Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh (Sehatq.com)

Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Sari | Kesehatan | 09-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Menjelang Idul Adha, kita akan mudah sekali menemukan sajian daging kambing. Namun, banyak orang yang menghindari mengonsumsi daging kambing, karena beranggapan akan memicu tekanan darah tinggi.

Padahal, daging kambing merupakan salah satu daging merah paling sehat, loh. Tak hanya itu, daging ini juga rendah lemak, serta tinggi akan zat besi apabila dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Lantas, apa manfaat mengonsumsi daging kambing? Berikut Parboaboa sudah menyiapkan informasi penting terkait manfaat daging yang sering dijadikan sebagai hewan sembelih saat perayaan Idul Adha di Indonesia ini. yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Daging Kambing

Melansir dari Sehatq.com, dalam 100 gram daging kambing terkadung nutrisi:

Kolesterol: 57 mg

Lemak jenuh: 0,7 gram

Kalsium: 13 mg

Zat besi: 2,8 mg

Kalium: 385 mg

Fosfor: 180 mg

Natrium: 82 mg

Zinc: 4 mg

Selenium: 8,8 mcg

Vitamin B3: 3,8 mg

Folat: 5 mcg

Vitamin B12: 1,1 mcg

Omega 3: 20 mg

Omega 6: 100 mg

Tak hanya itu, daging kambing mengandung berbagai jenis asam amino.

Manfaat Daging Kambung

Berikut manfaat daging kambing untuk kesehatan yang belum banyak diketahui orang:

1. Mencegah Anemia

Manfaat daging kambing yang pertama adalah daging ini diklaim mampu mencegah terjadinya gejala anemia defisiensi besi dan anemia megaloblastik. Kandungan gizi daging kambing kaya akan vitamin B12, folat, dan zat besi.

Nutrisi yang terdapat dalam daging kambing, baik untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Sel darah merah yang berperan mengangkut oksigen dan nutrisi penting lainnya, untuk mengedarkan ke suluruh organ tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagaimana disebutkan di atas, daging kambing mengandung kalsium, kalium, dan fosfor. Nutrisi tersebut mampu membantu menjaga kepadatan tulang. Selain itu, kalium pada daging kambing bisa menetralkan kadar asam pada tubuh dan mengurangi risiko berkurangnya kadar kalsium dalam tulang.

3. Meningkatkan Massa Otot

Daging kambing merupakan sumber protein lengkap yang mengandung delapan jenis asam amino. Menurut Journal of The International Society of Sports Nutrition, protein dan asam amino bisa meningkatkan massa otot tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat mengonsumsi daging kambing berikutnya adalah kandungan kalium yang terdapat dalam daging kambing, akan membantu mempermudah kinerja jantung saat memompa darah. Selan itu, kalium akan menstabilkan tekanan darah dan membantu membuang kadar natrium berlebih pada tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan gizi daging kambing terbukti rendah kolestrol. Sebagai perbandingan, untuk 100 gram daging, jumlah kolestrol daging kambing hanya 57 mg, daging ayam 73 mg, dan daging sapi lebih besar, yaitu 99 mg.

Penting untuk diperhatikan, sebelum mendapatkan manfaat dari sajian daging kambing, sebaiknya Anda mengolahnya dengan benar dan sehat.

Tag : #manfaat daging kambing    #idul adha    #kesehatan    #kandungan daging kambing    #hewan sembelih   

Baca Juga