Manfaat olahraga ekstrem (Dok. Sportstars.id)

Menguji Adrenalin, Ketahui Manfaat Olahraga Ekstrem

Juni | Olahraga | 06-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Apakah kamu tahu? Olahraga yang menantang adrenalin semakin berkembang dan banyak diminati.

Selain menyehatkan, kegiatan ini juga dapat menyalurkan rasa stres. Tak hanya itu, ternyata ada banyak manfaat olahraga ekstrem lainnya yang menarik untuk kamu ketahui.

Ada banyak jenis-jenis olahraga ekstrem di dunia yang bisa kamu coba, seperti Bungee Jumping, Surfing, Panjat Tebing, Wakeboarding, Paralayang, dan masih banyak lagi.

Pengalaman menarik ini bisa kamu dapatkan di tempat wisata yang menawarkan olahraga ekstrem. Disebut ekstrem karena memang menawarkan berbagai jenis kegiatan yang menantang dan memiliki risiko bahaya yang tinggi.

Berikut dijelaskan beberapa manfaat olahraga ekstrem yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber.

1. Mampu Mengontrol Rasa Takut

Rasa takut merupakan hal yang wajar bagi mereka yang ingin mencoba olahraga ini. Salah satu manfaat olahraga ekstrem yaitu mampu merubah rasa takut menjadi hal yang positif. Ketika kamu mencobanya dan berhasil, hal tersebut akan membantu kamu dalam mengurangi respon rasa ketakutanmu.

2. Melatih Kinerja Otot

Manfaat selanjutnya adalah untuk melatih kinerja otot. Dalam keseharian, kamu akan terus bergerak. Dalam keseharian, pergerakan memberikan latihan pada otot di bagian tertentu. Kegiatan tersebut baik untuk menjaga kebugaran fisik secara keseluruhan.

3. Mampu Mengelola Stres

Meski terlihat menyeramkan, faktanya olahraga ekstrem bisa menghilangkan stress. Olahraga yang mengombinasikan fisik dan mental di alam bebas ini sangat menantang dan juga menyenangkan disaat yang bersamaan. Kondisi tersebut bisa melepaskan hormon stres yakni kortisol dan membangkitkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati.

4. Mendapatkan Pengalaman Baru dan Rasa Bangga

Jika kamu ingin mencari pengalaman baru dengan cara menantang diri, maka mencoba olahraga ini menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika kamu berhasil menaklukkan rasa takutmu, ada rasa kebanggaan tersendiri dan bisa dipamerkan pada orang lain.

5. Meremajakan Pikiran

Manfaat selanjutnya yaitu dapat meremajakan pikiran. Kegiatan ekstrem ini benar-benar dapat membersihkan pikiran yang sedang penat agar bisa kembali segar. Banyaknya kegiatan dalam kehdupan sehari-hari membawa tekanan besar dan tertumpuk dalam tubuh kita. Kegiatan ekstrem ini bisa melepaskan energi negatif tersebut.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga yang memacu adrenalin ini akan membantumu dalam mengatasi tantangan fisik yang sulit. Tak hanya sekedar fisik, melainkan rasa percaya diri yang tinggi. Menyelesaikan tantangan ekstrem ini akan menjadi suatu kebanggaan untuk dirimu sendiri. Selain itu, dapat memberikan efek positif dalam setiap aspek kehidupan kamu.

Dari sekian banyak manfaat olahraga ekstrem tersebut, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar terindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jangan lupa untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri ketika merasa lelah.

Tag : #olahraga ekstrem    #bungee jumping    #olahraga    #surfing    #panjat tebing    #paralayang   

Baca Juga