Masjid Al-Haram, masjid terbesar pertama di dunia (reqnews.com)

7 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Wulan | Internasional | 24-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Masjid merupakan suatu tempat suci yang digunakan umat Islam untuk beribadah. Selain beribadah, masjid juga sering menjadi tempat berkumpulnya umat muslim untuk melakukan kajian, diskusi, hingga ceramah.

Ada sangat banyak masjid yang memiliki arsitektur berbeda-beda dengan segala jenis keindahannya, bangunanya yang unik, sejarah dibalik pembangunannya hingga kemegahannya.

Biasanya, bagian hal yang menarik dari masjid ialah kapasitas jemaah yang menampung ribuan hingga jutaan orang.

Di Indonesia sendiri, pemeluk agama Islam mencapai 87,18 persen atau 207.176.162 jiwa berdasarkan Data Sensus Penduduk 2010 Badan Pusat Statistik (BPS). Maka tidak perlu diragukan lagi jika kebutuhan masjid dengan kapasitas besar juga tinggi di Indonesia.

Adapun 10 daftar masjid dengan kapasitas terbesar di dunia dapat kita simak pada pemaparan berikut.

1. Masjid Al-Haram (Makkah)

Masjid terbesar di dunia yang pertama adalah Masjid Al-Haram atau Masjidil Haram. Tidak perlu heran karena memang masjid ini merupakan tempat suci nomor satu bagi umat muslim, terutama dalam pelaksaan haji dan umrah. Masjid yang sudah dibangun sebelum 622 M ini terletak di Makkah, Arab Saudi.

Secara keseluruhan, luas masjid ini sekitar 4.008.020 m² dan bisa menampung jemaah hingga 820.000 saat musim haji dan akan terus bertambah saat Sholat Idul Fitri. Masjid ini menjadi tempat suci bagi umat Islam lantaran adanya Ka’bah yang menjadi pusat kiblat agama Islam.

2. Masjid Nabawi (Madinah)

Masjid terbesar di dunia selanjutnya adalah Masjid Nabawi yang berada di Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi mulai berdiri sejak tahun 622 M. Keistimewaan yang dimiliki masjid ini ialah terdapat makam Nabi Muhammad SAW yang berada di bawah Kubah Hijau atau Green Dome yang terletak di Masjid Nabawi ini.

Luas masjid ini secara keseluruhan sekitar 400.000 m² dan bisa menampung jemaah sekitar 600.000 orang dan akan bertambah menjadi 1.000.000 jemaah saat musim hari.

Sama seperti Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi menjadi tempat ibadah yang bersejarah bagi umat Islam lantaran Madinah menjadi salah satu kota yang pernah disinggahi Nabi Muhammad untuk menyiarkan dakwahnya.

3. Masjid Imam Reza (Iran)

Selanjutnya, ada masjid Imam Reza yang terletak di wilayah Mashhad, Iran. Masjid yang sudah berdiri sejak 1501 ini memiliki luas sekitar 267.079 m² dan dapat menampung 700.000 jemaah.

Keindahan yang dimiliki masjid ini adalah kubah berwarna toska dan emasnya yang menjadikan masjid ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain digunakan sebagai tempat beribadah, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat untuk belajar dan menyebarkan ilmu.

4. Masjid Faisal (Pakistan)

Masjid terbesar di dunia keempat adalah masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan. Dari tampilannya saja, masjid ini sudah terbilang unik dan berbeda dengan masjid lainnya. Hal tersebut terlihat dari bangunannya yang mirip dengan tenda para pengembara Badu.

Dulunya, desain yang dimiliki masjid ini sempat mendapat kritikan dari berbagai pihak. Namun pada akhirnya, masjid yang memiliki luas 5 ribu meter persegi ini berhasil menduduki posisi keempat sebagai masjid terbesar di dunia dengan daya tampung hingga 300 ribu jemaah.

5. Masjid Istiqlal (Jakarta)

Siapa sangka, ternyata masjid istiqlal yang terletak di ibukota Indonesia ini termasuk kedalam kategori masjid terbesar di dunia. Tak hanya besar, masjid Istiqlal ini juga sangat mewah dan indah. Pembangunan masjid ini diprakarsarai oleh Presiden Soekarno dan berhasil direalisasikan oleh arsitek Frederich Silaban.

Pembangunan masjid ini sudah dilakukan sejak 24 Agustus 1951. Masjid ini dibangun menggunakan gaya modern dengan lantai dan dinding yang dilapisi marmer. Selain itu kamu juga bisa melihat menara dengan ketingian lebih dari 96 meter. Sebagai salah satu masjid terbesar, masjid ini dapat menampung sekitar 200 ribu jemaah.

6. Masjid Hasan II (Maroko)

Masjid Hasan II merupakan masjid terbesar di dunia yang terletak di Casablanca, Maroko. Selain terkenal karena luas dan besar, masjid ini juga harus dapat acungan jempol lantaran letaknya yang bersebarangan dengan pemandangan indah Samudera Atlantik.

Luas area Masjid Hasan II sebesar 9 hektare dan dapat menampung sekitar 100.000 jemaah. Menariknya, sekitar 800 juta USD (sekitar 11,47 triliun) untuk pembangunan masjid megah ini ternyata berasal dari dana donasi.

7. Imam Reza Mausoleum (Iran)

Masjid yang terletak kota Masyhad, Iran ini juga menjadi masjid terbesar di dunia. Sama seperti judulnya, nama masjid ini diambil dari salah satu nama imam besar yang dimakamkan di masjid ini yaitu, Imam Reza. Pembangunannya dimulai pada abad ke-13, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Timurid.

Masjid ini memiliki luas area sebesar 331 ribu meter persegi yang didalamnya terdapat makam, perpustakaan, museum. Selain itu masjid ini juga dapat menampung hingga 100 ribu jemaah.

Tag : #terbesar    #masjid terbesar di dunia    #internasional    #masjid al-haram    #masjid nabawi    #masjid imam reza    #masjid istiqlal   

Baca Juga