangan pakai smartphone kamu hingga kamu benar-benar terdesak untuk menggunakannya.

5. Mempercepat kinerja smartphone

Jika smartphone kamu lemot, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk membuatnya tidak lemot lagi.

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu penyebab smartphone lemot adalah banyaknya lalu lintas jaringan yang keluar masuk.

Maka dari itu, ketika kamu mengaktifkan mode pesawat maka semua lalu lintas jaringan akan dimatikan, dengan demikian smartphone tidak terlalu lemot lagi.

Demikianlah informasi seputar manfaat mengaktifkan mode pesawat di smartphone yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tag : #airplane mode    #mode pesawat    #gadget    #teknologi    #android    #ios   

Baca Juga