Manga adalah (Dok: kaskus.co.id)

Manga Adalah: Pengertian Beserta Perbedaannya Dengan Manhwa dan Manhua

Rahma | Hiburan | 06-07-2022

PARBOABOA - Dizaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal komik? Ya, cerita bergambar ini merupakan salah satu karya sastra yang telah memiliki peminat hingga keseluruh dunia.

Pada awalnya, manga adalah jenis komik yang paling populer didunia, namun seiring perkembangan zaman muncullah jenis-jenis komik baru yang tak kalah menghibur, yakni manhwa dan manhua.

Lalu apakah teman-teman tahu mengenai perbedaan manga, manhwa dan manhua? Jika belum, yuk simak pembahasan yang telah Parboaboa rangkum berikut ini!

Pengertian Manga, Manhwa dan Manhua

Manga

Hampir semua pembaca komik pasti mengenal jenis komik yang satu ini. Hal ini disebabkan karena manga adalah jenis komik pertama, yang telah ada sejak abad ke-20 dan merupakan salah satu karya sastra Jepang yang kepopulerannya telah mendunia.

Sebenarnya manga sudah dikenal hingga ke eropa sejak zaman penjajahan di Jepang. Namun perkembangan manga semakin diakui dunia sejak populernya komik berjudul Astro Boy karya Tezuka Osamu.

Oleh sebab itulah, hingga kini Mangaka Tezuka Osamu dikenal sebagai Bapak Manga. Kata "mangaka" sendiri merupakan sebutan khusus yang diberikan kepada penulis atau pengarang komik manga.

Tahukah kamu, hingga kini sudah banyak judul manga yang masih saja mendunia walaupun sudah lama diterbitkan loh, mulai dari Naruto, Bleach, One Piece, Jujutsu Kaisen, Dragon Ball, Doraemon dan masih banyak lagi.

Manhwa

Manhwa adalah jenis komik yang berasal dari Korea, dan pengarangnya dikenal dengan sebutan manhwaga. Berbeda dengan manga, jenis komik mulai diperkenalkan pada tahun 2003 dan sudah diluncurkan dalam bentuk digital yang dikenal sebagai webtoon.

Sejak saat itulah komik manhwa mulai terkenal hingga kemancanegara. Beberapa judul komik manhwa yang terkenal antara lain, Tower of God, The God of High School, Solo Leveling, dan True Beauty.

Manhua

Manhua adalah jenis komik yang berasal dari Cina atau Tiongkok serta pengarangnya dikenal sebagai manhuajia. Dalam bahasa mandarin, kata manhua memiliki arti gambar dadakan.

Kini jenis komik yang berasal dari tirai bambu ini juga sudah populer didunia, contohnya seperti Doulou Dalu, The King's Avatar, Martial Universe, dan Song of the Lone March.

Perbedaan Manga, Manhwa dan Manhua

1. Negara Asal

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa manga adalah komik yang berasal dari Jepang, manhwa berasal dari Korea Selatan, sementara manhua berasal dari Cina atau Tiongkok

2. Bahasa

Karena diterbitkan dari negara berbeda, maka buku asli dari setiap komik diciptakan dengan menggunakan bahasa negaranya masing-masing. Yakni seperti manga menggunakan bahasa Jepang, manhwa berbahasa korea dan manhua berbahasa mandarin atau cina.

Akan tetapi karena saat ini sudah banyak komik yang diproduksi untuk tujuan ekspor keluar negeri, maka kini telah diciptakan juga komik yang sudah diterjemahkan sesuai bahasa negara yang mengimpornya.

3. Pemberian Nama Tempat dan Nama Tokoh

Mengingat ketiga jenis komik ini berasal dari negara yang berbeda. Maka selain bahasa, kebudayaan juga akan membawa pengaruh terhadap penamaan tempat dan nama karakter tokoh.

Contohnya seperti penggunaan nama pasaran pada komik manga yang telah menjadi ciri khas, mulai dari nama sora, haru, kuro, shiro, hikari dan lainnya.

