Maroko berhentikan kebijakan bebas visa bagi WNI

Maroko Hentikan Kebijakan Bebas Visa Bagi WNI

rini | Internasional | 13-10-2021

PARBOABOA, Maroko - Pemerintah Maroko menghentikan kebijakan bebas visa bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke negara di Afrika Utara itu.

Kabar penghentian bebas visa itu muncul setelah Kedutaan Besar menganjurkan WNI mulai memproses pengajuan izin berkunjung ke Maroko.

"Diumumkan kepada seluruh WNI yang berencana melakukan perjalanan ke Maroko, untuk memproses permintaan Visa dari Kedutaan Besar Maroko sebagai syarat masuk ke Maroko yang mulai diberlakukan otoritas Maroko pada Jumat, 8 Oktober 2021," kata Kedutaan Besar RI di Maroko melalui unggahan di akun Instagram, dikutip Rabu (13/10).

Maroko memberlakukan bebas visa dengan kunjungan maksimal tiga bulan bagi WNI, sejak 1960 ketika Presiden RI Pertama Soekarno berkunjung ke Maroko.

Tidak ada penjelasan resmi mengenai pemberhentian kesepakatan tersebut.  

Tindakan ini berbeda dengan yang dilakukan Indonesia, yang menghentikan sementara bebas visa bagi warga Maroko sejak 20 Maret 2020 karena pandemi.

Indonesia telah melakukan pemberitahuan yang jelas kepada pihak Maroko maupun Kedubes Maroko di Jakarta terkait kebijakan tersebut.

Tag : #internasional    #maroko    #indonesia    #afrika utara    #bebas pihak    #dihentikan   

Baca Juga