Ilustrasi Jumping Jack (Dok. halodoc)

5 Manfaat Olahraga Jumping Jack Bagi Kesehatan

Juni | Olahraga | 13-08-2022

PARBOABOA – Jumping jack adalah latihan yang melibatkan pergerakan seluruh tubuh. Jenis olahraga ini serupa dengan sit up yang digunakan untuk melatih kekuatan otot (strength).

Lebih jelasnya, jumping jack berfungsi untuk melatih otot paha depan, bokong, fleksor pinggul, serta melibatkan otot perut dan bahu. Olahraga ini dimaksudkan untuk membantu orang dapat berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi.

Hal itu dikarenakan plyometrics bekerja dengan meregangkan otot dengan cepat (fase eksentrik) dan juga memperpendek otot (fase konsentris).

Lalu, apa saja sih manfaat olahraga jumping jack bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Memperkuat Tulang

Jumping jack merupakan latihan fisik yang bagus untuk membuat tulang lebih kuat dan padat. Tak hanya itu, olahraga ini juga efektif untuk mencegah hilangnya massa tulang dan meningkatkan kekuatan tulang pada oarang yang berisiko osteoporosis.

Rutin melakukan latihan jumping jack selama beberapa bulan akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Terlebih lagi jika dilakukan dalam bentuk yang lebih ringan.

2. Menurunkan Berat Badan

Melakukan jumping jack setidaknya 30 menit, dapat membakar sebanyak 186 kalori khususnya untuk orang yang memiliki berat badan lebih dari 70 kilogram. Dengan demikian, olahraga ini bisa menjadi pilihan efektif sebagai program penurunan berat badan.

3. Mengurangi Stres

Perlu diketahui bahwa berolahraga tak haya sekedar menyehatkan tapi juga bisa menghilangkan stres secara alami. Hal itu disebabkan oleh aktivitas fisik yang akan menyebabkan terjadinya berbagai proses kimia, termasuk pelepasan hormon endorfin yang bisa membuat tubuh merasa berenergi dan bebas dari gangguan kecemasan atau stres.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Olahraga jumping jack membuat detakan jantung lebih cepat. Hal ini cukup penting karena detak jantung bisa menunjukkan apakah kamu melakukan aktivitas olahraga dengan benar atau terlalu banyak tekanan. Jumping jack bisa membantu menggerakkan detak jantung berada di zona optimal.

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Manfaat jumping jack yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan flesibilitas tubuh. Seperti yang diketahui, ketika beranjak dewasa kelenturan tubuh juga akan semakin berkurang. Salah satu cara untuk meningkatkan adalah dengan rajin berolahraga.

Itulah tadi beberapa manfaat dari jumping jack yang penting untuk diketahui. Latihan ini akan memberikan efek yang sangat penting bagi tubuh jika dilakukan dengan benar.

Tag : #jumping jack    #gerakan jumping jack    #olahraga    #manfaat jumping jack    #sehat   

Baca Juga