Maskot Piala Dunia 2018, Zabivaka (Foto: Twitter/@fifaworldcup)

Maskot Piala Dunia 2018: Sang Serigala, Zabivaka!

Michael | Sepakbola | 01-08-2022

PARBAOBAOA – Keberadaan maskot dalam ajang Piala Dunia tidak bisa dipandang sebelah mata. Maskot memiliki peran penting dalam menunjukkan sisi lain dari gelaran pesta sepak bola yang kompetitif. Dengan adaptasi bentuk dari binatang, kultur, manusia, serta bentuk lainnya, maskot berhasil memperlihatkan sisi lain dan menghibur dari perhelatan akbar ini.

Diselenggarakan setiap empat tahun sekali, Piala Dunia selalu memiliki maskot yang berbeda pada setiap penyelenggaraannya. Pemilihan maskot disesuaikan dengan ciri khas dari negara tuan rumah.

Pada Piala Dunia 2018, Rusia sebagai tuan rumah menjadikan karakter serigala dengan nama Zabivaka sebagai maskot resmi. 

Proses penciptaan maskot Piala Dunia 2018 memakan waktu sekitar 18 bulan. Proses ini dimulai dengan penelusuran preferensi anak-anak Rusia melalui polling daring, yang menjadi dasar untuk para perancang.

Akhirnya, Zabavika terpilih sebagai maskot resmi untuk perhelatan akbar itu dalam pemungutan suara selama sebulan yang dilangsungkan melalui website resmi FIFA dan siaran langsung di stasiun TV Channel 1 Rusia yang melibatkan lebih dari satu juta warga Rusia.

Arti dari Zabivaka

Arti dari Zabivaka itu sendiri yang dalam bahasa Rusia berarti “orang yang mencetak gol”. 

Berdasarkan laman resmi di laman FIFA, Zabivaka digambarkan sebagai serigala putih yang menawan, percaya diri, dan mudah bersosialiasi. 

Impiannya adalah sebagai sepakbola profesional. Dia pun disebutkan sebagai sosok yang periang dan tahu bagaimana cara membuat orang lain bahagia.

Selain itu, kacamata pada Zabivaka juga memiliki filosofi tersendiri. Kacamata tersebut melambangkan nilai tambah yang berkaitan dengan akurasi ketika sedang berlaga di lapangan.

Akurasi yang terdapat dalam kacamata Zabivaka juga diharapkan dapat ditampilkan pemain yang berlaga di Piala Dunia 2018 sehingga menjadikan pertandingan menjadi lebih menarik dan kompetitif.

Karakter Zabivaka

Sebagai maskot, Zabivaka memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya lebih mudah dikenal. Zabivaka digambarkan sebagai pemain muda yang energik, penuh percaya diri, dan selalu menjadi pemain kunci saat tim mencetak gol.

Selain berjiwa kompetitif, karakter Zabivaka juga digambarkan memiliki sisi humoris dan menghibur. Satu ciri khasnya yang paling terlihat adalah ia selalu mengenakan kacamata keren saat bertanding karena percaya bahwa kacamatanya membawa keberuntungan.

Ia juga senang mengisi waktu senggang dengan bermain sepakbola. Ia pemain yang adil, menghargai rekan setim dan pemain lawan, dan bermain dengan terampil dan penuh tujuan.

Fungsi Maskot

Setelah terpilih, maskot resmi akan dijadikan bahan sebagai alat sosialisasi penyelenggaraan Piala Dunia. Selanjutnya, maskot terpilih ini akan digunakan sebagai materi promosi Piala Dunia oleh FIFA dan disebar ke seluruh dunia dalam bentuk merchandise.

Salah satu materi promosi yang paling diingat yang dilakukan oleh Naranjito, maskot Piala Dunia 1982. Naranjito yang berbentuk buah jeruk ini dianggap sebagai salah satu maskot paling populer sepanjang masa. Bahkan, ia merupakan satu-satunya maskot yang memiliki acara kartun sendiri hingga 20 episode.

Sumber: Laman resmi FIFA,Bola.com,Bola.net, dan berbagai sumber lainnya.
 

Tag : #piala dunia 2022    #fifa    #sepakbola    #zabivaka    #rusia    #maskot piala dunia   

Baca Juga