Sementara ciri khas penamaan tokoh dalam komik manhwa adalah terdapat penggunaan nama belakang sesuai marga yang ada di korea, seperti Kim, Lee, Park, Jeong, Choi, Kang, Cho, Yoon, dan Lim.

Kemudian pada komik manhua, biasanya pengarang menambahkan nama awalan seperti meng, xiao, dan dugu pada saat menciptakan nama-nama karakter tokoh dikomiknya.

4. Teknik Penggambaran

Perbedaan manga, manhwa dan manhua selanjutnya juga terlihat jelas dari gambar setiap tokoh yang disajikan dalam komik. Pada komik manga, proses penggambaran karakter cenderung lebih sering menggunakan gaya ala anime.

Sedangkan gambar tokoh pada komik manhwa adalah menggunakan teknik yang menghasilkan gambar hampir menyerupai orang asli korea atau memiliki kesan realistis.

Sedangkan komik manhua lebih sering menggunakan beberapa jenis teknik penggambaran, mulai dari menyerupai anime, mengikuti ciri orang cina tradisional, serta terkadang ada juga tokoh yang digambar secara realistis atau mendetail menyerupai manusia asli.

5. Isi Cerita

Perbedaan manga, manhwa dan manhua berikutnya, juga terlihat dari isi atau alur cerita komik yang dibawakan. Seperti, manga adalah komik yang terdiri dari beberapa genre, mulai dari genre shoujo, shounen, seinen, dan josei semua ada pada komik asal Jepang ini.

Selain itu genre tersebut dibagi lagi kedalam beberapa subgenre. Sangkin banyaknya, jenis komik manga dibagi lagi menjadi beberapa kategori, mulai dari romansa, komedi, action, supernatural, sci-fi dan masih banyak lagi.

Sementara komik manhwa yang tergolong masih baru dari pada manga, biasanya lebih sering mengangkat kisah-kisah yang berkaitan tentang kehidupan sehari-hari, seperti dunia game, kehidupan diperkotaan, bencana dan berbagai masalah hidup lainnya.

Sedangkan manhua adalah jenis komik yang sering berisikan cerita seputar dunia bela diri dan kultivasi atau lebih dikenal sebagai kehidupan dipertanian.

6. Teknik Perwarnaan

Jika kamu perhatikan secara mendetail, ternyata terdapat perbedaan yang cukup menonjol pada teknik pewarnaan komik manga, manhwa ataupun manhua. Karena manga adalah salah satu karya sastra yang berasal dari kebudayaan Jepang, untuk mempertahankan ciri khasnya maka pewarnaan gambarnya lebih banyak menggunakan teknik goresan hitam putih saja.

Sedangakan dalam manhwa dan manhua yang tergolong lebih modern, maka lebih banyak menggunakan warna pada gambar dengan tujuan untuk menciptakan hasil yang lebih mendetail. 

7. Teknik Membaca

Perbedaan manga, manhwa dan manhua yang terakhir, terdapat pada teknik membaca. Dimana manga menggunakan teknik baca dari arah kanan kekiri. Sementara manhwa, memiliki dua teknik membaca sesuai dengan medianya.

Seperti pada buku, manhwa menggunakan teknik baca dari kiri kekanan. Tapi ketika membaca komik ini pada webtoon, kamu harus menggunakan teknik membaca dari arah atas kebawah.

Selain manhwa, teknik membaca manhua juga terbagi menjadi dua. Namun keduanya juga berbeda, yakni manhua memakai teknik membaca dari kiri kekanan dan ada pula dari arah kanan kekiri.

Persamaan Manga, Manhwa dan Manhua

1. Sama-sama berasal dari Asia, khusunya negara yang berada wilayah Asia Timur.

2. Manhwa, manhua dan manga adalah media hiburan yang sama-sama telah diterbitkan dalam bentuk buku cetak dan juga digital.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai tiga jenis komik yakni mulai dari pengertian, persamaan san juga perbedaan manga, manhwa dan manhua.

Tag : #komik    #manga    #hiburan    #manhwa    #manhua    #perbedaaan manga   

Baca Juga