Ilustrasi Vaksin Booster (Parapuan)

Usai Nakes, Masyarakat Bakal Menerima Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Sarah | Daerah | 04-08-2022

PARBOABOA, Medan - Para tenaga kesehatan (nakes) di Sumatera Utara (Sumut) telah mendapatkan suntikan vaksin keempat atau dosis kedua booster sejak awal Agustus 2022 kemarin.

Selanjutnya, vaksinasi dosis kedua booster ini akan mulai diberikan kepada masyarakat umum. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Syarifah Zakia.

"Jadi rencana kita habiskan dulu tenaga kesehatan, mungkin nanti akan ada ke masyarakat umum," kata dr Syarifah, Kamis (4/8/22).

Ia berharap, dengan penyuntikan vaksinasi dosis keempat ini dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 serta menurunkan kurva kasus Covid-19.

Ia mengungkapkan bahwa Sumatera Utara mengalami peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat agar mengikuti program vaksinasi yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua untuk masyarakat menunggu cakupan vaksinasi booster pertama mencapai hingga 50 persen dari target sasaran.

"Untuk masyarakat tunggu dulu, prioritas kita saat ini vaksin booster pertama, saat ini baru 26,8 persen, target kita kan 50 persen. Pak Menteri minta sampai 70 persen. Kepada masyarakat yuk kita sama-sama meningkatkan cakupan," ujar Juru bicara Kemenkes Mohammad.

Tag : #vaksin covid-19    #dosis keempat    #daerah    #dinas kesehatan    #masyarakat umum    #berita sumut   

Baca Juga